Home » Strategi-bisnis » 6 Cara Buat Jasa Berkualitas di Bisnis Penulis Lepas

6 Cara Buat Jasa Berkualitas di Bisnis Penulis Lepas

6 Cara Buat Jasa Berkualitas di Bisnis Penulis Lepas

Bagaimana cara menciptakan produk atau jasa yang berkualitas pada sebuah bisnis penulis lepas?

Cara penulis lepas mendapatkan penghasilan yaitu dengan membuat konten tulisan untuk konsumen yang berbeda, dan dengan topik-topik yang berbeda juga.

Maka dari itu, kamu sebagai seorang pemilik bisnis atau sebagai seorang penulis lepas, harus bisa menjaga kualitas tulisannya, agar terus mendapatkan permintaan.

Karena dengan memberikan hasil tulisan yang berkualitas, konsumen akan merasa puas dan kembali menggunakan jasamu sebagai penulis lepas.

Lalu, bagaimana cara membuat produk tulisan yang berkualitas tersebut?


6 Cara Buat Kualitas Jasa Terbaik di Bisnis Penulis Lepas

Menjaga kualitas tulisan tetap konsisten memang jadi tantangan setiap penulis.

Namun, apabila penulis bisa terus mempertahankan standar tulisannya, bahkan meningkatkan skill yang kamu perlukan, maka konsumen akan datang dengan sendirinya.

Kali ini akan dibahas lebih rinci bagaimana cara menciptakan kualitas produk yang bagus dalam bisnis penulis lepas.


1. Melakukan proofreading self-editing

Sebelum kamu mengirim hasil tulisan, pastikan kamu sudah melakukan proofreading dan self-editing terlebih dahulu.

Hal ini penting kamu lakukan untuk memastikan tulisan tersusun dengan rapi, terstruktur, isi kontennya sesuai, dan tidak ada salah ketik atau aturan penulisan yang tidak benar.

Setelah tulisan selesai, baca kembali artikel tersebut secara perlahan, kata per kata. Kamu akan menemukan kesalahan penulisan yang terlewat.

Biasanya, seorang editor khusus yang bertugas melakukan penyuntingan ini, untuk memastikan tidak ada lagi kesalahan penulisan.

Namun, seorang penulis juga sebaiknya memiliki kemampuan dan kebiasaan menyunting tulisannya sendiri. Cara ini akan mempercepat proses pembuatan konten.


2. Mengerjakan tulisan dengan topik yang beragam

Menjadi seorang penulis lepas, kamu sebaiknya bisa menulis beragam topik dengan baik, karena permintaan dari setiap konsumen pasti berbeda.

Masing-masing konsumen berasal dari jenis bisnis yang beda, sehingga produk dan layanan yang mereka jual juga tidak sama.

Otomatis target audience juga akan berbeda, sehingga untuk bentuk tulisan setiap brand punya gaya penulisannya sendiri.

Dengan mengerjakan beragam jenis proyek, kemampuan menulismu akan lebih terasah dan memberikan pengalaman untuk menambah jam terbang.

Fase ini mungkin akan terasa berat saat pertama memulai karir ini. Namun, jika kamu berhasil melakukannya dengan baik, seiring berjalannya waktu kualitas tulisanmu akan terus meningkat.


3. Menerima feedback dengan terbuka

Sebagai seorang pekerja kreatif, kamu mungkin mempunyai rasa kebanggaan atas tulisan yang kamu buat.

Namun, di saat kebanggaanmu terganggu karena komplain dari seorang konsumen, itu berarti kamu sudah terbawa perasaan.

Dalam urusan bisnis adalah hal yang wajar jika konsumen memberikan feedback, berupa kritikan atau saran. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menerima feedback tersebut, dan jangan berpikir terlalu negatif.

Bukan berarti hasil tulisanmu tidak bagus, tetapi konsumen pasti menginginkan tulisan yang sesuai dengan identitas brand mereka, serta selaras dengan tujuan marketing yang sedang mereka jalankan.

