Home » Strategi-bisnis » Tips Agar Konsumen Menjadi Pelanggan Setia Dalam Bisnis Tutor Online

Tips Agar Konsumen Menjadi Pelanggan Setia Dalam Bisnis Tutor Online

Begini Trik Agar Konsumen Tutor Online Menjadi Pelanggan Setia

Jika kamu memiliki bakat untuk mengajar dan koneksi wifi yang stabil, bisnis tutor online bisa menjadi pilihan pekerjaan yang sangat cocok untukmu. Hal ini karena kamu bisa bekerja di mana saja, dari teras rumah atau  dari kedai kopi.

Tetapi seperti semua pekerjaan yang hebat dan mencapai sweet spot tentu membutuhkan waktu, usaha, dan pemikiran strategis!   

Saat kamu baru memulai, sepertinya kamu tidak akan mendapatkan cukup banyak siswa untuk menjadikan bisnis tutor online sebagai pekerjaan penuh waktu kamu. Namun – jangan panik! Simak tips konsumen menjadi pelanggan setia di bawah ini.

Tips konsumen menjadi pelanggan setia untuk Bisnis Tutor Online

Membuat Iklan Untuk Mencari Siswa Online

Membuat iklan baris gratis adalah cara yang efektif untuk menarik perhatian calon siswa. Kamu dapat menemukan banyak situs web gratis secara online. Prinsipnya sederhana:

  • Deskripsi singkat dan singkat tentang portofolio dan layanan kamu, seperti les matematika, les fisika, atau kelas bahasa Inggris, dll.
  • Beberapa informasi tentang portofolio kamu, layanan kamu, teknologi, alat, dan platform media sosial yang kamu gunakan untuk tutorial online seperti Skype, Google meet atau Zoom, dll.
  • Sebutkan prasyarat yang siswa perlukan untuk bergabung dengan kelas kamu seperti browser berbasis flash player, mikrofon, perekam layar, dll.
  • Harga layanan, alamat email, alamat situs web, informasi kontak, dll.

Sekarang, siswa yang tertarik akan menghubungi kamu melalui situs web kamu atau informasi kontak lainnya. Juga, perhatikan bahwa banyak dari situs web ini berbasis lokal, jadi terserah kamu untuk memilih radius jangkauan pelayanan kamu di kota, negara bagian, dll. Sebagai tutor online, kamu memiliki keuntungan untuk terhubung dengan beberapa area lain di dunia.

Tulis Deskripsi Profesional Bisnis kamu

Tips konsumen menjadi pelanggan setia adalah dengan deskripsi bisnis. Deskripsi bisnis ada untuk memperkenalkan tujuan dan kemungkinan kepada calon investor, mitra, dan yang paling penting, klien. Administrasi Bisnis Kecil AS menyarankan untuk merinci masalah yang dapat kamu selesaikan, membuat daftar pelanggan/organisasi tertentu yang kamu layani, dan menjelaskan keunggulan kompetitif yang menjadi diferensiasi dari bisnis kamu.

Di bawah aturan umum, les privat skala kecil juga dapat mengambil manfaat dari menambahkan sentuhan pribadi dan menampilkan sertifikat les kamu, pengalaman masa lalu, testimoni klien, dan kasus yang berhasil. Di halaman tentang bisnis bimbingan belajar bahasanya, Natasha Saed memperkenalkan agensinya mengikuti struktur di bawah ini.

  • Siapa: menyoroti pengalaman belajar bahasa, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja.
  • Apa: bahasa dan level yang diajarkan, serta keseluruhan proses konsultasi dan pembelajaran 
  • Apa yang Mereka Katakan: testimonial
  • Di mana dan Kapan: ketersediaan, opsi di tempat, dan tarif yang sesuai

Memang, situs kerja di seluruh dunia, memperingatkan bahwa lamanya deskripsi bisnis bervariasi tergantung di mana itu diterapkan. Siapkan elevator pitch satu kalimat untuk memperkenalkan bisnis kamu dalam percakapan..

