Cara Melakukan Analisa Pasar Untuk Mengembangkan Bisnis Jasa Import

Cara Melakukan Analisa Pasar Untuk Mengembangkan Bisnis Jasa Import

Dalam berbisnis melakukan analisa pasar adalah suatu hal yang umum diakukan. Hal tersebut para pebisnis lakukan sebagai upaya penetapan strategi pemasaran dalam mengembangkan suatu bisnis. 

Namun masih banyak para pebisnis yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan analisa pasar untuk mengembangkan bisnis dengan benar.

Analisa pasar adalah proses pengidentifikasian serta penilaian secara kualitatif dan kuantitatif dalam penentuan seberapa besar pasar tersebut cocok untuk industri suatu bisnis. 

Selain itu, analisa pasar juga dapat melihat seberapa bagus tingkat daya saingnya yang pebisnis gunakan sebagai bahan evaluasi perkembangan pasar saat ini.

Analisa pasar dapat dilakukan untuk semua jenis bisnis, dengan melakukan analisa pasar bisnis dapat mengetahui strategi pemasaran seperti apa yang paling cocok untuk bisnisnya. 

Misalnya bisnis jasa import yang melakukan analisa pasar untuk menyusun strategi dalam menghadapi tren persaingan pasar.

Faktor – Faktor Analisa Pasar

Dalam menjalankan analisa pasar terdapat faktor – faktor yang  mempengaruhi tingkat keberhasilan. Faktor – faktor tersebut berasal dari internal dan eksternal dari suatu bisnis, serta memiliki pengaruh berbeda – beda  terhadap keberhasilannya seperti penjelasan di bawah ini.

Ukuran Pasar

Dalam mengembangkan suatu bisnis ke sektor market lainnya, pebisnis harus mengetahui ukuran pasar pada bisnisnya yang dapat dilihat berdasarkan potensi pasar serta volume pasar. Potensi pasar merupakan penetapan batas atas dari pelanggan potensial dan total permintaan yang dapat pebisnis ketahui dari data keuangan suatu bisnis atau berdasarkan survei pelanggan.

Sementara, volume pasar merupakan besaran jumlah penjualan yang sudah pebisnis realisasikan pada pasar khusus. Dengan mengetahui ukuran pasar bisnis dapat menentukan jenis strategi pemasaran seperti apa yang paling tepat.

Growth Rate

Tingkat pertumbuhan pasar akan berbeda di setiap tahunya berdasarkan jenis bisnis dengan lokasi bisnis, untuk mengetahuinya pebisnis dapat melihat data pertumbuhan penjualan serta memahami tren – tren pada saat ini.

Profitability

Merupakan tingkat keuntungan yang didapatkan oleh suatu bisnis berdasarkan persaingan pasar, brand equity dan lainnya. Sehingga pebisnis harus memutuskan hal apa saja yang akan menjadi profitabilitas pada saat bisnis tersebut memasuki pasar dan bagaimana bisnis dapat meningkatkannya.

Tren Market

Faktor terakhir adalah mengenai pergerakan bisnismu, tren market merupakan pergerakan pasar  kebawah atau keatas di kuartal setiap tahunnya. Sehingga kamu akan mengetahui apakah bisnis kamu akan fokus dengan pasar musiman tau secara geografis.

Cara Melakukan Analisa Pasar Untuk Mengembangkan Bisnis Jasa Import

Terdapat beberapa cara yang harus kamu ketahui dan lakukan sebelum memutuskan untuk melakukan analisa pasar supaya berjalan dengan baik. Sehingga kamu dapat mengembangkan bisnis jasa import lebih maksimal, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Menentukan Tujuan Analisa Pasar

Cara pertama dalam melakukan analisa pasar adalah dengan menentukan tujuannya. Agar bisnis dapat mengetahui hal apa saja yang harus diselesaikan dan didapatkan selama analisa pasar berlangsung.

Pada umumnya tujuan dilakukanya analisa pasar adalah untuk mengetahui lingkungan pasar, untuk strategi perencanaan pemasaran, atau untuk mempelajari karakteristik lingkungan market.

Menganalisa Industri

Cara melakukan analisa pasar untuk mengembangkan bisnis langkah selanjutnya adalah dengan melakukan analisa industri. Hal ini dapat kamu lakukan agar mengetahui seluk-beluk industri, tren, ukuran industri serta tingkat pertumbuhan industri pada suatu bisnis.

Dalam melakukan analisa industri terdapat tiga metode yang dapat kamu lakukan yaitu dengan menggunakan model lima kekuatan porter, analisa SWOT dan analisa pestle.

Untuk meningkatkan efektivitas analisa industri kamu harus meninjau laporan dokumentasi, menganalisa industri, dan sudah mengenali siapa pesaing bisnismu.

Menganalisa Target Pelanggan

Setelah kamu mengetahui keadaan industri, selanjutnya kamu harus mengetahui siapa target market bisnis kamu. Untuk mengetahui target market kamu dapat melakukan segmentasi pasar terlebih dahulu.

Segmentasi pasar merupakan proses pembagian kelompok pelanggan  berdasarkan kemiripan atau kesamaan selera dalam memenuhi kebutuhannya. Terdapat empat aspek dalam melakukan segmentasi yaitu demografi, psikologi, perilaku, dan geografi.

Menganalisis Kompetitor

Analisa kompetitor adalah upaya pengidentifikasian kelebihan dan kekurangan yang dimiliki suatu bisnis dengan membandingkan kelebihan serta kekurangan dari kompetitor lainnya. Semua ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan kompetitor yang paling besar, serta strategi apa kompetitor yang sedang dilakukan

Selain itu, dengan melakukan analisa kompetitor kamu dapat melakukan tindakan antisipasi. Apabila kompetitor melakukan hal yang merugikan bisnismu

Terdapat tiga jenis kompetitor yang harus kamu pahami pada saat menganalisa kompetitor, yaitu : 

  • Kompetitor langsung berdasarkan kesamaan pelanggan, 
  • Kompetitor sekunder berdasarkan perbedaan pelanggan tetapi memiliki kesamaan masalah, dan 
  • Kompetitor tidak langsung yaitu kesamaan target dan masalah pelanggan.

Penetapan Harga

Langkah terakhir setelah melakukan rangkaian cara analisa pasar adalah dengan menetapkan harga serta peluang market. Pastikan pebisnis dalam menetapkan perkiraan harga tidak membebani pelanggan namun tetap memberikan keuntungan pada bisnis jasa import.

Setelah pebisnis dapat menetapkan perkiraan harga layanan jasa maka peluang pergerakan harga juga harus diperhatikan, agar penetapan harga kedepannya tetap akan memberikan tingkat keuntungan besar untuk bisnismu.

Analisa Pasar Yang Sangat Menarik Bukan?

Cara melakukan analisa pasar untuk mengembangkan bisnis jasa import yang sangat menarik untuk diterapkan.karena kamu dapat menetapkan harga yang tepat untuk bisnis kamu. Yuk pelajari dan lakukan analisa pasarmu sekarang, agar bisnis kamu dapat mendapatkan keuntungan seoptimal mungkin.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Panduan Bisnis untuk Usahamu
[Download Ebook] 7 Tanda Bisnis Kamu Butuh Pinjaman Usaha
Strategi Bisnis Untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
[Download Ebook] Strategi Bisnis untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial ebook cover
[Download Ebook] Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial
Berlangganan
E-Book Gratis

Bacaan pilihan untuk kamu, para pejuang mimpi