Home » Strategi-bisnis » 9 Cara Tepat Edukasi Konsumen pada Bisnis Penulis Lepas

9 Cara Tepat Edukasi Konsumen pada Bisnis Penulis Lepas

9 Cara Tepat Edukasi Konsumen pada Bisnis Penulis Lepas

Bagaimana cara memberi edukasi mengenai jasa kepada para konsumen di sebuah bisnis penulis lepas?

Ketika memiliki kemampuan untuk menulis artikel, bisnis penulis lepas menjadi salah satu pilihan bisnis yang dapat kamu geluti.

Sayangnya, dengan alotnya persaingan bisnis, kamu harus bisa merancang cara edukasi konsumen yang tepat, sehingga mereka lebih memilih jasa yang kamu miliki.

Bila masih baru dalam menjalankan bisnis ini, melakukan edukasi pada konsumen tentu bukan menjadi hal yang mudah, apalagi ketika melihat kompetitor yang lebih dahulu membuka jasa ini.

Lantas, bagaimana cara memberikan edukasi yang tepat?


9 Cara Tepat Edukasi Konsumen pada Bisnis Penulis Lepas

Dalam menjalankan, mengembangkan, dan memenangkan persaingan dalam setiap bisnis, kamu bisa melakukan edukasi yang tepat kepada para konsumen agar mereka bisa menentukan pilihan, dan berujung memilih menggunakan jasa bisnismu.

Ini pun berlaku pada bisnis penulis lepas yang sedang kamu rintis.

Nah, berikut adalah beberapa cara memberikan edukasi jasa pada para konsumen di bisnis penulis lepas.

Silakan disimak!


1. Memberikan citra brand yang profesional

Ketika memberikan edukasi kepada konsumen, kamu bisa memberikan citra brand bahwa bisnis penulis lepas yang kamu miliki ini merupakan bisnis yang profesional.

Kamu dapat menunjukkan bila penulismu bukanlah penulis biasa. Tunjukkan bila penulismu merupakan penulis yang berpengalaman, terlatih serta mempunyai banyak pengalaman saat harus menulis artikel.

Kamu dapat memberikan portofolio proyek yang sudah kamu buat sebelumnya.

Dari sini, calon konsumen dapat menilai, apakah konten yang kamu buat memiliki kualitas yang bagus atau tidak.


2. Meyakinkan konsumen bahwa jasamu adalah solusi untuk masalah mereka

Sebelum menggunakan layananmu, calon konsumen tentu akan membuka diskusi terlebih dulu; umumnya mereka akan menceritakan masalah yang mereka hadapi, serta tujuan yang ingin mereka capai dengan penggunaan jasa penulis.

Sebagai jasa penulis lepas profesional, kamu harus memberikan edukasi dan saran pada masalah yang sedang mereka hadapi.

Contohnya saja seperti memberikan ide mengenai topik yang sesuai dengan tema website mereka, atau memberi saran konten yang cocok untuk bisnis mereka.

Dengan ide dan saran yang kamu berikan, kamu akan menunjukkan kualitas serta kreativitas dari jasamu.


3. Menunjukkan contoh konten berkualitas

Cara edukasi konsumen yang lainnya adalah dengan menunjukkan bila kamu bisa menghasilkan konten berkualitas.

Kamu bisa menunjukkan konten yang sudah kamu buat di blog bisnismu.

Tetapi, ketika menunjukkan portofolio, pastikan jika konten yang kamu tunjukkan merupakan konten berkualitas yang mudah orang pahami, serta penjelasan tidak berbelit-belit.

Bukan hanya itu, kamu juga harus memperhatikan apakah konten yang kamu hasilkan memiliki variasi seperti menambahkan gambar dan lainnya.


4. Menunjukkan bahwa konten bisnismu berdasarkan SEO

Bukan hanya masalah kualitas konten, kamu juga harus mengedukasi jika konten yang kamu hasilkan berbasis SEO-friendly.

