Home » Strategi-bisnis » Fungsi dan Manfaat Branding Sustainable dalam Bisnis Boba

Fungsi dan Manfaat Branding Sustainable dalam Bisnis Boba

Fungsi dan Manfaat Branding Sustainable dalam Bisnis Boba

Dewasa ini, branding sustainable, atau pemasaran berkelanjutan, tidak hanya sekedar strategi bisnis saja. Branding sustainable juga merupakan sebuah kiat khusus untuk menjalankan bisnis yang selaras dengan konsep go green atau ramah lingkungan.

Pendekatan bisnis ini merupakan strategi yang sudah banyak diimplementasikan oleh berbagai bidang usaha. Bagi kamu yang berbisnis minuman boba, juga bisa mengimplementasikan sistem bisnis berkelanjutan ini.

Apa Itu Branding Sustainable?

Tujuan dari konsep bisnis berkelanjutan ini mengusung konsep go green dan mampu melindungi nama brand dari persaingan bisnis yang saat ini sudah semakin ketat.

Pendekatan strategi bisnis berkelanjutan bisa menjual nama brand boba kamu menjadi positif. Selain itu juga bisa membentuk identitas yang lebih kuat.

Konsep sustainable dalam bisnis ini bertujuan untuk lebih peduli terhadap lingkungan maupun sosial (antar manusia).

Manfaat Sustainability Branding untuk Bisnis Boba

Konsep keberlanjutan adalah sistem bisnis yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk bisnis boba. Berikut adalah manfaat-manfaatnya.

Menyeimbangkan Alam dan Sosial

Tujuan paling utama dari sistem bisnis keberlanjutan ini yaitu untuk membangun koneksi, baik dari segi sosial maupun lingkungan. Strategi ini menyadarkan kamu betapa pentingnya mengembangkan bisnis bersama relasi.

Relasi yang kami maksud di sini yaitu masyarakat. Karena dengan mengimplementasikan go green pada bisnis kamu, itu artinya kamu juga peduli pada kelestarian lingkungan dan keberlangsungan hidup semua orang.

Membangun Storytelling sebagai Brand Awareness

Ketika kamu mulai mengimplementasikan strategi bisnis keberlanjutan, secara tidak langsung kamu sudah menemukan suatu tema storytelling. Nantinya tema ini bisa kamu gunakan untuk brand awareness kepada masyarakat.

Kisah kamu dalam membangun sebuah konsep go green bisa menyentuh konsumen. Kisah ini bisa kamu bangun juga sebagai konsep promosi yang bisa kamu sebarkan melalui website maupun social media.

Membangun Koneksi dengan Konsumen

Setiap orang atau konsumen memiliki pola pikir yang berbeda. Hari ini bisa saja mereka suka membeli produk minuman boba milikmu, namun bagaimana dengan masa depan? Belum tentu mereka mau membelinya.

Namun jangan khawatir, ketika kamu menggunakan sistem bisnis keberlanjutan, kamu bisa membangun loyalitas konsumen lama dan menjaring konsumen baru. 

Strategi ini sangat penting, mengingat setiap tahun brand baru selalu datang bermunculan, khususnya dalam produk minuman boba. Dengan branding yang kuat, kedekatan kamu dengan konsumen bisa bertahan lama.

Memangkas Pengeluaran

Bahan baku yang digunakan pada suatu produk yang bersifat go green, umumnya jenis bahan baku yang ramah lingkungan. Bahan-bahannya mudah untuk didaur ulang sehingga menjadi lebih ekonomis.

Mengubah Pola Pikir Konsumen tentang Lingkungan

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, sistem ini juga bermanfaat secara sosial. Contohnya seperti mengubah pola pikir konsumen tentang pentingnya kesadaran lingkungan.

Dari storytelling yang kamu kembangkan, konsumen juga akan tahu betapa pentingnya merawat dan menjaga lingkungan agar tetap sehat. Dengan begitu, masyarakat akan sama-sama bertanggung jawab.

Sistem Sustainability Brand untuk Bisnis Boba

Untuk yang ingin menggunakan sistem branding sustainable dalam bisnis yang sedang kamu jalankan, kami punya beberapa trik untuk memulainya. Berikut sudah kami rangkum langkah-langkahnya di bawah ini.

Mengedepankan Kaidah-Kaidah Lingkungan

Go green atau konsep berkelanjutan, tidak hanya kamu gunakan dalam branding berupa storytelling saja. Kamu juga wajib mengimplementasikannya di dalam menjalankan usaha.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengimplementasikan green production process, yaitu memproduksi minuman boba dengan kaidah-kaidah lingkungan.

Prosesnya sendiri meliputi pengolahan limbah pasca produksi, bahan baku yang alami, dan proses produksi yang bersifat go green.

Bertanggung Jawab Atas Lingkungan

Tidak sedikit perusahaan yang tidak memperhatikan proses produksi, sehingga menyebabkan kerusakan pada lingkungan. Salah satu contohnya seperti pengolahan limbah, atau pembuangan sampah industri yang dilakukan secara sembarangan.

Sebagai pelaku usaha, kamu wajib bertanggung jawab atas lingkungan. Pasalnya, konsep go green pada suatu usaha biasanya mengedepankan komponen perlindungan lingkungan dari kerusakan akibat proses produksi.

Mengimplementasikan Green Marketing

Ajaklah konsumen untuk menjaga lingkungan. Contohnya dengan mencantumkan keterangan membuang sampah pada tempatnya pada kemasan. Dengan begitu, konsumen tidak akan membuang sampah produk kamu begitu saja.

Menggunakan Bahan yang Ramah Lingkungan

Bahan yang kami maksud di sini tidak hanya sekedar bahan untuk pembuatan minuman boba saja. Selain itu juga meliputi bahan-bahan pembuatan kemasan.

Salah satu contohnya yaitu memilih produk sedotan stainless steel sebagai pengganti sedotan plastik.

Penggunaan Bahan Baku yang Bersifat Re-use

Gunakanlah alat-alat, seperti kemasan yang terbuat dari bahan-bahan yang mudah terurai, atau mudah dipakai kembali. Dengan alat-alat ini, kamu bisa membantu menjaga lingkungan sekitar.

Kamu bisa melakukan survei bahan-bahan yang tepat untuk kemasan. Selain itu, pastikan juga bahan yang kamu gunakan sudah memiliki kualitas food grade yang aman.

Pengolahan Limbah yang Baik dan Benar

Ada beberapa aspek yang perlu kamu perhatikan saat mengelola limbah produksi. Pertama-tama, kamu harus mempersiapkan tempat khusus untuk pembuangan limbah. Kedua, kamu harus membuangnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kamu juga bisa mensosialisasikan proses pengolahan limbah ini kepada audiens. Dengan begitu, masyarakat tahu bahwa bisnis kamu membantu menjaga lingkungan.

Itulah berbagai hal yang harus kamu ketahui terkait pentingnya sistem branding sustainable dalam bisnis, khususnya bisnis boba. Yuk, mulai implementasikan sekarang juga!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis minuman boba kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Fungsi dan Manfaat Branding Sustainable dalam Bisnis Boba

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​