Home » Strategi-bisnis » 5 Cara Jitu Promosi Mulut ke Mulut pada Bisnis Boba

5 Cara Jitu Promosi Mulut ke Mulut pada Bisnis Boba

5 Cara Jitu Promosi Mulut ke Mulut pada Bisnis Boba

Bagaimana cara yang jitu untuk melakukan promosi mulut ke mulut pada sebuah bisnis minuman boba?

Banyak metode pemasaran yang bisa digunakan oleh sebuah bisnis, salah satunya adalah dengan cara promosi dari mulut ke mulut.

Walaupun lebih sulit untuk dikendalikan, namun hasil promosi mulut ke mulut yang baik bisa sangat memengaruhi sikap konsumen terhadap bisnis yang sedang kamu jalankan.

Sebaliknya, isu negatif yang muncul bisa dengan cepat menyebar dan malah membuat bisnismu dijauhi oleh para konsumen.

Ini berlaku juga pada bisnis minuman boba.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menjalankan metode promosi tersebut?


5 Cara Jitu Promosi Mulut ke Mulut pada Bisnis Boba

Seperti telah disebutkan sebelumnya, promosi mulut ke mulut atau word of mouth bisa meningkatkan penjualan produk minumanmu dengan ampuh.

Sebaliknya, respon negatif dari satu konsumen bisa juga tersebar melalui metode ini dan bisa merugikan bisnismu.

Nah, berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan agar bisnismu bisa memanfaatkan promosi mulut ke mulut dengan baik.

Yuk, disimak!


1. Berikan layanan konsumen terbaik

Cara pertama & yang paling mudah kamu lakukan adalah dengan memberikan pelayanan terbaik pada para konsumen.

Baik pada saat konsumen berkunjung ke kedai minuman, maupun saat konsumen berinteraksi dengan bisnismu di luar kedai.

Di kedai minuman boba, kamu & karyawan yang lain perlu melayani konsumen dengan baik dan selalu ramah.

Berikanlah pelatihan singkat kepada para karyawan agar mereka mengetahui betul apa saja produk yang bisnismu jual, sehingga tidak kebingungan saat ada konsumen yang bertanya.

Di luar kunjungan konsumen, kamu & karyawan juga sebaiknya memberikan layanan konsumen yang cekatan, dengan selalu sigap & responsif dalam menjawab semua pertanyaan yang masuk ke layanan chat dan telepon.

Biasanya, ada beberapa konsumen yang perlu menghubungi bisnismu sebelum memutuskan untuk berkunjung ke kedai.

Informasi yang mereka tanyakan bisa mengenai detail produk minuman yang dijual, jam operasional kedai, alamat dan lokasi kedai minuman boba, dan lain-lain.

Pelayanan yang baik akan memberikan kesan tersendiri bagi para konsumen, dan hampir selalu terjadi pengalaman tersebut akan mereka sebarkan ke orang-orang terdekat.


2. Kumpulkan ulasan dari konsumen

Cara berikutnya adalah dengan mendorong konsumen agar memberi review atau ulasan.

Di saat kamu merasa sudah memberikan produk minuman & pelayanan yang baik, kamu sebaiknya segera memikirkan cara untuk mengumpulkan ulasan.

Jika kamu bekerja sama dengan penyedia jasa online delivery, konsumen yang memesan minuman biasanya akan diminta untuk memberikan skor & ulasan.

Namun, kamu juga bisa mendaftarkan bisnismu di Google Business Profile dan Google Maps, lalu meminta kesediaan konsumen untuk memberikan ulasan positif di sana.

Dengan begitu, bisnismu memiliki skor yang baik, dan besar kemungkinan akan semakin mudah pengguna internet lainnya temukan.

Skor yang tinggi & ulasan positif yang banyak sudah pasti akan membuat bisnismu semakin banyak didatangi pengunjung.


3. Sediakan program referral

Selanjutnya, kamu juga bisa menyediakan program referral kepada para konsumen agar mereka mau mengajak orang-orang terdekat untuk membeli produk minuman.

Misalnya, seorang konsumen X membeli minuman boba di tempatmu.

Setelah transaksi, konsumen X akan mendapatkan kode promo referral yang bisa mereka gunakan untuk transaksi berikutnya, baik oleh orang lain atau oleh konsumen X itu sendiri.

Dengan menggunakan kode promo tersebut, konsumen dapat membeli produk minuman dengan potongan harga sebesar 20%.

Kamu juga bisa membuat fitur referral points di mana setiap konsumen lain bertransaksi menggunakan kode promo milik konsumen X, konsumen X akan mendapatkan poin tambahan yang bisa mereka tukar dengan produk minuman, atau dengan kupon potongan harga.

Strategi pemasaran ini terbukti lumayan ampuh untuk menggiring konsumen, agar mereka mau mengajak orang-orang terdekatnya untuk membeli minuman boba di bisnismu.


4. Lakukan endorsement

Berikutnya, kamu bisa menggunakan jasa endorsement dari para influencercontent creator, atau key opinion leader.

Ini termasuk cara yang lumayan sering banyak bisnis lakukan beberapa tahun belakangan.

Sebagai contoh, kamu menemukan seorang influencer yang juga merupakan seorang food enthusiast yang bisa kamu ajak bekerja sama untuk mempromosikan produk minuman boba.

Hubungi orang tersebut, dan sewalah jasanya untuk memperkenalkan bisnismu ke orang-orang yang menjadi audience-nya.

Dengan begitu, bisnis & produk minuman boba buatanmu akan semakin dikenal oleh komunitas dan kelompok konsumen yang lebih luas.

Seandainya kegiatan endorsement yang dilakukan cukup unik & berbeda, kemungkinan besar akan viral dan menjadi bahan perbincangan orang-orang.

Tentu saja dalam konteks yang positif, ya.

Kamu sebaiknya analisis dulu apa konsep & produk yang ingin bisnismu promosikan, dan siapa saja influencer yang bisa kamu ajak bekerja sama.

Hindari sembarangan memilih figur influencer yang kurang jelas kredibilitasnya, karena hal ini akan berpengaruh ke branding bisnismu nantinya.


5. Berikan promo & potongan harga

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin memberikan promo dan potongan harga untuk para konsumen.

Jika kamu bekerja sama dengan layanan online delivery seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood, kamu biasanya bisa lebih mudah mengelola fitur promo & potongan harga ini.

Kamu bisa mengadakan program cashback, promo buy 1 get 1 atau buy 2 get 1, dan juga happy hour di mana konsumen bisa membeli produk minuman dengan harga yang lebih rendah di jam-jam tertentu.

Promo-promo ini pun perlu kamu pasang di media sosial bisnismu, sehingga memudahkan konsumen untuk menyebarkan informasi ini kepada orang-orang terdekatnya.


Yuk, Lakukan Promosi Mulut ke Mulut pada Bisnis Boba Sekarang!

Itulah beberapa cara mudah dan jitu dalam melakukan metode promosi mulut ke mulut pada bisnis minuman boba milikmu.

Mulai dari memberikan layanan konsumen yang baik, mengumpulkan ulasan positif, memberikan program referral, melakukan kegiatan endorsement secara tepat sasaran, dan rutin membuat promo yang menggiurkan bagi para konsumen.

Selamat mencoba!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Cara Jitu Promosi Mulut ke Mulut pada Bisnis Boba

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​