Kamu harus bisa bekerja secara profesional dengan mendengarkan keinginan, masukan, dan juga keluhan konsumen selama mereka memberikan komentar yang objektif.


4. Menerapkan time management yang baik

Sebagai penulis lepas, 90% waktumu tentunya akan kamu habiskan dengan bekerja sendiri.

Tantangan dari bekerja sendiri adalah disiplin dengan waktu. Karena itulah kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik agar dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline yang sudah kamu dan konsumen sepakati.

Jika kamu tidak memperhatikan manajemen waktu, kamu mungkin akan merasa keteteran, dan hal tersebut bisa memengaruhi hasil tulisan yang sedang kamu kerjakan.

Ini penting kamu perhatikan karena tulisan yang berkualitas membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup.

Setiap proyek tulisan memiliki durasi pengerjaan yang berbeda; ada tulisan yang bisa kamu buat dengan cepat, tetapi ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama karena kamu harus melakukan riset, atau baru pertama kali menulis topik yang berbeda.

Pastikan kamu sudah bisa memperkirakan waktu pengerjaan untuk jenis tulisan yang berbeda, sehingga akan lebih mudah bagimu ke depannya untuk mengatur waktu.


5. Menemukan niche tulisan

Cara menciptakan kualitas produk tulisan yang baik berikutnya adalah dengan menentukan niche untuk tulisanmu.

Ketika mengerjakan beragam jenis proyek, pasti ada satu atau dua topik yang kamu sukai, bahkan menikmati proses menulisnya. Itu berarti kamu sudah menemukan niche tulisanmu sendiri.

Contohnya kamu bisa menulis artikel tentang kesehatan, gaya hidup, kuliner, dan bisnis. Namun, topik mengenai otomotif membuatmu tertarik, dan selalu bersemangat dalam proses pengerjaannya. Pembahasan tentang otomotif bisa kamu jadikan niche tulisan.

Ketika kamu mempersempit fokus dan menguasai topik tertentu, kamu akan lebih mudah “ditemukan” oleh konsumen yang memang membutuhkan topik tersebut, dan juga bisa mendapatkan bayaran lebih tinggi.


6. Mengikuti pelatihan skill

Terakhir, cara meningkatkan kualitas tulisan adalah dengan mengembangkan kemampuan diri.

Ikuti pelatihan-pelatihan dan kuasai keahlian yang dapat menunjang pekerjaanmu sebagai penulis lepas. Kamu akan belajar dari orang-orang yang sudah berpengalaman dalam dunia menulis, dan juga bidang lainnya.

Sekarang ini tersedia banyak platform untuk belajar. Kamu bisa mendapatkan ilmu tambahan di luar lembaga pendidikan formal, bisa secara tatap muka atau juga online. Pilih program latihan yang kamu butuhkan.

Seorang penulis lepas sebaiknya belajar lebih dalam lagi tentang teknis menulis, kemudian belajar tentang SEO, copywriting, hypnowriting, content writing, dan masih banyak lagi jenis pelatihan lainnya.


Sudah Siap Membuat Jasa yang Berkualitas di Bisnis Penulis Lepas?

Itulah beberapa cara menciptakan produk jasa yang berkualitas pada bisnis penulis lepas yang sedang kamu rintis.

Sebaiknya, ikuti langkah-langkah ini karena sebagai penulis lepas, kamu harus bisa menjaga kualitas tulisan, agar bisa menghasilkan konten tulisan yang sesuai dengan permintaan konsumen.

Menjaga standar tulisan tetap bagus memang membutuhkan kerja keras, kedisiplinan, dan waktu untuk mengembangkan kemampuan.

Selama kamu punya keinginan kuat untuk terus mengembangkan diri dan mengikuti prosesnya, kelak kamu akan menjadi penulis lepas yang banyak orang cari.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
6 Cara Buat Jasa Berkualitas di Bisnis Penulis Lepas

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​