Mulailah dengan Ketersediaan Sebanyak Mungkin

Salah satu daya tarik terbesar dari bimbingan belajar online adalah kamu dapat mengatur jadwal kamu sendiri: tidak ada lagi jam 7 pagi, tidak ada lagi pekerjaan akhir pekan, tidak ada shift malam. Mungkin itu salah satu alasan kamu mulai melakukan ini sejak awal! Namun, pada awalnya, ada baiknya kamu menambahkan sebanyak mungkin slot waktu mengajar yang tersedia. kamu dapat mengubah ketersediaan kamu di situs kapan saja, jadi setelah kamu mendapatkan beberapa ulasan bagus dan reputasi yang mapan, kamu dapat beralih ke jadwal impian itu dan masih berharap untuk menarik klien baru.

Publikasikan Iklan-Iklan Direktori Bimbingan Belajar

Iklan adalah tips konsumen menjadi pelanggan setia yang langsung menjangkau calon pelanggan. Tracy Yun, Pendiri dan CEO Manhattan Elite Prep, dan Daniel Blinka, penulis dan editor, menguraikan bahwa untuk iklan baris, “kamu perlu menulis judul, meringkas kualifikasi kamu, menyatakan tarif kamu, dan memberikan informasi kontak kamu”. Untuk meningkatkan efektivitas iklan kamu, Yun dan Blinka mengedepankan beberapa saran yang mudah diikuti, termasuk 

  • Pastikan iklan kamu memiliki judul yang bagus. Coba gunakan judul yang mirip dengan yang kamu gunakan untuk pamflet kamu.
  • Jauhkan iklan baris kamu singkat. Berikan hanya detail penting. kamu mungkin harus membayar untuk iklan yang lebih panjang saat memposting secara online.
  • Sertakan foto diri kamu atau adegan les yang menarik.

Bekerjasama dengan Bisnis Tutor Online Kecil dan Sekolah Lokal

Bekerja sama dengan pesaing kamu dapat saling menguntungkan jika dilakukan dengan benar. Misalnya, kamu dapat menawarkan layanan paruh waktu di pusat bimbingan belajar lokal, yang mungkin dengan biaya lebih rendah tetapi merupakan peluang besar untuk mempertajam keterampilan mengajar kamu dan memasarkan diri kamu sendiri.

Shawn Manaher, Pendiri dan CEO Ignite Marketing, menekankan bahwa sekolah adalah tempat terbaik untuk mengiklankan layanan bimbingan belajar kamu. Jika kamu menawarkan kelas online atau persiapan ujian, maka pelayanan ini akan sangat berguna bagi sekolah setempat, kamu dapat mencoba menghubungi kantor depan untuk memasang pamflet di papan buletin atau mendapatkan penyebutan cepat di buletin email sekolah berikutnya. Demikian pula, dengan persetujuan dari admin, posting di komunitas online atau grup media sosial sekolah tertentu menawarkan akses langsung ke pelanggan target kamu.

Terhubung dengan Lebih Banyak Siswa melalui SEO

Search Engine Optimization (SEO) mungkin terdengar menantang secara teknis bagi pemula, tetapi jangan terintimidasi. Tips konsumen menjadi pelanggan setia melalui SEO dengan menemukan kata kunci kamu. Seperti yang dikatakan Andre Klein, seorang guru bahasa selama lebih dari 15 tahun, “gunakan kata dan frasa yang tepat untuk konten kamu di tempat yang tepat”.

Jika halaman kamu tetap terkubur di bawah hasil pencarian lain, cobalah kombinasi frasa atau kata kunci yang berbeda dan teliti secara online apa yang dapat kamu lakukan dari perspektif teknis. 

Google Keyword Planner, Google Trends, dan semrush akan membantu kamu mengidentifikasi popularitas dan persaingan kata kunci tertentu di wilayah tertentu. Klein menyarankan untuk mencari kata kunci “ekor panjang”, kata kunci yang sangat relevan dengan layanan kamu dengan persaingan rendah.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis tutor online kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Tips Agar Konsumen Menjadi Pelanggan Setia Dalam Bisnis Tutor Online

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​