Home » Strategi-bisnis » Biaya, Syarat, dan Cara Patenkan Merek Dagang Pakaian

Biaya, Syarat, dan Cara Patenkan Merek Dagang Pakaian

Biaya, Syarat, dan Cara Patenkan Merek Dagang Pakaian

Merek dagang pakaian adalah bagian paling krusial. Karena, jika tidak segera dipatenkan berpotensi dicuri atau diambil oleh kompetitor. Maka dari itu, kamu harus mendaftarkan merek dagang tersebut ke lembaga yang bersangkutan. Lantas, berapa biaya, syarat, dan bagaimana caranya? Simak artikel ini!

Biaya Mendaftarkan Merek Dagang Pakaian

Berdasarkan PP No.28 tahun 2019, pelaku usaha yang ingin mendaftarkan merek dagangannya akan dikenakan tarif. Di mana tarif ini nantinya akan masuk sebagai kategori Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Jika mengacu pada peraturan tersebut, tarif pendaftaran merek dagang, seperti berikut:

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Kategori pertama adalah Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM. Berikut kriteria bisnis yang masuk kategori UMKM:

Usaha Mikro

Jika bisnis pakaian milikmu memiliki keuntungan sebesar Rp300.000.000,00 serta memiliki aset ataupun kekayaan bersih minimal sebesar Rp50.000.000,00. Maka, bisnis pakaian milikmu masuk dalam kategori mikro.

Usaha Kecil

Berikutnya adalah kategori usaha kecil. Bisnis pakaian milikmu bisa masuk kategori ini, jika memiliki keuntungan sekitar Rp300.000.000,00 hingga Rp2.500.000.000,00 per tahun.

Usaha Menengah

Bisnis pakaian kamu bisa masuk kategori menengah, jika keuntungan yang didapat setiap tahunnya di atas Rp2.500.000.000,00. Dengan aset atau kekayaan bersih sekitar Rp500.000.000,00 per tahun.

Nah, biaya untuk mendaftarkan merek dagang baru kategori UMKM ini sekitar Rp500.000,00-Rp600.000,00 saja. Sedangkan tarif untuk perpanjangan merek dagang sekitar Rp1.000.000,00-Rp1.200.000,00.

Umum

Jika bisnis pakaian kamu tidak masuk kriteria UMKM, maka bisnis yang kamu kelola tersebut masuk kategori umum. Biaya pendaftaran merek dagang pakaian pada kategori ini sekitar Rp1.800.000,00-Rp2.000.000,00.

Sedangkan untuk perpanjangan perlindungan merek dagang akan dikenakan tarif sekitar Rp2.250.000,00-Rp2.500.000,00. Perpanjangan merek dagang ini harus dilakukan setiap 10 tahun sekali. Kamu bisa melakukannya tepat 6 bulan sebelum masa berlaku merek dagang pakaian milikmu habis nantinya.

Syarat Lengkap Mendaftarkan Merek Dagang

Selain menyiapkan biaya, kamu juga perlu melengkapi syarat-syarat yang sudah ditentukan oleh lembaga terkait. Berikut beberapa syarat untuk mendaftarkan merek dagang pakaian yang perlu kamu persiapkan:

Label Merek

Persiapkan merek dagang yang kompetitor sejenis tidak miliki. Setelah itu, buatlah contoh label merek yang berukuran minimal 2×2 cm atau maksimal 9×9 cm dengan format JPG sebanyak 10 helai atau lembar.

Formulir Permohonan

Berikutnya adalah mengisi formulir permohonan selengkap mungkin. Formulir ini diserahkan sebanyak 2 rangkap.

Surat Rekomendasi dari UKM Binaan

Jika bisnis pakaian milikmu masuk dalam kategori UMKM, maka kamu harus menyiapkan surat rekomendasi dari UKM binaan. Surat ini berisi pernyataan UKM binaan dan sudah dilengkapi dengan materai.

Kamu bisa mendapatkan surat rekomendasi UKM binaan setelah mendaftarkan bisnis pakaian milikmu ke UMKM serta Dinas Koperasi yang berada di sekitar usaha milikmu.

Bukti Pembayaran

Syarat berikutnya adalah menyertakan bukti pembayaran pendaftaran merek dagang. Jadi, pastikan untuk menyimpan struk pembayaran sebagai pelengkap dokumen nantinya.

Surat Kuasa

Syarat ini sifatnya sebagai pendukung, jika kamu mendaftarkan merek dagang pakaian melalui orang lain atau perwakilan. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan materai!

Cara Mendaftarkan Merek Dagang Pakaian

Pendaftaran bisa kamu lakukan secara online. Cara ini sangat efisien dan memudahkan kamu yang memiliki keterbatasan waktu untuk mendaftarkan merek dagang secara offline. Ada dua tahap yang perlu kamu lewati jika mendaftarkan merek dagang secara online. Tahapan tersebut meliputi:

Pemesanan Kode Billing

Pemesanan kode billing ini akan membantu kamu mendapatkan invoice, sehingga bisa melakukan pembayaran pendaftaran merek dagang pakaian. Untuk melakukan pemesanan kode billing, kamu harus melalui beberapa tahapan seperti:

  • Membuka situs http://simpaki.dgip.go.id/.
  • Mengisi formulir dengan lengkap sesuai data pribadi dan mengikuti instruksi yang muncul pada website.
  • Pilih kategori pemohon sesuai dengan kriteria bisnis pakaian milikmu, yaitu UMKM atau Umum.
  • Sebelum mencentang kolom “Saya Telah Membaca Syarat dan Ketentuan di Atas”, sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah data-data yang sudah kamu isi sesuai atau belum.
  • Lalu, klik pilihan “Proses” dan tunggu sampai invoice muncul.
  • Setelah muncul, kamu bisa melakukan pembayaran sesuai dengan nominal biaya pendaftaran yang muncul. Batas pembayaran maksimal 24 jam setelah invoice tagihan muncul. 

Pendaftaran Merek Dagang

Langkah berikutnya adalah mendaftarkan merek dagang pakaian milikmu dengan kode pengajuan merek dagang yang kamu terima setelah proses pembayaran. Kode ini berlaku selama kurang lebih 14 hari. Nah, prosedur yang harus kamu ikuti pada proses ini, antara lain:

  • Mengunjungi situs http://simpaki.dgip.go.id/.
  • Mengisi kolom pendaftaran sesuai dengan data merek dagang pakaian yang ingin kamu ajukan.
  • Sebelum memilih opsi “Selesai”, jangan lupa untuk memastikan data-data yang kamu isi sudah valid.
  • Setelah menekan opsi “Selesai”, kamu harus menunggu notifikasi proses pendaftaran sudah berhasil.

Setelah proses pendaftaran di atas dinyatakan berhasil, artinya merek dagang pakaian milikmu sudah terdaftar dan terlindungi. Sehingga, jika di kemudian hari merek atau brand pakaian milikmu diakui oleh pebisnis lain, maka kamu bisa menuntut mereka melalui jalur hukum.

Daftarkan Merek Dagang Pakaian Milikmu Sekarang Juga!

Demi menghindari pencurian nama brand, merek, atau label pakaian, kamu harus segera mungkin mematenkan merek dagang pakaian milikmu secepatnya. Jadi, jangan mengulur waktu, supaya merek dagang pakaian milikmu terlindung dan tidak diakui oleh kompetitor bisnis pakaian lain.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Biaya, Syarat, dan Cara Patenkan Merek Dagang Pakaian

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​