Home » Strategi-bisnis » Ini 5 Bentuk Inovasi & Kreativitas di Bisnis Penulis Lepas

Ini 5 Bentuk Inovasi & Kreativitas di Bisnis Penulis Lepas

Ini 5 Bentuk Inovasi & Kreativitas di Bisnis Penulis Lepas

Apa saja jenis inovasi & kreativitas yang bisa kamu kembangkan pada sebuah bisnis penulis lepas?

Penulis lepas (freelance writer) bisa juga disebut sebagai pekerja kreatif karena pekerjaan mereka berkaitan dengan penciptaan ide-ide menarik melalui karya berupa tulisan.

Inovasi dan kreativitas yang perlu mereka lakukan dalam bisnis penulis lepas, akan menunjang pekerjaan mereka. Terutama di masa sekarang di mana sektor industri berkembang sangat pesat, melibatkan banyak penulis lepas.

Karena itulah, bekerja sebagai penulis lepas termasuk profesi yang menyenangkan sekaligus menantang, sebab penulis lepas bekerja secara remote atau jarak jauh, serta bertanggung jawab penuh atas pekerjaanya sendiri.

Hal ini membuat seorang penulis harus mempunyai self-discipline yang baik. Supaya bisa bekerja dengan optimal, penulis lepas sebaiknya menjadi seseorang yang inovatif dan kreatif.

Apa kamu tertarik untuk menjadi penulis lepas, atau menjadi pemilik sebuah bisnis penulis lepas?


5 Bentuk Inovasi & Kreativitas di Bisnis Penulis Lepas

Salah satu cara agar kamu bisa menjadi penulis lepas yang banyak konsumen atau klien cari adalah dengan rutin melakukan inovasi.

Dengan menjadi penulis yang inovatif, kamu bisa membedakan bisnismu dari bisnis penulis lain, dan bersaing secara sehat.

Kamu harus berani melakukan hal yang berbeda, menjadi trendsetter, atau memulai hal baru, sehingga kamu mempunyai ciri khas sendiri.

Seperti apa inovasi yang bisa kamu lakukan dalam bisnis penulis lepas? Berikut ini adalah beberapa inovasi dan kreativitas yang bisa kamu lakukan dalam bisnis yang sedang kamu rintis.

Silakan disimak!


1. Memperhatikan tren dan selalu up-to-date

Inovasi selalu berkaitan dengan hal baru yang segar dan menarik, yaitu tren.

Sebagai seorang penulis di sektor kreatif, kamu harus update dengan tren terbaru. Bisa tentang tren gaya hidup, konten yang viral, dan isu atau permasalahan yang sedang banyak orang bicarakan.

Hal ini akan membantumu membuat tulisan yang bisa relate dengan topik terkini.


2. Melakukan personal branding

Cara agar para konsumen bisa menemukanmu adalah dengan melakukan personal branding yang baik.

Sama halnya dengan produk atau jasa dari suatu bisnis yang harus terus kamu promosikan kepada konsumen, kamu juga tidak boleh berhenti mempromosikan diri.

Cantumkan pekerjaanmu sebagai penulis pada profil akun media sosial, buat konten terkait bidang menulis secara rutin, serta tampilkan hasil kerja kamu selama ini (portofolio) di media sosial dan blog pribadi.


3. Memilih peran sebagai generalist atau specialist

Di luar sana ada banyak penulis lepas dengan kemampuan menulis yang bagus.

Cara agar kamu bisa lebih unggul dari penulis lain adalah dengan menemukan spesialisasi dalam menulis. Umumnya penulis lepas mengerjakan topik yang beragam, tergantung permintaan konsumen.

Pada awal memulai karir ini kamu juga akan melakukan hal yang sama, tetapi seiring berjalannya waktu carilah topik yang menurutmu menarik, dan materinya bisa kamu kuasai lebih dalam.

Lakukan ini terus sampai kamu terkenal sebagai penulis yang mahir akan topik tertentu, dan akhirnya banyak konsumen yang mencarimu.


