Home » Strategi-bisnis » 3 Cara Kembangkan Cabang Usaha di Bisnis Penulis Lepas

3 Cara Kembangkan Cabang Usaha di Bisnis Penulis Lepas

3 Cara Kembangkan Cabang Usaha di Bisnis Penulis Lepas

Bagaimana cara kembangkan cabang usaha pada sebuah bisnis penulis lepas?

Bisnis penulis lepas terus berkembang seiring makin bertambahnya permintaan tulisan untuk blog maupun website.

Sebagai seorang pemilik bisnis penulis lepas, kamu dapat menempuh beberapa cara untuk mengembangkan cabang dalam bisnis ini.

Membuka cabang untuk bidang bisnis ini terbilang penting mengingat semakin ketatnya persaingan.

Namun, berbeda dengan bidang bisnis lain yang membuka cabang berarti membuka bisnis di lokasi baru, bidang bisnis ini tidak demikian.

Bisnis penulis lepas umumnya kamu kerjakan secara daring atau online.

Meskipun lokasi kantor mungkin memang bisnismu butuhkan berkaitan dengan administrasi perusahaan dan pelaporan pajak, secara garis besar kamu dapat merekrut penulis yang berlokasi di mana saja.


Menambah Bidang Tulisan

Cara pertama, kamu dapat membuka cabang dengan cara menambah bidang tulisan.

Dengan cara ini, kamu dapat menjangkau lebih banyak konsumen karena target pasar yang semakin luas.

Sebagai gambaran, berikut ini 4 bidang tulisan pada bisnis penulis lepas yang bisa kamu pilih saat mengembangkan cabang bisnis:

1. Content writing

Bidang tulisan yang pertama adalah yang paling umum, yaitu content writing.

Jasa ini biasanya menyediakan tulisan dengan berbagai topik dengan tujuan informatif. Salah satu contoh penyedia jasa content writing adalah Kontenesia.

Kamu dapat mengunjungi website bisnis tersebut untuk mempelajari tentang bidang ini.

2. Copywriting

Berikutnya adalah bidang copywriting.

Tulisan-tulisan yang kamu bisa hasilkan dari bidang ini bertujuan untuk menarik minat pembaca hingga melakukan keputusan pembelian produk tertentu.

Tulisan jenis ini adalah bagian dari strategi marketing. Salah satu bisnis penyedia copywriting yang dapat menjadi contoh adalah Whello.

3. Specialist Writing

Mirip dengan content writing, bidang ini juga menghasilkan tulisan dengan tujuan informatif.

Bedanya, tulisan ini di bidang ini ditulis oleh penulis yang memang sesuai dengan bidangnya.

Sebagai contoh, artikel untuk website kesehatan hanya ditulis oleh orang-orang dari bidang tersebut, atau setidaknya telah diperiksa oleh ahli. Kamu dapat mengunjungi Medical News Today sebagai contoh.

4. Blogging

Bidang terakhir adalah blogging.

Bidang yang satu ini juga mirip dengan content writing. Perbedaannya, jika content writing menyediakan artikel dengan berbagai tema, bidang ini fokus menyediakan artikel untuk tema blog atau website tertentu.

Tema-tema blog yang mencari jasa blogging, antara lain fashion, kecantikan, dan travelling. Salah satu contohnya adalah Socio Lane, yang belum lama ini mencari penulis khusus topik social life.


Membuat Lebih Banyak Variasi Layanan

Selain menambah bidang bisnis penulisan, kamu juga dapat membuat variasi layanan ketika mengembangkan cabang bisnis penulis lepas.

Berikut 3 hal yang dapat kamu lakukan:

1. Artikel dengan atau tanpa SEO

Variasi pertama adalah artikel dengan dan tanpa Search Engine Optimization (SEO).

Kamu dapat menyediakan artikel dengan harga yang berbeda untuk tulisan yang kamu tulis dengan aturan SEO dan yang tidak.

2. Menjual paket artikel

Selanjutnya, kamu juga dapat menyediakan paket artikel.

Misalnya, jasa penulisan satu artikel kamu sediakan dengan harga Rp35.000,00.

Sedangkan jika konsumen membutuhkan banyak artikel, kamu dapat menyediakan 10 artikel dengan harga Rp300.000,00.

3. Menyediakan artikel berbahasa Inggris

Variasi berikutnya adalah bahasa asing.

Kamu dapat menyediakan jasa tulis artikel tidak hanya untuk bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa Inggris.

Mengembangkan cabang yang menyediakan layanan ini tentu adalah langkah yang strategis, mengingat produk ini makin banyak konsumen dan bisnis lain cari.

Sebagai gambaran untukmu, kamu dapat mengunjungi halaman website SIPWriter yang telah menyediakan berbagai variasi jasa layanan.

Kamu dapat mengembangkan bisnis penulis lepas dalam satu induk, atau membuat cabang dengan layanan yang berbeda-beda.


3 Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Penulis Lepas

Setelah kamu menentukan cabang bisnis penulis lepas seperti apa yang ingin kamu kembangkan, berikut adalah beberapa rekomendasi caranya.

1. Membangun portofolio

Kamu mungkin berencana membangun cabang dengan bidang atau layanan yang baru.

Apa pun yang kamu pilih, kamu perlu menyusun portofolio yang baru untuk cabang bisnis yang baru.

Misalnya, bisnis induk yang kamu kelola menyediakan layanan content writing, sehingga website dan media sosial berisi portofolio bidang tersebut.

Kemudian, kamu ingin membuka cabang pada bidang copywriting, maka kamu perlu membuat beberapa contoh produk tulisan copywriting.

Hal ini penting, karena meskipun kualitas produk content writing milikmu sudah terpercaya, kamu perlu membuktikan bahwa produk copywriting dari bisnismu memiliki kualitas yang baik pula.

2. Menghubungkan cabang dengan bisnis induk

Berlanjut dari penjelasan sebelumnya mengenai portofolio; meskipun kamu membuat portofolio yang baru, kamu perlu menautkannya pada bisnis induk.

Misalnya, kamu membuat akun media sosial baru untuk bisnis cabang. Sebaiknya, pada bagian profil kamu menuliskan bahwa bisnis ini adalah bagian dari bisnis induk.

Hal ini perlu kamu lakukan untuk membangun kepercayaan calon konsumen.

3. Mencari lebih banyak tenaga penulis

Cara yang terakhir adalah merekrut lebih banyak tim penulis.

Hanya dengan cara ini kamu dapat menerima lebih banyak proyek tulisan. Kamu juga dapat membuat syarat khusus untuk para penulis baru, sesuai dengan cabang baru bisnismu.

Misalnya, cabang baru bisnismu adalah jasa copywriting, maka kamu dapat merekrut copywriter yang bersedia bekerja secara freelance dengan imbalan per proyek.


Sudah Paham Cara Kembangkan Cabang di Bisnis Penulis Lepas?

Itulah beberapa ulasan dan penjelasan cara mengembangkan cabang usaha pada bisnis penulis lepas yang sedang kamu jalankan.

Tidak hanya soal lokasi fisik, pengembangan cabang juga bisa kamu lakukan untuk jenis layanan yang bisnismu sediakan. Mulai dari layanan content writingcopywriting, hingga layanan penulisan untuk platform blog dan website.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
3 Cara Kembangkan Cabang Usaha di Bisnis Penulis Lepas

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​