Home » Strategi-bisnis » 3 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Bisnis Penulis Lepas

3 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Bisnis Penulis Lepas

3 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Bisnis Penulis Lepas

Apa saja faktor penting dalam pemilihan lokasi untuk memperluas bisnis penulis lepas milikmu?

Faktor pemilihan lokasi adalah bagian penting dalam memperluas setiap jenis bisnis, tidak terkecuali pada sebuah bisnis penulis lepas yang sedang kamu jalanakan.

Bukan tidak mungkin dalam pemilihan lokasi bisnis yang strategis dapat membuat bisnismu menjadi semakin dilirik konsumen.

Nah, jika kamu ingin membuat lokasi bisnis yang baru, ada beberapa faktor penting yang perlu kamu perhatikan sebelumnya.

Apa saja faktor-faktor tersebut?


3 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Penulis Lepas

Ketika ingin memperluas bisnis dan membuka kantor fisik, tentu saja kamu harus memilih lokasi yang tepat, agar bisnis penulis lepas yang kamu jalankan selama ini semakin berkembang pesat.

Lantas, apa saja yang harus kamu perhatikan ketika memilih lokasi untuk perluas bisnis penulis lepas? Tidak perlu bingung, berikut rangkumannya.

Silakan disimak!


1. Aksesibilitas & visibilitas lokasi

Faktor pertama adalah aksesibilitas dan visibilitas lokasi yang kamu pilih nantinya.

Aksesibilitas merupakan kemudahan akses saat menuju ke lokasi. Misalnya, jalanan ke lokasi bisnis sudah terlapisi aspal, cukup untuk dua mobil, bebas macet, dan tidak banjir.

Selain kamu dan para karyawan, kemudahan akses jalan ini juga akan membuat konsumen atau partner bisnis merasa nyaman.

Inilah alasan kenapa aksesibilitas menjadi salah satu faktor penting saat memilih lokasi untuk memperluas bisnis penulis lepas milikmu saat ini.

Hindari memilih lokasi yang berada di dalam gang sempit, meskipun bangunan tersebut berada di tengah-tengah kota, atau tidak jauh dari pusat keramaian.

Sebab, ini akan mempersulit kamu, karyawan, konsumen, dan partner bisnis dalam menjangkau lokasi.

Berikutnya adalah visibilitas. Jika aksesibilitas mencakup tentang kemudahan akses jalan, maka visibilitas mencakup tentang kemudahan dalam menemukan jalan maupun bangunan.

Hindari memilih lokasi yang jauh dari akses utama atau jalan raya. Ini akan membuat bangunan atau kantor bisnis penulis lepas milikmu tidak terlihat.

Jika bangunan tidak terlihat, para konsumen pun juga tidak tahu keberadaan bisnis milikmu tersebut.

Nah, supaya bisnis penulis lepas milikmu terlihat oleh banyak orang, pilihlah lokasi yang tidak jauh dari pusat keramaian; seperti perkantoran, perbelanjaan, hingga area pendidikan.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan lokasi ramai, seperti pinggir jalan raya. Tarif sewa bangunan di sekitar jalan raya ini biasanya lebih mahal daripada bangunan yang lokasinya jauh dari jalan raya.

Kamu bisa menyiapkan modal sekitar Rp72.000.000,00 per tahun, untuk menyewa bangunan berukuran 54 m².

Jika kamu memiliki keterbatasan modal untuk menyewa secara tahunan, kamu bisa mencari bangunan yang dekat dengan jalan raya, yang bisa kamu sewa secara bulanan.

Kamu juga bisa memilih bangunan yang luasnya sesuai dengan kebutuhan bisnis milikmu.


2. Kondisi lingkungan sekitar

Faktor berikutnya adalah memperhatikan keadaan lingkungan sekitar lokasi.

Misalnya, lahan untuk parkir yang memadai, kepadatan area lalu lintas, hingga keberadaan kompetitor sejenis.

Soal lahan parkir, usahakan luasnya cukup untuk menampung banyak kendaraan, baik kendaraan milikmu, pegawai, hingga konsumen.

Carilah bangunan yang memiliki sisa lahan sekitar 300-400 m², yang bisa menampung beberapa kendaraan roda empat.

Selanjutnya adalah kepadatan lalu lintas. Hal ini juga harus menjadi perhatian kamu saat memilih lokasi untuk memperluas bisnis penulis lepas.

Biasanya kepadatan area lalu lintas menimbulkan kemacetan yang cukup panjang, sehingga bisa menimbulkan penurunan minat konsumen atau partner bisnis untuk mengunjungi bisnismu.

Hal lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah keberadaan kompetitor sejenis di sekitar lokasi.

Hindari memilih lokasi yang berdekatan dengan para kompetitor, supaya omzet pendapatan bisnis penulis lepas yang kamu jalankan nantinya tidak menurun.

Kamu bisa mengurangi ketatnya persaingan dengan memilih lokasi yang jaraknya cukup jauh dari kompetitor. Pilihlah lokasi bangunan yang berjarak minimal 1 – 2 km dari mereka.

Pemilihan lokasi yang tepat ini nantinya akan membantu bisnis penulis lepas milikmu berkembang cukup pesat. Dengan catatan, kamu harus mempertimbangkan hal-hal penting yang sudah dijelaskan di atas.

Jadi, jika ingin memperluas bisnis penulis lepas dengan tepat sasaran, jangan sembarangan memilih lokasi bisnis, ya!


3. Potensi ekspansi bisnis

Sebuah bisnis pastinya akan melakukan sebuah ekspansi atau perluasan demi meningkatkan omzet dan profit.

Hal ini juga perlu menjadi pertimbangan kamu ketika memilih lokasi bisnis nantinya.

Beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan saat memperluas lokasi bisnis penulis lepas, antara lain luas area bangunan, posisi bangunan, keberadaan lahan kosong atau bangunan di sebelah, dan lainnya.

Jika bangunan yang akan kamu sewa berbentuk seperti ruko, kamu bisa melakukan ekspansi bisnis dengan menyewa bangunan yang bersebelahan dengan bangunan milikmu.

Supaya rencana ekspansi bisnis ini berjalan lancar, pastikan bangunan ruko tersebut milik orang yang sama.

Namun, jika ternyata tidak ada bangunan atau lahan kosong yang tersedia, kamu harus membeli ruko tersebut untuk menambah atau mengubah bangunannya.

Modal untuk membeli 1 unit ruko di kota besar, dengan luas sekitar 54 m², kira-kira nilainya antara Rp550.000.000,00 hingga Rp3.300.000.000,00.

Ekspansi bisnis ini bisa kamu lakukan jika bisnis penulis lepas milikmu sudah mencapai atau bahkan melebihi target yang kamu tentukan.

Artinya, ekspansi bisnis bukanlah rencana jangka pendek, melainkan rencana jangka panjang yang perlu kamu persiapkan sekitar 2 – 5 tahun untuk menjalankannya.


Yuk, Pahami Faktor Penting dalam Memilih Lokasi Bisnis Penulis Lepas!

Itulah beberapa faktor penting untuk pemilihan lokasi dalam memperluas bisnis penulis lepas milikmu.

Jika ingin berkembang dengan pesat, jangan lupa untuk memperhatikan ketiga faktor di atas saat memilih lokasi bisnis nantinya, ya.

Selamat mencoba!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
3 Faktor Pemilihan Lokasi untuk Bisnis Penulis Lepas

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​