Home » Strategi-bisnis » Intip Tips Memilih Alat Berkualitas untuk Bisnis Rice Box

Intip Tips Memilih Alat Berkualitas untuk Bisnis Rice Box

Intip Tips Memilih Alat Berkualitas untuk Bisnis Rice Box Kamu

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis di bidang kuliner, salah satu cabang bisnis yang bisa kamu coba untuk rintis adalah bisnis rice box. Bisnis di bidang kuliner erat hubungannya dengan peralatan dalam memasak untuk membuatnya. Pada artikel ini akan dibahas secara rinci terkait tips memilih alat berkualitas untuk bisnis rice box.

Penasaran untuk mengetahui tips-tips apa yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih alat berkualitas untuk kebutuhan bisnis rice box kamu? Simak penjelasannya pada pembahasan berikut ini.

Tips Memilih Alat Berkualitas Untuk Bisnis Rice Box

Dalam bisnis kuliner, alat memasak yang berkualitas diperlukan agar bisa menghasilkan makanan yang berkualitas pula. Kualitas alat memasak yang buruk selain tidak menghasilkan makanan dengan kualitas maksimal, juga dapat membahayakan kesehatan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika hendak memilih peralatan berkualitas tinggi yang akan kamu gunakan untuk memulai usaha rice box kamu.

Anti Lengket

Fitur anti lengket sangat diperlukan untuk setiap alat memasak. Keunggulan pada alat memasak yang satu ini sangat bermanfaat karena akan memudahkan kita selama proses memasak. Selain bermanfaat selama proses memasak, fitur keunggulan ini juga akan membantumu dalam proses setelah memasak, yaitu saat membersihkan peralatannya. 

Yang mendukung sebuah alat memasak memiliki fitur anti lengket adalah berasal dari material bahan dasarnya. Maka dari itu, apabila kamu hendak memilih alat berkualitas untuk bisnis rice box, pastikan alat tersebut memiliki fitur keunggulan berupa anti lengket. Alat masak yang biasanya memerlukan fitur ini untuk bisnis rice box adalah alat yang digunakan untuk menanak nasi, hingga panci.

Material Peralatan

Berhubungan dengan tips sebelumnya, tips dalam memilih peralatan berkualitas berikutnya, yaitu untuk memperhatikan material dari peralatan yang ingin dibeli.

Salah satu material yang awam dan disarankan penggunaannya untuk peralatan memasak di dapur adalah yang berbahan stainless.

Untuk menghasilkan menu rice box, tentunya kamu memerlukan peralatan berkualitas dengan material penyusunnya yang terbaik pula. Hindari menggunakan peralatan dengan material plastik. Peralatan yang terbuat dari plastik mengandung zat kimia yang akan berbahaya bagi tubuh apabila ikut meleleh bersama suhu panasnya masakan.

Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan label pada peralatan memasak sebelum membelinya. Pastikan peralatan yang ingin dibeli tersebut memiliki label food grade jika terbuat dari material plastik. Untuk lebih jelasnya, beberapa bahan material yang aman digunakan untuk peralatan memasak adalah sebagai berikut:

Stainless

Stainless merupakan bahan dasar yang paling aman digunakan sebagai peralatan memasak. Semakin tinggi kualitas dari stainless, maka akan semakin aman pula peralatan tersebut digunakan. Stainless steel adalah salah satu bahan material yang terkualifikasi dan memiliki label aman food grade.

Silicon

Selain material stainless, perlu diketahui juga bahwa silicon merupakan material yang kini sudah termasuk ke dalam bahan material yang memiliki label food grade. Setelah mengikuti beberapa uji coba, pada akhirnya silicon resmi dinyatakan sebagai bahan yang aman untuk kesehatan apabila digunakan untuk kepentingan memasak.

Aluminium Anodized

Berbeda dengan aluminium biasa, aluminium anodized atau aluminium yang telah mengalami proses anodasi bisa dijadikan sebagai bahan material untuk peralatan memasak. 

Oleh karena telah dianodasi, maka jenis material ini akan aman digunakan dan terjamin tidak akan ada material dari aluminium yang menempel ke makanan dan mengkontaminasinya.

Baja

Peralatan berikutnya yang bisa kamu jadikan sebagai alat memasang adalah yang menggunakan bahan material baja. Namun, apabila kamu hendak menggunakan peralatan dengan jenis material ini, kamu perlu berhati-hati sebab baja memiliki sifat yang menghantarkan panas.

Perhatikan Harga

Tips memilih alat berkualitas lainnya yang bisa kamu perhatikan untuk bisnis rice box milik kamu adalah dengan melihat dari harganya. Produk peralatan yang memiliki tingkat kualitas tinggi, tentu akan memiliki rentang harga yang tinggi pula.

Bebas Bahan Kimia

Untuk menghindari bahan kimia tercampur ke dalam masakan yang sedang dimasak, maka kamu perlu untuk menemukan peralatan memasak yang tepat. Carilah peralatan memasak untuk bisnis rice box yang tepat dengan kualitas terbaik sehingga kehigienisan dapat terjamin.

Sebagai pertimbangan untuk tips keempat ini, usahakan untuk tidak memilih peralatan memasak yang memiliki warna mencolok. Hal ini disebabkan risiko untuk zat warna pada peralatan memasak akan ikut larut dan tercampur bersama masakan menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan warna-warna peralatan memasak pada umumnya.

Mudah Dibersihkan

Agar memudahkan segala sesuatunya, maka untuk membeli peralatan berkualitas, kamu juga perlu mempertimbangkan bagaimana cara membersihkannya dan seberapa besar tingkat kesulitan untuk membersihkan peralatan tersebut.

Cara Perawatan 

Untuk bisa bertahan lama alias awet untuk digunakan, maka semua peralatan baik dengan tingkat kualitas tinggi maupun rendah membutuhkan proses perawatan. Cara perawatan untuk masing-masing peralatan di dapur tentunya berbeda. Ketahui cara merawat dari masing-masing peralatan tersebut.

Ketika sudah mengetahui tips memilih alat berkualitas untuk bisnis rice box kamu,  maka kamu hanya perlu mengaplikasikannya saja. Untuk menghasilkan menu makanan yang berkualitas, maka kamu harus pintar-pintar dalam memilih dan mengeluarkan jiwa selektif demi menemukan alat memasak yang berkualitas. Jangan sekali-kali tergocek dengan harga dan pastikan untuk selalu menggunakan peralatan yang memiliki standar food grade, ya!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Intip Tips Memilih Alat Berkualitas untuk Bisnis Rice Box

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​