Home » Strategi-bisnis » Ketahui 5 Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Rice Box

Ketahui 5 Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Rice Box

Ketahui 5 Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Rice Box

Cara mengembangkan cabang bisnis sangatlah berbeda-beda untuk tiap orang. Walaupun demikian, esensi cara-cara pengembangan tersebut pastilah sebenarnya hanya itu-itu saja dan tentu dapat pebisnis lakukan dengan mudah. 

Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah mempunyai cara sendiri untuk mengembangkan cabang bisnis rice box kamu? Atau, malah sebaliknya? Jika membutuhkan inspirasi seputar cara-cara tersebut, kamu bisa mengandalkan informasi dalam artikel ini!

5 Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Rice Box

Tidak dapat dipungkiri, bisnis rice box sangat menjanjikan, serta tentunya banyak digeluti para pelaku bisnis. Alasan dari hal tersebut adalah karena semua orang sudah pasti membutuhkan makanan dan lazimnya strategi marketingnya tidak menyulitkan.

Namun, mengembangkan cabang bisnis rice box termasuk sebuah tantangan tersendiri. Karena mengembangkan cabang baru tidak sama dengan memulai usaha. Maka demikian, ikuti cara-cara di bawah ini agar bisnis rice box milikmu tetap berada dalam jalur yang benar:

Kamu Wajib Memastikan Outlet Rice Box Utama Berjalan Lancar

Dalam mengembangkan cabang bisnis rice box, sebagai pemiliknya kamu wajib memastikan terlebih dahulu kondisi outlet utama. Jadi, coba yakinkan apakah berjalan lancar tanpa disertai hambatan? Lalu, apakah kamu perlu memantaunya setiap waktu?

Nah, setelah menemukan jawabannya, kamu bisa memutuskan perencanaan pengembangan cabang bisnis rice box. Kepastian kelancaran outlet utama sangat penting, supaya kamu bisa lebih fokus dalam mengembangkan cabangnya.

Jika kamu merasa outlet utama rice box belum dapat berjalan lancar sesuai rencana, lebih baik kamu tidak memaksakan untuk mengembangkan cabang bisnis. Sebab hal ini cuma akan menyebabkan bisnismu keteteran.

Selain keteran, kamu pun dapat terjangkit stres karena usaha rice box tidak dapat dijalankan sesuai rencana dan target. Maka, untuk mengembangkan cabang, sebaiknya tetapkan perencanaan secara jelas, setidaknya 1 – 2 tahun berikutnya.

Kamu pun perlu untuk menganalisa kinerja bisnis rice box seiring berjalannya waktu. Dengan begitu, kamu dapat segera melakukan perbaikan kinerja atau performa bisnis secepatnya.

Kamu Harus Memperhatikan Keuangan Bisnis Rice Box

Aspek terpenting pengembangan cabang bisnis rice box ialah pengecekan kondisi keuangan bisnis. Jika kondisinya memungkinkan untuk melakukan pengembangan, maka langsung teruskan rencana. Tapi, jika belum. tidak perlu dipaksa. 

Mayoritas pebisnis rice box cuma fokus pada metode dan strategi marketing saja saat mengembangkan cabang, karena hanya memikirkan omset. Namun, perlu diketahui, kondisi keuangan bisnis pun termasuk hal penting dalam keberhasilan cabang.

Inti dari cara mengembangkan cabang bisnis rice box ini adalah – selalu perhatikan keuangan dengan baik, karena dengan cash flow optimal, kamu dapat membayar sejumlah sumber daya demi menyukseskan pengembangan cabang bisnismu!

Kamu Harus Menempatkan Cabang Bisnis Rice Box pada Lokasi Strategis

Dalam mengembangkan cabang, kamu memerlukan lokasi strategis. Ini sebenarnya syarat wajib dalam membuka cabang baru. Sebab, strategis atau tidaknya sebuah lokasi bisnis makanan dapat menentukan perkembangannya.

Jika tahap pengembangan bisnismu masih awal, kamu dapat menganalisa sejumlah lokasi yang kamu rasa cocok untuk dijadikan cabang. Sebaiknya pastikan juga lokasi bisnis rice box-mu ramai dengan lalu lalang target market.

Apabila target market bisnis rice box-mu adalah sekumpulan remaja, maka kamu dapat mengembangkan cabang dekat dengan lingkungan sekolah atau kampus. Bila target market adalah keluarga, kamu bisa mengembangkan cabang pada lokasi wisata.

Jika bisnis rice box-mu merupakan usaha rumahan atau UMKM, maka dalam mengembangkaan cabang pun sebaiknya tetap menggunakan konsep rumahan, atau dapat pula lewat penjualan online.

Maksud dari penjelasan di atas adalah dengan tidak membeli atau menyewa tempat usaha terlebih dahulu, namun membuka cabang pada lokasi tertentu serta penjualannya lewat online.

Kamu Harus Menentukan Strategi Marketing yang Tepat

Sebagai pebisnis rice box, kamu wajib mengantongi konsep marketing efektif terkait pengembangan cabangnya. Jadi, temukan nilai plus dan minus usahamu, kemudian susun strategi supaya cabang baru dapat meraih kesuksesan dan keuntungan besar.

Kamu dapat memanfaatkan pemasaran konvensional atau secara offline, yakni melalui spanduk, brosur, hingga billboard. Selain itu, pemasaran online pun sangat disarankan seperti lewat media sosial, aplikasi pesan antar, hingga iklan digital.

Apabila memang bisnis rice box-mu memerlukan endorse, maka pilih saja artis maupun public figure dengan profil yang tepat. Contohnya seperti youtuber mukbang, reviewer makanan, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa mengajukan kerja sama dengan perusahaan penyedia dompet digital seperti Dana, Ovo, Go Pay, Cashbac, dan lain sebagainya. Mereka biasanya menyediakan promo yang otomatis menguntungkan bisnismu.

Memanfaatkan artikel internet pun boleh, Kamu dapat mengandalkan jasa penulis artikel SEO untuk membuat artikel review yang baik seputar menu-menu pada usaha rice box-mu. Dengan begini, konsumen bisa tersugesti untuk mencicipi produkmu.

Menyusun Tim Profesional di Cabang Bisnis Rice Box Terbaru

Supaya pengembangan cabang usaha rice box berhasil, kamu membutuhkan tim profesional untuk cabang tersebut. Misalnya seperti koki atau tukang masak, pelayan, pengantar, hingga pekerja kebersihan. 

Mengapa perlu tenaga profesional? Tentu supaya pelanggan memiliki kesan baik karena pelayanan prima dari tenaga profesional tersebut. Jadi, mereka bisa senang dan konsisten menjadi pelanggan tetap pada cabang baru tersebut.

Siap Kembangkan Bisnis Rice Box?

Jadi, demikianlah informasi seputar cara mengembangkan cabang bisnis rice box. Ternyata mudah, ya? Maka dari itu, jika pemahamannya mudah, langsung terapkan saja dan eksekusi rencana pengembangan cabang bisnis rice box terbaru!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Ketahui 5 Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Rice Box

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​