Home » Strategi-bisnis » 4 Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Penulis Lepas

4 Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Penulis Lepas

4 Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Penulis Lepas

Hal-hal apa yang harus terus dipelajari oleh seorang pemilik bisnis penulis lepas?

Bisnis penulis lepas tengah memiliki banyak peminat saat ini, karena memiliki potensi yang sangat menjanjikan.

Namun, ketika kamu ingin memulai bisnis ini, ada beragam hal penting yang perlu kamu pelajari secara konsisten, agar bisnis tetap bertahan dan berkembang.

Lantas, hal apa saja yang harus terus dipelajari pemilik bisnis penulis lepas? Simak ulasan berikut ini!


4 Hal yang Harus Terus Dipelajari Pemilik Bisnis Penulis Lepas

Bisnis penulis lepas memang memiliki banyak keuntungan.

Namun, kamu mungkin akan kesulitan mengelolanya jika kamu tidak memiliki pengetahuan dan keahlian yang cukup.

Nah, berikut adalah 4 hal yang harus kamu pelajari sebagai seorang pemilik bisnis penulis lepas, agar bisnis bisa terus berkembang.

Yuk, disimak!


1. Keterampilan menulis

Hal yang harus terus kamu pelajari sebagai seorang pemilik bisnis penulis lepas yang pertama adalah keterampilan menulis.

Bayangkan, kamu menawarkan jasa kepenulisan, namun kamu sendiri tidak memiliki keterampilan dan keahlian yang cukup. Tentu hal ini akan memberikan akibat yang buruk untuk bisnismu.

Kamu bisa saja akan mengecewakan konsumen, dan membuat mereka kehilangan kepercayaan pada bisnis, karena kualitas tulisan yang buruk.

Karena itu, agar kamu bisa menghindari risiko tersebut, terus belajar dan melatih keterampilan menulis sangat penting untuk kamu lakukan.

Cara agar kamu bisa mengasah keterampilan ini adalah dengan terus membaca banyak buku atau artikel dengan berbagai jenis topik yang berbeda.

Sehingga nantinya, kamu bisa menambah dan mempelajari lebih banyak kosakata yang baru, serta tata penulisan yang baik dan benar.

Tidak apa-apa jika kamu merasa kualitas tulisanmu belum cukup baik sekarang. Asalkan kamu tidak berhenti untuk terus melakukan praktik menulis.

Kamu bisa mencoba untuk menulis berbagai artikel di website pribadi, lalu membacanya secara berulang. Tujuannya adalah untuk memposisikan dirimu sebagai pembaca.

Dari sana, cobalah untuk memeriksa dan memahami tulisanmu sendiri. Coba tanyakan pada dirimu sendiri, pertanyaan seperti “Apakah tulisan tersebut bisa membuat pembaca tertarik?”, “Apakah tulisan tersebut mudah orang pahami pembahasannya?”, dan lain sebagainya.

Dengan cara seperti ini, nantinya kamu akan terbiasa menulis, dan mengerti tentang bagaimana cara membuat tulisan yang baik.


2. Promosi & pemasaran

Pemasaran dan bisnis adalah dua hal yang sangat sulit kamu pisahkan.

Tanpa kegiatan pemasaran, bisnis pasti akan kesulitan untuk bisa berkembang secara optimal. Metode pemasaran pun terus berubah seiring dengan perkembangan zaman.

Jika hal ini tidak kamu pelajari secara terus menerus, bukan tidak mungkin bisnismu akan tertinggal.

Karena semakin berkembangnya teknologi digital, kamu bisa mempelajari dan menggunakan digital marketing untuk membantu perkembangan bisnis secara efektif, agar bisnis kamu semakin banyak orang kenali.

Contohnya dengan menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube, dan TikTok. Caranya adalah dengan mempelajari cara membuat konten menarik seputar jasa kepenulisan, untuk meningkatkan awareness dan minat audience.

Misalnya, konten tentang jasa apa saja yang bisa kamu tawarkan, tips menulis, hingga beragam jenis ulasan.

Selain menggunakan media sosial, kamu juga bisa menggunakan metode SEO, sehingga website bisnismu bisa berada di halaman utama mesin pencari.

Hal-hal yang perlu kamu pelajari adalah beberapa strategi tentang bagaimana cara riset keyword, strategi link building, dan masih banyak lagi.


3. Pengelolaan website

Memiliki website adalah salah satu cara agar bisnis yang kamu jalankan terlihat lebih profesional dan kredibel.

Melalui website, calon konsumen juga dapat melihat informasi seputar bisnis serta kualitas dari tulisanmu.

Jika kamu sudah memiliki website saat ini, maka hal yang perlu kamu pelajari sebagai pemilik bisnis penulis lepas adalah cara mengelolanya dengan benar.

Kamu sebaiknya mencari tahu tampilan website seperti apa yang nyaman orang gunakan, dan juga user friendly.

Sehingga nantinya, konsumen akan merasa tertarik untuk mengunjungi dan menelusuri isi website tersebut. Kamu bisa mencoba untuk mencari berbagai inspirasi desain website, hingga menggunakan jasa web designer di platform seperti Dribble.

Selain itu, kamu juga harus melakukan evaluasi untuk website bisnis, seperti evaluasi jenis konten yang memiliki traffic paling tinggi atau tingkat kunjungan website, sehingga kamu bisa menjaga kualitas konten tulisan di website tersebut.

Kamu juga bisa menggunakan Google Analytics dan Google Search Console untuk membantu proses evaluasi.


4. Komunikasi & networking

Hal yang harus perlu kamu pelajari sebagai seorang pemilik bisnis penulis lepas yang terakhir adalah cara membangun komunikasi yang baik dengan stakeholder, khususnya karyawan, konsumen, dan kompetitor.

Komunikasi yang tidak lancar akan membawa pengaruh buruk dan kesalahpahaman antara pemilik bisnis, karyawan, hingga konsumen.

Karena itu, sebaiknya kamu bisa membangun komunikasi yang baik, sehingga kamu bisa menjaga hubungan.

Contohnya adalah komunikasi dengan karyawan. Kamu bisa mencari tahu bagaimana cara membangun budaya kerja yang positif. Contohnya, menerapkan toleransi, kejujuran, dan rasa saling menghormati.

Kamu juga harus mempelajari bagaimana cara membangun komunikasi dengan konsumen dan calon konsumen.

Misalnya, dengan memberikan respon cepat dan sopan pada setiap pertanyaan atau komentar dari mereka, atau menggunakan layanan chat di Instagram atau WhatsApp, untuk membangun komunikasi personal dengan para konsumen.


Sudah Tahu Hal Apa yang Perlu Terus Kamu Pelajari di Bisnis Penulis Lepas?

Itulah beberapa hal yang harus terus kamu pelajari sebagai seorang pemilik bisnis penulis lepas.

Bisnis satu ini memang terlihat sederhana, namun tetap membutuhkan strategi yang matang untuk mengelolanya. Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis, kamu harus rajin dan tekun untuk belajar serta mengasah kemampuan agar bisnis bisa tetap sukses.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
4 Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Penulis Lepas

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​