4. Menawarkan layanan penulisan yang beragam

Seorang penulis lepas juga harus memiliki pola pikir seorang entrepreneur, di mana pemilik bisnis yang sukses selalu bisa melihat potensi tersembunyi di saat yang lain melihatnya sebagai hambatan.

Jangan hanya menawarkan layanan yang sama dengan penulis lain; berikan paket layanan berbeda atau benar-benar baru, tetapi harus berdasarkan hasil riset. Dengan begitu, konsumen akan melihatnya sebagai keunggulanmu.


5. Memanfaatkan teknologi

Penulis lepas yang kreatif pasti akan mencari cara agar bisa bekerja lebih cepat dan efisien, yaitu dengan cara memanfaatkan teknologi.

Sekarang ini terdapat banyak aplikasi dan tools yang bisa membantu pekerjaan penulis lepas.

Mulai dari tools untuk memeriksa kesalahan ketik, mencari kata kunci (keyword), sampai alat yang membantu penulis memeriksa tingkat keaslian tulisan.


Rekomendasi 5 Aplikasi & Tools untuk Bisnis Penulis Lepas

Ada banyak aplikasi dan tools penunjang yang bisa membantu pekerjaan menulis jadi lebih mudah dan cepat.

Kebanyakan tools bisa kamu akses dan gunakan secara gratis. Namun, untuk menikmati fitur-fitur tambahan, kamu bisa membayar atau berlangganan.

Berikut ini 5 aplikasi yang sebaiknya kamu gunakan dalam bisnis penulis lepas:

1. KBBI

Kamu tidak perlu membuka buku kamus dan mencari kata secara manual, kini Kemendikbud sudah menyediakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam jaringan (daring).

Kamu bisa mencari arti kata dengan cepat, memastikan cara penulisan, dan mencari padanan kata lewat tesaurus. KBBI daring bisa kamu akses secara gratis.

2. PUEBI

Jika kamu ingin mengecek kaidah ejaan yang benar seperti apa, kamu bisa membuka Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) secara online.

Pada website ini kamu bisa mencari tahu bagaimana penggunaan huruf kapital dan aturan tanda baca yang benar.

3. Typoonline

Salah ketik atau typo jadi musuh banyak penulis.

Setelah selesai menulis, umumnya penulis akan memeriksa ulang tulisannya, untuk memastikan tidak ada kata yang salah ketik. Namun, meskipun sudah berhati-hati, tetap selalu ada kata yang penulisannya salah.

Daripada mencari secara manual, kamu bisa menggunak tools Typoonline.

Tinggal masukkan teks atau unggah dokumen yang ingin kamu periksa, Typoonline akan otomatis mendeteksi kata-kata yang salah ketik.

4. Ubersuggest

Bagi kamu yang bekerja sebagai penulis artikel SEO, kata kunci atau keyword adalah hal yang penting.

Kamu bisa menggunakan Ubersuggest untuk mencari kata kunci yang tepat.

5. Hemingway Editor

Jika sebelumnya ada Typoonline yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa tulisan berbahasa Indonesia, maka Hemingway Editor bisa membantumu memeriksa tulisan berbahasa Inggris.

Bukan hanya memeriksa kesalahan penulisan, Hemingway Editor juga bisa mencari kesalahan penggunaan grammar, dan memberikan saran bentuk kalimat yang efektif.


Pentingnya Inovasi & Kreativitas dalam Bisnis Penulis Lepas

Itulah beberapa bentuk inovasi dan kreativitas yang bisa kamu lakukan dalam bisnis penulis lepas yang sedang kamu rintis.

Mulai dari selalu update dengan tren yang sedang berkembang, melakukan personal branding, menawarkan layanan jasa penulisan yang beragam, hingga memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan keahlian menulismu.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Ini 5 Bentuk Inovasi & Kreativitas di Bisnis Penulis Lepas

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​