Edukasi calon konsumen bila kamu menguasai teknik penulisan SEO dengan baik, dan dapat menjelaskan dengan baik mengenai SEO pada calon konsumen.


5. Menunjukkan bahwa bisnismu fleksibel mengenai biaya & waktu

Sebenarnya, edukasi yang satu ini bertujuan untuk ketika membuat konten artikel, jasa yang kamu miliki bisa cukup fleksibel dengan waktu serta biaya.

Jelaskan bila kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat konten, karena memiliki tim yang terlatih dan berpengalaman untuk membuat konten.

Bukan hanya waktu, kamu juga bisa fleksibel untuk masalah harga. Contohnya dengan biaya tertentu, kamu bisa menghasilkan sejumlah artikel berkualitas.

Ketika konsumen melakukan pemesanan dalam jumlah banyak dan berkala, pastikan pula untuk memberikan potongan harga.


6. Menunjukkan kemampuan bisnis untuk melakukan riset mendalam

Selain pembuatan konten, jasa penulis lepas yang kamu gunakan juga bisa melakukan riset.

Sehingga, kamu dapat memberikan edukasi bila kamu mempunyai analisis riset, sehingga konten dari jasa penulis lepas yang kamu hasilkan benar-benar akurat, dan mempunyai kredibilitas tinggi.

Hal ini juga bisa kamu perlihatkan dari portofolio yang sudah kamu buat. Buat artikel dan masukkan sumber terpercaya pada konten tersebut.


7. Memberikan edukasi mengenai rentang harga

Setiap konsumen yang menggunakan bisnis penulisan artikel, mereka pasti ingin menyesuaikannya dengan modal atau anggaran yang mereka miliki.

Kamu bisa memberikan edukasi mengenai harga jasa penulisan artikelmu.

Contohnya, untuk 10 artikel, kamu mematok harga Rp500.000,00, sedangkan untuk 15 artikel, kamu mematok harga Rp700.000,00.

Kamu juga bisa memberikan paket harga lain, sehingga calon konsumen dapat menyesuaikannya dengan anggaran yang harus mereka siapkan.

Kamu juga harus terbuka mengenai diskusi anggaran ini. Contohnya, harga tersebut sudah termasuk gambar, sehingga jika konsumen tidak menginginkan gambar, harganya bisa sedikit kamu turunkan.


8. Menunjukkan manfaat jasamu terhadap website konsumen

Sebelum melakukan edukasi, kamu harus mempertimbangkan sejumlah hal yang erat kaitannya dengan SEO.

Contohnya seperti keyword yang kamu gunakan serta konten yang trending. Hindari melakukan edukasi lebih jauh sebelum membuat website bisnis yang kamu miliki bisa mudah orang-orang temukan di mesin pencari.

Percuma rasanya jika melakukan berbagai edukasi pada klien, tetapi kamu sendiri tidak bisa membuat kontenmu mudah ditemukan di mesin pencari.


9. Memberikan garansi atau jaminan

Edukasi konsumen yang lainnya adalah mengenai garansi konten.

Setiap konsumen tentu ingin konten artikel yang mereka pesan bukan hanya berkualitas, tetapi juga enak audience baca, serta bebas dari tindakan plagiarisme.

Kamu bisa memberikan jaminan bila konten yang kamu buat, seluruhnya sudah kamu periksa menggunakan tools yang relevan.


Sudah Siap Memberikan Edukasi pada Konsumen di Bisnis Penulis Lepas?

Dengan persaingan yang ketat, cara edukasi konsumen di atas harus kamu lakukan dengan baik dan tepat sasaran.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan sejumlah evaluasi secara berkala, untuk menunjukkan apakah edukasi yang kamu lakukan ini memberikan dampak yang positif pada bisnismu, atau tidak.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
9 Cara Tepat Edukasi Konsumen pada Bisnis Penulis Lepas

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​