Home » Strategi-bisnis » 5 Strategi Membuat Copywriting di Bisnis Minuman Boba

5 Strategi Membuat Copywriting di Bisnis Minuman Boba

5 Strategi Membuat Copywriting di Bisnis Minuman Boba

Bagaimana cara membuat copywriting yang tepat untuk pemasaran bisnis minuman boba?

Copywriting adalah salah satu media berbentuk tulisan, gambar, video, atau naskah narasi yang digunakan untuk keperluan marketing suatu bisnis.

Dalam bisnis food & beverage seperti bisnis minuman boba, penggunaan teknik copywriting untuk memasarkan produk minuman boba merupakan salah satu pilihan strategi yang cukup ampuh.

Lalu, bagaimana cara untuk membuat copywriting yang tepat dalam bisnis minuman tersebut?


5 Cara Membuat Copywriting yang Tepat untuk Bisnis Minuman Boba

Penulisan untuk membuat materi pemasaran pun ada tekniknya tersendiri, tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Hal ini penting karena penulisan copy pada suatu bisnis bisa menentukan apakah konsumen akan menjadi tertarik, atau malah menjauhi produk yang kamu jual.

Nah, berikut adalah beberapa cara membuat copywriting yang bisa kamu terapkan pada bisnis minuman boba milikmu.

Silakan disimak!


1. Menggunakan pilihan bahasa yang sesuai

Salah satu indikator copywriting yang baik adalah yang dapat menarik perhatian pembaca atau audience.

Oleh karena itu, untuk menarik perhatian audience kamu perlu mengetahui terlebih dahulu karakter dari target konsumen yang ingin kamu jangkau melalui copywriting.

Kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum mulai membuat konten. Salah satunya dengan mulai mencari tahu usia, latar belakang, pekerjaan, dan tren yang sedang terjadi pada target pasar produk boba kamu.

Sebagai contoh, rata-rata usia target pasar minuman boba adalah 14 sampai 35 tahun, dengan latar belakang & domisili yang berbeda-beda.

Target pasar minuman boba juga memiliki profesi yang berbeda, namun sebagian besar di antaranya adalah pelajar atau mahasiswa, dan pekerja.

Sementara itu, tren yang sedang berkembang saat ini yang bisa kamu terapkan pada konten copywriting bisnis minuman boba adalah tren promo, cashback, giveaway, dan pembayaran cashless menggunakan e-wallet.

Setelah kamu melakukan riset, langkah selanjutnya adalah menentukan bahasa yang sesuai dengan target pasar kamu.

Berdasarkan contoh riset tersebut, maka bahasa yang cocok untuk konten copywriting bisnis minuman boba adalah bahasa yang santai, familiar, dan kekinian.


2. Menggunakan jargon yang unik & relevan

Agar konten copywriting kamu punya ciri khas yang mudah untuk diingat, kamu bisa menggunakan jargon untuk memperjelasnya.

Sebagai contoh, Street Boba memiliki jargon “Fujilicious” untuk mendeskripsikan produk boba yang berkolaborasi dengan influencer Fuji.

Untuk memperjelasnya, Street Boba juga menamai produk-produk minuman mereka dengan nama Fuji di bagian depan agar audience lebih mudah untuk mengingatnya.

Jika kamu ingin menggunakan jargon dalam konten copywriting bisnis minuman boba, kamu bisa mulai menyusun kata-kata yang mudah untuk diingat.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan referensi kata-kata “Manisnya Bikin Kamu Makin Jatuh Cinta!”, “Anak Hits, Minumnya Boba Hits!”, dan lain-lain. Usahakan menggunakan kalimat dengan rima yang senada.

Kamu juga bisa menggunakan konsep kata-kata seperti dalam pantun.

Jika kata-kata jargon awalmu berakhiran huruf vokal, maka usahakan kata-kata bagian akhir juga berakhiran huruf vokal.

Namun, jika kata-kata awal jargonmu berakhiran huruf konsonan, maka usahakan kata-kata bagian akhir juga berakhiran huruf konsonan.

Rima yang senada ini akan membuat audience mudah untuk membaca & mengingat jargon yang kamu buat.


3. Highlight bagian yang penting

Jika kamu melihat konten copywriting dari brand minuman Street Boba, kamu akan menyadari jika Street Boba banyak membedakan kata-kata penting di kontennya.

Beberapa kata penting yang di-highlight, antara lain “Giveaway”, “Pasti Ada Promo”, “Special Price”, “Diskon”, dan lain sebagainya.

Kata-kata tersebut dikemas dengan style yang menarik, dan ukuran huruf yang diperbesar.

Pilihan kata yang di-highlight tersebut akan terbaca pertama kali oleh audience ketika melihat konten copywriting dari Street Boba.

Jika kamu ingin menggunakan strategi yang serupa, kamu bisa menentukan terlebih dahulu kata apa saja yang ingin kamu highlight.

Untuk memudahkan kamu menentukan kata apa saja yang bisa kamu highlight, kamu bisa menggunakan referensi pilihan kata dari Street Boba sebelumnya.


4. Menggunakan gambar pendukung

Tampilan konten copywriting yang menarik juga merupakan salah satu kunci keberhasilan dari konten tersebut.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tampilan konten copywriting bisnis minuman boba kamu menarik adalah dengan menambahkan aspek visual, seperti konten gambar atau video.

Tampilan visual yang menarik & terkonsep akan memudahkan audience untuk memahami maksud dari konten tulisan kamu.

Dalam bisnis minuman boba, kamu bisa menambahkan gambar dari produk yang kamu jual, atau gambar influencer yang kamu ajak berkolaborasi.

Sebagai contoh, beberapa konten copywriting Street Boba yang ada di platform media sosial Instagram banyak menggunakan gambar produk minuman boba.

Selain itu, Street Boba juga banyak membagikan foto-foto Fuji, yaitu influencer yang sedang bekerja sama dengan Street Boba.


5. Menggunakan kata-kata persuasif

Pilihan kata yang bersifat mengajak atau persuasif juga memainkan peran yang penting dalam konten copywriting bisnis minuman boba.

Mengapa? Karena kata-kata persuasif akan mendorong audience untuk melakukan hal yang kamu arahkan, atau call to action.

Semakin persuasif pilihan yang kamu gunakan, maka audience akan semakin terbawa dan memberikan aksi yang nyata untuk membeli produk minuman boba kamu.

Ada beberapa contoh kata persuasif yang bisa kamu gunakan dalam konten copywriting bisnis boba.

Contohnya, antara lain “Dapatkan Produk Flash Sale 11 Ribu, Hanya untuk Hari Ini!”, “Beli Sekarang, dan Dapatkan Diskon 50%!”, “Bayar Pakai OVO dan Dapatkan Cashback Hingga 70%”.


Yuk, Membuat Copywriting yang Baik untuk Bisnis Boba!

Itulah beberapa cara yang tepat untuk membuat konten tulisan atau copywriting pada sebuah bisnis minuman boba.

Mulai dari menggunakan pilihan bahasa yang sesuai karakter konsumen, menggunakan jargon yang relevan, menekankan atau highlight pada kata-kata yang penting, menggunakan gambar pendukung hingga menggunakan pilihan kata yang sifatnya persuasif.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Strategi Membuat Copywriting di Bisnis Minuman Boba

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​