Home » Strategi-bisnis » Cara Membuat Konten Iklan Bisnis Laundry di Tiktok

Cara Membuat Konten Iklan Bisnis Laundry di Tiktok

Cara Membuat Konten Iklan Bisnis Laundry di Tiktok

Membuat akun promosi di Tiktok banyak dilakukan oleh berbagai brand dalam strategi brand awareness mereka. Hal ini diakibatkan oleh banyaknya pengguna Tiktok yang terdaftar di tahun 2022, yaitu sekitar 92,07 Juta. Sebagai seorang pebisnis, kamu dapat membuat konten iklan bisnis laundry di Tiktok dengan berbagai cara dan tips berikut.

Cara Membuat Konten Iklan di Tiktok

Selain penggunanya yang rata-rata aktif, Tiktok adalah salah satu platform yang mudah dipakai dengan algoritma yang tidak begitu rumit. Tiktok terkenal akan konten video pendeknya. Alhasil, konten laundry yang akan kamu unggah haruslah berbentuk video pendek dan bukan foto. Simak cara membuat kontennya berikut ini:

Tutorial Mengunggah Konten Video

Cara pertama yang dapat kamu pelajari dalam membuat konten video adalah bagaimana cara kerja dalam proses upload video. Video Tiktok dapat diunggah melalui desktop maupun mobile. Namun, kebanyakan fitur yang ada hanya bisa dilakukan dengan menggunakan mobile. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi Tiktok dari Playstore atau Appstore.
  • Login atau Buat Akun khusus Bisnis Laundry kamu.
  • Setelah masuk ke dalam akun, silahkan tekan tombol ‘+’ yang ada di halaman home.
  • Rekam konten video yang ingin kamu upload atau ambil video yang telah kamu siapkan dari galeri.
  • Tekan tombol “Lanjutkan”, lalu Kirim.

Cari Topik Konten yang Sesuai

Memilih topik konten yang akan kamu lakukan dalam video memang terkesan rumit. Namun, dalam algoritma Tik Tok, kamu perlu mengunggah video secara rutin minimal 2 kali sehari untuk dapat masuk ke dalam halaman for you page.

Berikut ini beberapa topik konten yang dapat kamu pilih untuk meraih banyak views dalam bisnis laundry:

  • Konten Tutorial

Beberapa brand jasa banyak membuat konten tutorial yang berhubungan dengan produk bisnis mereka. Sebagai pebisnis laundry, kamu dapat merekam konten bagaimana cara mengakses dan melakukan transaksi jasa pada jasa laundry milikmu.

Dari mulai pelanggan membawa baju kotor ke depan kasir, kasir menerima dan menimbang, melakukan pembayaran, maupun tutorial mengembalikan baju yang telah siap dicuci ke pelanggan.

  • Konten Brand Awareness

Konten yang satu ini dilakukan dengan cara kamu membacakan narasi tentang kelebihan yang ada pada bisnis laundry milikmu. 

Contohnya, tim promosi membuat konten tentang bisnis laundry yang memiliki kelebihan, yaitu mampu mencuci dalam 2 jam. Sehingga para pengguna jasa tidak perlu meninggalkan barangnya.

Contoh lain dalam konten jenis ini adalah kamu dapat menjelaskan arti dari brand kamu dan visi misi yang kamu bawa saat membangun jasa laundry.

  • Konten Random

Kamu juga dapat mengunggah konten random tentang bisnis laundry. Contohnya, konten yang menampilkan keseruan para tim yang bekerja dalam mencuci maupun menggosok baju pelanggan.

Daftar Tiktok Ads

Fitur Ads adalah fitur iklan berbayar yang dimiliki Tiktok yang sangat membantu para pebisnis untuk menaikkan brand awareness. Dengan menggunakan Tiktok Ads ini, konten kamu bisa direkomendasikan kepada para pengguna tanpa harus susah payah mencari strategi untuk masuk ke for you page.

Cara untuk mendaftar pada Tiktok Ads adalah:

  • Buat Akun Tiktok Ads

Daftarkan akun bisnismu dalam website Tiktok Ads berikut ini. Jika kamu sudah memiliki akun Tiktok biasa, kamu dapat mengubahnya menjadi akun bisnis dengan menekan tombol “Log in With Tiktok”.

  • Tekan Tombol Campaign

Buatlah konten campaign yang ingin kamu unggah dalam fitur berbayar. Klik tombol “Advertising Objective” pada bagian Campaign, lalu tekan tombol “Buat Baru”. Setelah itu, pilihlah objek yang sesuai dengan brand laundry milikmu.

Contoh, Pilih Traffic untuk mengarahkan pengguna menuju halaman pembelian ataupun halaman tautan dari bisnis laundry milikmu. Pilih Conversions untuk mengarahkan pengguna melakukan pembelian langsung dari aplikasi Tiktok dan Tombol Apps Install untuk mengarahkan pengguna mendownload sesuatu.

  • Isi Detail dan Target

Isilah formulir detail dan target yang ingin kamu raih dalam menggunakan Tiktok Ads.

  • Tentukan Jadwal Unggah dan Anggaran

Pada aplikasi Tiktok Ads ini, kamu dapat menentukan kapan jadwal mengunggah konten secara otomatis sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu juga dapat menyesuaikan anggaran untuk mengiklan di Tiktok.

Biaya anggaran untuk mengiklan di Tiktok beragam, mulai dari Rp3.000,00 untuk 1000 penayangan, namun kamu wajib menyetor minimal Rp5.000.000,00 per campaign pada Tiktok.

Buat Kata Kunci

Kata kunci sangat berperan dalam melakukan promosi di Tiktok. Dengan ini, kamu dapat menyusun berbagai kategori yang relevan yang akan tertarik melihat konten dari bisnis laundry milikmu. Setidaknya, 20 kata kunci dapat kamu masukkan untuk memaksimalkan konten promosi yang kamu lakukan.

Beberapa contoh kata kunci yang dapat kamu ambil terkait dengan bisnis laundry adalah parameter lokasi yang berdekatan dengan toko laundry, bahasa, minat pengguna, dan usia dari user Tiktok. Khususnya yang memerlukan jasa laundry, yaitu mulai dari usia 15 sampai 70 tahun.

Aktif Membuat Konten Kreatif dapat Mendatangkan Pelanggan Baru!

Itulah cara yang dapat kamu lakukan dalam proses pembuatan konten iklan bisnis laundry di Tiktok. Tetap ingat, bahwa keaktifan akun adalah salah satu cara menaikkan brand bisnis kamu pada algoritma Tiktok.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Membuat Konten Iklan Bisnis Laundry di Tiktok

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​