Home » Strategi-bisnis » Kunci Sukses Bisnis Warteg Untuk Pemula

Kunci Sukses Bisnis Warteg Untuk Pemula

Kunci Sukses Bisnis Warteg untuk Pemula

Usaha makanan legendaris yang tidak ada matinya seperti warung tegal dan warung padang tentu menarik bagi pemula yang ingin berbisnis. Terutama warteg dengan pilihan menunya yang cenderung mudah untuk dimasak. Meskipun kebanyakan pengusaha warteg adalah orang tegal, tapi siapapun bisa memulai usaha ini hingga sukses. Berikut kunci sukses bisnis warteg yang bisa dicoba oleh pemula.

Kunci Sukses Bisnis Warteg Untuk Pemula

Lokasi Strategis

Secara umum setiap usaha bergantung pada lokasi strategis, hal ini juga penting dalam kunci sukses bisnis warteg. Artinya lokasi tersebut berada tepat pada target pembeli. Meski prinsip memilih lokasi strategis selalu berpatokan pada lokasi yang ramai, namun itu saja tidak cukup untuk mendapatkan omset yang besar. 

Lokasi yang ramai hanya di siang hari akan memiliki omset yang lebih kecil dibanding lokasi yang ramai hingga 24 jam. Salah satu contoh lokasi strategis adalah di jalan raya yang dilalui oleh banyak kendaraan dengan rute yang beragam. 

Akan sangat baik jika tempat tersebut juga dikelilingi oleh fasilitas seperti pom bensin dan minimarket yang membuat pengendara memilih untuk rehat dalam perjalanannya. 

Contoh lainnya adalah dekat daerah perkantoran, pabrik, kampus, apalagi gabungan dari tempat-tempat tersebut. Jika terdapat lebih dari satu ciri tempat strategis, maka peluang mendapatkan omset lebih banyak juga besar.

Lokasi strategis tidak hanya mempengaruhi omset melainkan strategi penjualan. Jangan sungkan untuk memiliki jam operasional hingga 24 jam jika kamu berhasil menemukan tempat yang sangat strategis. 

Di saat bersamaan sediakan makanan ringan yang cenderung dibeli di luar jam makan. Strategi lain yang berkaitan dengan lokasi strategis adalah bekerja sama dengan travel untuk menyediakan katering bagi penumpang. 

Jangan Sepelekan Kualitas Makanan dan Kebersihannya 

Mempertahankan pelanggan tentu penting demi omset yang mengalir stabil. Akan sia-sia jika telah memilih lokasi strategis sementara membiarkan pembeli datang dan tak kembali lagi. Kebersihan dan kualitas rasa makanan adalah dua kunci sukses bisnis warteg yang untuk mengubah pembeli menjadi pelanggan tetap. 

Kebersihan meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan pembeli, terutama setelah pandemi ini. Sementara kualitas rasa makanan adalah faktor yang membuat pembeli memilih wartegmu dibanding warteg lainnya.

Di antara banyak menu warteg, tambahkan satu dua menu yang menjadi ciri khas dengan cita rasa yang berkualitas. Ini akan memudahkan pembeli untuk mengingat wartegmu setiap kali mereka lapar. Contohnya menjual ayam geprek yang banyak digemari masyarakat.

Harga yang Terjangkau

Harga terjangkau tentu relatif antara mahasiswa, pegawai, atau pengendara. Ketahui harga kompetitor dan tentukan harga yang tidak terlalu berbeda namun tetap menutupi modal dan mendapat untung. 

Tentukan harga dasar nasi rames sebelum diberi lauk, beserta harga per takaran sendok untuk lauk tumisan atau sayur. Sementara daging seperti ayam atau ikan dihitung per potong. 

Pada saat tertentu, kamu juga bisa memberikan potongan harga pada pelanggan yang setia atau saat warteg pertama kali buka. Bagi pengusaha pemula, buatlah paket makanan dengan harga diskon sebagai strategi menarik pelanggan.

Pelayanan Gesit dan Ramah Buat Pelanggan Betah

Bayangkan jika seseorang sedang lapar dan harus menunggu lama? Tentu mood-nya akan memburuk. Melayani pelanggan dengan cepat akan sangat membantu saat jam makan siang. Terlebih mereka yang sedang istirahat banyak yang ingin melepas penat.

Menyambut pembeli dengan ramah akan memberikan kesan yang baik. Strategi gesit dan ramah adalah contoh dari penerapan customer service sebagai kunci bisnis warteg yang sukses. 

Membangun koneksi dengan pelanggan adalah tujuan dari pelayanan yang baik. Usaha tidak hanya mengenai transaksi namun menjalin hubungan lebih lama. Tak jarang beberapa pelanggan membutuhkan teman ngobrol saat makan. 

Kesempatan ini harus kamu ambil untuk mengenal masing-masing pelanggan. Ketika pelanggan nyaman, warteg kamu bisa jadi pilihan utama ketika mereka sulit mengambil keputusan untuk makan apa. 

Ketika pelanggan senang, mereka tidak akan sungkan mengajak lebih banyak rekan untuk ikut makan di wartegmu. 

Memiliki Manajemen Warteg yang Efisien

Berbelanja dan restock bahan, memasak, mencuci alat masak, membersihkan ruangan sebelum dan sesudah buka warung adalah kegiatan operasional rutin setiap hari. Jika manajemen setiap aktivitas tidak rapi dan efisien, tentu akan mengganggu performa jualan. Dan yang langsung terasa tentu akan sangat menguras energi. 

Manajemen warteg termasuk memiliki sistem restock yang stabil, sistem pengatur keuangan yang jelas, shift pegawai, jadwal libur, jadwal membuat menu baru, jadwal memasak, dan lainnya. 

Semuanya perlu terkoordinasi dengan baik agar lebih efisien. Contohnya koordinasi misalnya, pengatur keuangan memikirkan cara agar meningkatkan penjualan untuk membayar pegawai baru yang bertanggung jawab membuat minuman. 

Jangan biarkan pegawai mengerjakan banyak hal sekaligus tentu akan mengacaukan operasional. Pilih orang-orang yang bertanggung jawab untuk memasak, untuk kasir, untuk belanja dan sebagainya. Pegawai yang terlalu banyak diberi tanggung jawab secara langsung hanya akan meningkatkan human error pada operasional. 

Seorang pengusaha perlu senantiasa mengimplementasikan kelima kunci sukses bisnis warteg secara konsisten. Meski bagi pemula membangun usaha terlihat rumit, namun satu hal yang selalu membawa kesuksesan besar datang dari keyakinan dalam diri. Dengan menjamurnya bisnis warteg di seluruh Indonesia, tidak perlu khawatir dengan kegagalan. Sebab bisnis ini sangatlah menjanjikan.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis warteg kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Kunci Sukses Bisnis Warteg Untuk Pemula

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​