Home » Strategi-bisnis » 5 Cara Atasi Penurunan Penjualan di Bisnis Penulis Lepas

5 Cara Atasi Penurunan Penjualan di Bisnis Penulis Lepas

5 Cara Atasi Penurunan Penjualan di Bisnis Penulis Lepas

Bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi penurunan penjualan jasa pada bisnis penulis lepas milikmu?

Bekerja sebagai penulis lepas atau freelance writer cukup banyak menghasilkan keuntungan.

Namun, karena pekerjaan penulis lepas biasanya tersedia per proyek, ada kalanya permintaannya sepi. Lantas bagaimana caranya untuk bisa menjaga permintaan dari konsumen agar tetap berdatangan?

Kali ini akan dibahas beberapa cara mengatasi penurunan penjualan dalam bisnis penulis lepas.


5 Cara Atasi Penurunan Penjualan di Bisnis Penulis Lepas

Pemasukan penulis lepas bergantung pada seberapa banyak proyect yang bisa kamu kerjakan.

Maka dari itu, terkadang penghasilan setiap pekan atau bulan tidak selalu sama.

Ketika permintaan dari konsumen lebih sedikit atau belum mendapatkan proyek baru, ada beberapa cara mengatasi penurunan penjualan dalam bisnis penulis lepas, di antaranya yaitu:


1. Melakukan personal branding

Mulailah dengan melakukan personal branding.

Kenalkan dirimu sebagai penulis freelance kepada publik, dengan cara mencantumkan informasi bisnis di media sosial, menulis di blog pribadi, dan bagikan tulisannya ke followers agar mereka membacanya.

Selain itu, kamu juga sebaiknya rutin mengunggah konten yang berkaitan dengan bidang pekerjaan dan profesimu di media sosial.

Hal ini penting kamu lakukan agar bisa menambahkan kepercayaan calon konsumen, dan menunjukkan bahwa kamu memang ahli dalam bidang penulisan.

Personal branding penting untuk kebutuhan pekerjaan penulis lepas karena bidang kepenulisan ini sifatnya cukup kompetitif.

Selain kamu, ada banyak penulis lain yang punya hasil kerja bagus dan sudah lama melakukan branding sendiri.

Namun, bukan berarti kamu sudah terlambat. Lakukan pemasaran sendiri mulai dari sekarang.

Dengan melakukan personal branding, kamu bisa menaikkan harga jasa dan mendapatkan proyek yang skalanya lebih besar.


2. Memberikan tarif yang fleksibel & kompetitif

Jangan ragu untuk membicarakan masalah pembayaran dengan para konsumen.

Tentukan skala dan batasan tarif yang jelas, supaya kamu tidak mendapat bayaran yang terlalu rendah dari yang seharusnya.

Berkutat dengan proyek yang tidak memberikan pembayaran yang sepantasnya kamu dapatkan, hanya membuat waktu kamu terpakai dan tenaga habis untuk imbalan yang sedikit.

Kamu mungkin merasa tidak masalah saat baru pertama kali memulai karir sebagai penulis lepas, dengan alasan mengumpulkan portofolio lebih dulu.

Namun, setelah kamu bekerja sebagai penulis lepas cukup lama misalnya 2 tahun, penting untuk mulai mengevaluasi tarif yang kamu pasang selama ini.

Lakukan evaluasi dengan melihat jumlah pemasukan yang kamu dapat, kemudian bandingkan dengan waktu pengerjaan, tingkat kesulitan proyek, dan aspek lainnya.

Apakah sumber daya yang kamu keluarkan sepadan dengan hasil yang kamu dapatkan? Jika ternyata tidak, maka sudah saatnya menyesuaikan tarif.

Tarif yang menarik, kompetitif, dan wajar tentu akan membuat jasamu semakin konsumen cari.


3. Menampilkan portofolio yang rapi & bermutu

Pastikan kamu menyimpan semua hasil kerja kamu dan menyusunnya dengan baik.

Semua hasil kerja tersebut bisa kamu jadikan portofolio, yang bisa kamu tampilkan di blog pribadi dan akun media sosial.

Cantumkan jenis proyek yang berbeda, agar konsumen bisa mengetahui kemampuanmu. Selain itu, masukkan juga proyek yang berskala besar, atau permintaan dari brand ternama.

Nantinya, calon konsumen bisa melihat bisnis mana saja yang pernah menggunakan jasa kamu.

Pastikan kamu selalu memperbarui portofolio, supaya ketika konsumen baru menghubungi dan meminta contoh tulisan, kamu tinggal mengirimkan file atau tautannya.

Kamu juga bisa mencantumkan review atau ulasan dari konsumen yang puas akan hasil kerjamu, di dalam portofolio tersebut.


4. Mengerjakan beragam jenis topik tulisan

Kamu harus berani mengambil jenis proyek yang berbeda, sebab menurunnya penjualan bisa karena kamu tidak dapat memenuhi permintaan dari konsumen.

Misalnya konsumen memesan konten tulisan tentang kendaraan, sedangkan kamu tidak paham dunia otomotif. Akhirnya potensi pemasukan lepas karena kamu merasa ragu.

Sebagai seorang penulis lepas, kamu akan banyak menemui permintaan untuk membuat tulisan dengan topik dan gaya penulisan yang berbeda-beda, karena konsumen bisa datang dari jenis bisnis apa pun.

Hari ini kamu mendapatkan pesanan tulisan dengan topik kesehatan, besok kamu bisa saja mendapatkan pesanan untuk topik fashion.

Selain itu bentuk tulisan juga seringkali berbeda-beda; ada konsumen yang meminta artikel SEO, konten media sosial, press release, review produk, dan lain sebagainya.

Bila kamu bisa menguasai semua hal itu, tentu pendapatanmu sebagai penulis lepas akan bertambah.


5. Mengikuti pelatihan untuk pengembangan skill

Kamu juga perlu meningkatkan kemampuan diri yang memang seorang penulis lepas butuhkan.

Kemampuan seperti teknik menulis, SEO, copywriting, dan content writing, bisa membuatmu lebih ahli dalam dunia kepenulisan.

Kemampuan-kemampuan tersebut juga kamu perlukan untuk memenuhi permintaan konsumen yang bisa bermacam-macam. Ketika mengikuti pelatihan, kamu akan mendapat panduan dari praktisi yang sudah berpengalaman.

Nantinya, kamu akan menyadari kemampuan apa yang masih harus kamu tingkatkan, serta potensi kemampuan apa yang perlu kamu kembangkan.


Sudah Paham Cara Atasi Penurunan Penjualan di Bisnis Penulis Lepas?

Bekerja sebagai penulis lepas bisa sangat menyenangkan.

Bagi kamu yang suka dengan menulis, selain menyalurkan hobi, menjadi penulis lepas juga bisa menghasilkan.

Namun, menjalani pekerjaan ini membutuhkan ketekunan dan rasa percaya diri karena penghasilanmu bergantung pada berapa banyak proyek yang masuk.

Apabila kamu merasa permintaan sedang menurun, lakukan beberapa cara untuk mengatasi penurunan penjualan di atas.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Cara Atasi Penurunan Penjualan di Bisnis Penulis Lepas

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​