Home » Strategi-bisnis » 7 Cara Buat Analisis Pasar di Bisnis Penulis Lepas

7 Cara Buat Analisis Pasar di Bisnis Penulis Lepas

7 Cara Buat Analisis Pasar di Bisnis Penulis Lepas

Bagaimana cara membuat analisis pasar yang tepat pada sebuah bisnis penulis lepas?

Penulis lepas memang salah satu jenis pekerjaan yang menawarkan jasa.

Namun, coba pikirkan profesi penulis lepas sebagai bisnis, tulisanmu yang menjadi produknya, dan editor atau klien yang menjadi konsumennya.

Dengan sudut pandang seperti ini kamu lebih mudah memahami bagaimana cara melakukan analisis pasar untuk meningkatkan “penjualan”, yaitu permintaan akan konten tulisanmu.

Untuk bisa bertahan di di bidang yang cukup kompetitif ini, penting bagimu melakukan analisis pasar karena penulis lepas adalah self-employed, maka kamu sendiri yang harus melakukan analisis pasar.

Tidak perlu melakukan analisis yang terlalu rumit, hanya saja pastikan kamu mendapatkan informasi yang bisnismu butuhkan seperti tren dunia freelance writer, lanskap persaingan, dan target market.


7 Cara Membuat Analisis Pasar di Bisnis Penulis Lepas

Analisis pasar atau market analysis merupakan penilaian terperinci dari target pasar bisnis, dan juga lanskap persaingan dalam industri.

Bagi kamu yang berkarir sebagai penulis lepas, berikut ini 7 cara melakukan analisis pasar untuk bisnis penulis lepas.

Yuk, disimak!


1. Melakukan riset kondisi bisnis

Lakukan riset menyeluruh terkait kondisi industri penulisan kreatif saat ini karena penulis lepas termasuk pekerja kreatif, yang jasanya banyak konsumen butuhkan juga di sektor industri kreatif.

Dengan begitu kamu bisa lebih mudah mencari tahu melalui jalur mana kamu dapat mulai masuk ke industri ini, bisa melihat tren, dan bersaing secara kompetitif dengan penulis lepas yang lain.


2. Melakukan identifikasi target konsumen

Setiap bisnis sebaiknya mampu mengidentifikasi siapa dan seperti apa target konsumen yang menjadi sasaran bisnis mereka.

Dengan kacamata ini kamu bisa juga menerapkannya dalam bidang bisnis penulis lepas.

Cari tahu target konsumen yang membutuhkan jasamu, lalu sesuaikan dengan kemampuan dan layanan yang bisa kamu berikan.

Misalnya kamu mempunyai keahlian menulis artikel dalam bahasa Inggris, kamu tahu calon konsumen seperti apa yang akan membutuhkan jasamu, seperti website dan media Indonesia yang menggunakan bahasa Inggris.

Selain itu, jika kamu berpengalaman dalam membuat konten media sosial, maka kamu bisa menawarkan jasa content writing untuk media sosial.


3. Memahami tingkat persaingan

Analisis pasar adalah hal yang penting kamu lakukan untuk mengetahui kompetitor apa saja di luar sana.

Sebagai penulis lepas kamu juga pelu mencari tahu bagaimana kondisi persaingan dalam bidang ini. Kamu bisa mulai dengan mencari siapa saja penulis lepas yang sudah berpengalaman.

Caranya bisa dengan mencari di akun media sosial seperti Instagram, Twitter, dan LinkedIn karena seorang penulis lepas yang profesional biasanya melakukan personal branding, sebagai cara untuk mempromosikan jasa mereka.

Kamu bisa melihat portofolio para penulis lepas yang lain, cari tahu mereka sudah bekerja sama dengan brand apa saja.

Cari tahu juga jenis layanan apa yang mereka tawarkan, dan berapa rentang harga dari jasa mereka.

Meskipun sebetulnya untuk info harga (rate) sendiri, mereka pasti tidak akan terlalu terbuka. Namun, dengan memeriksa kompetitor, kamu jadi dapat mempertimbangkan apa jenis layanan atau ciri khas yang membedakan dirimu dari penulis lepas yang lain.


4. Melakukan identifikasi kesenjangan pasar

Selain memahami kondisi persaingan, kamu juga perlu mengidentifikasi kesenjangan pasar, yaitu mencari tahu apa kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi.

Misalnya banyak konsumen yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk membuat script voice over video di YouTube, tetapi sulit untuk menemukan penulis lepas yang menyanggupi pekerjaan tersebut.

Maka kamu bisa mempromosikan diri sebagai penulis lepas yang punya kemampuan membuat script voice over untuk video di YouTube, apalagi bisnis ini akan terus berkembang ke depannya.

Ini menjadi potensi pemasukan yang bagus untuk bisnismu.


5. Mengumpulkan data pendukung

Biasakan untuk mengumpulkan data dari hasil melakukan analisis pasar.

Kamu pasti sudah mengunduh beberapa jenis report, memeriksa akun media sosial penulis lepas lain, dan juga mendata tren terbaru di bidang penulisan dan industri kreatif saat ini.

Semua hasil riset tersebut sebaiknya kamu arsipkan secara rapi, supaya kamu bisa membacanya kembali sewaktu-waktu.


6. Melakukan analisis data

Setelah semua data dari hasil analisis pasar sudah terkumpul, langkah selanjutnya adalah menganalisis lebih lanjut sampai kamu bisa mendapatkan poin-poin kesimpulan.

Kumpulan poin tersebut dapat kamu jadikan sebagai langkah strategis untuk mengembangkan bisnis penulis lepas.


7. Membuat perkiraan penjualan

Kemudian tahap akhir dari melakukan analisis pasar adalah buat perkiraan penjualan untuk bidang usaha penulis lepas yang kamu tekuni.

Dengan mempertimbangkan hasil analisis pasar, kamu bisa mulai menentukan jenis layanan apa yang akan kamu tawarkan.

Misalnya kamu membuka jasa penulis artikel SEO, content writing untuk media sosial, dan script untuk video atau voice over.

Kemudian kamu juga bisa menentukan rate harga dari jasa yang kamu tawarkan.

Pastikan kamu sudah menghitung dan menyesuaikannya; tidak terlalu rendah atau pun terlalu tinggi dari harga pasaran.

Kamu juga sudah bisa memastikan bagaimana cara mendapatkan konsumen, dan mempromosikan jasa penulisan ke kelompok konsumen lainnya.


Sudah Paham Cara Analisis Pasar pada Bisnis Penulis Lepas?

Itulah beberapa cara melakukan analisis pasar untuk bisnis penulis lepas.

Bagi kamu yang seorang self-employed, analisis pasar bisa jadi terdengar sangat teknis. Namun, dengan melakukan analisis secara menyeluruh dapat membantumu mengembangkan karir sebagai penulis lepas atau sebagai seorang pemilik bisnis penulis lepas.

Cukup lakukan analisis pasar yang sederhana, dan kamu pun akan jadi lebih unggul di tengah persaingan.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
7 Cara Buat Analisis Pasar di Bisnis Penulis Lepas

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​