Home » Strategi-bisnis » 5 Trik Raup Ulasan Positif Konsumen di Bisnis Wisata

5 Trik Raup Ulasan Positif Konsumen di Bisnis Wisata

5 Trik Raup Ulasan Positif Konsumen di Bisnis Wisata

Bagaimana caranya mendapatkan banyak ulasan positif dari konsumen pada bisnis wisata?

Strategi mendapatkan ulasan atau review positif dari konsumen untuk sebuah bisnis merupakan salah satu hal yang cukup penting, termasuk pada bisnis jasa seperti bisnis wisata.

Bagaimana tidak? Saat ini ulasan menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam mendongkrak perkembangan suatu bisnis. Karena itu, tidak heran jika topik yang satu ini banyak dicari.

Ulasan, komentar, atau review merupakan bentuk pernyataan yang diberikan oleh konsumen pada suatu bisnis, atas produk atau jasa yang telah mereka gunakan; dalam hal ini kepuasan mereka terhadap produk wisata yang telah mereka kunjungi.

Ulasan ini bisa berupa pernyataan positif atau negatif, tergantung dari bagaimana kesan yang mereka dapatkan dari tempat wisata tersebut.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengumpulkan banyak ulasan positif pada sebuah bisnis wisata?


5 Cara Mendapatkan Ulasan Positif dari Konsumen di Bisnis Wisata

Mendengar adanya ulasan positif dan negatif, tentu yang ingin bisnismu perjuangkan adalah bagaimana caranya untuk mendapatkan banyak ulasan positif.

Pasalnya, ulasan inilah yang bisa meningkatkan kredibilitas dan popularitas dari bisnis pariwisata milikmu.

Nah, berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan banyak ulasan positif dari para konsumen di bisnis wisata.

Yuk, disimak!


1. Memberikan layanan terbaik

Dalam menjalankan sebuah bisnis wisata, memberikan pelayanan yang baik merupakan salah satu hal yang memberikan dampak yang cukup besar pada kepuasan konsumen.

Sebagus apapun tempat wisata yang bisnismu kelola, jika pelayanannya kurang memuaskan, maka konsumen akan sungkan untuk datang kembali.

Pastikan setiap karyawan yang mengurus tempat wisata bersikap ramah, sopan, dan santun pada setiap konsumen atau turis yang datang.

Selain itu, usahakan agar setiap karyawan tidak sungkan dan selalu berinisiatif untuk membantu konsumen.

Contohnya yaitu, menunjukan arah kamar mandi, memberitahu lokasi penginapan terdekat, memberikan rekomendasi lokasi wisata terbaik, dan hal-hal lain yang tidak diketahui oleh konsumen atau wisatawan.

Selain itu, tempat wisata yang bersih juga merupakan bentuk pelayanan yang baik.

Usahakan untuk selalu membersihkan sampah yang selalu muncul. Pasalnya, selalu saja ada konsumen yang memiliki kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan.


2. Meningkatkan kinerja proses booking

Untuk mendapatkan ulasan positif dari konsumen, bisnismu harus memaksimalkan kinerja layanan pemesanan tiket atau booking berbagai hal lainnya.

Hal ini bisa membuat konsumen lebih mudah untuk mendapatkan tiket lebih awal agar tidak kehabisan.

Kamu bisa bekerja sama dengan beberapa platform pemesanan tiket yang saat ini sudah banyak beredar.

Dengan adanya kerja sama tersebut, kamu bisa meminimalisir kekecewaan konsumen karena kehabisan tiket saat sudah sampai di tempat wisata.

Tentunya ini bisa memberikan ulasan negatif pada bisnis wisatamu.

Karena itu, kamu bisa menggunakan beberapa platform seperti Traveloka, Agoda, PegiPegi, Tiket.com, dan lain sebagainya.

Manfaatkanlah kehadiran berbagai platform tersebut secara optimal, agar konsumen bisa memesan tiket, atau melakukan booking kapan saja dengan mudah.


3. Menetapkan harga yang kompetitif

Harga selalu menjadi salah satu pertimbangan seseorang sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, termasuk pada saat hendak pergi untuk berwisata.

Karena itu, menetapkan harga tiket yang kompetitif merupakan salah satu strategi mendapat ulasan positif dari konsumen untuk bisnis wisata.

Harga seharusnya dapat mencerminkan fasilitas yang diberikan kepada para konsumen, serta kelompok konsumen lain yang menjadi target pasarmu.

Oleh sebab itu, pastikan harga yang kamu tetapkan sudah sesuai dengan fasilitas yang bisnismu sediakan.

Hindari mematok harga terlalu tinggi apabila fasilitas yang disediakan masih sederhana dan belum begitu lengkap. Hal ini bisa menyebabkan tempat wisata tersebut sepi pengunjung.

Begitu juga saat kamu sudah melengkapi tempat wisata dengan fasilitas yang baik, jangan memasang harga yang terlalu rendah karena berpotensi menyebabkan kerugian.

Perhitungkan secara akurat biaya perawatan fasilitas yang harus dikeluarkan, dengan pemasukan yang kamu dapatkan. Hindari kondisi lebih besar pasak daripada tiang.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan survei harga dari para kompetitor bisnis wisata yang sama.


4. Mengadakan promo & program potongan harga

Siapa yang tidak suka dengan promo & potongan harga?

Konsumen biasanya sangat suka dengan yang namanya program promo & potongan harga.

Oleh karena itu, kamu bisa membuat skema potongan harga untuk menarik ulasan positif dari para konsumen.

Sebagai contoh, kamu bisa membuat potongan harga tiket bagi konsumen yang memiliki tanggal lahir di bulan tertentu sebagai daya tarik.

Selain itu, jika tempat wisata tersebut memiliki penginapan, kamu bisa memberikan kupon potongan harga menginap bagi konsumen yang baru pertama kali menginap di sana.

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan membuat program membership.

Hal ini memang jarang dilakukan oleh pemilik bisnis wisata, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan strategi ini.

Pasalnya, dalam beberapa sektor bisnis, cara ini cukup ampuh untuk mendatangkan ulasan positif dari para konsumennya.


5. Menjalin kerja sama dengan pihak eksternal

Untuk menunjang pemasaran dan mendapatkan tambahan review positif, kamu juga bisa menjalin kemitraan dengan pengusaha setempat.

Misalnya, kamu bisa berkolaborasi dengan pemilik restoran, penginapan, toko souvenir, atau tempat wisata lain yang membuat konsumen memiliki opsi yang lebih banyak.

Kamu harus memahami bahwa sektor bisnis wisata tidak dapat berdiri sendiri.

Bisnis ini membutuhkan kolaborasi dengan beberapa jenis bisnis lain, agar bisa berkembang dan mendapat banyak ulasan positif.

Dengan membangun kerja sama & networking, kamu memiliki peluang untuk tumbuh bersama, dengan cara saling mempromosikan bisnis masing-masing.

Selain menjalin kerja sama dengan bisnis lain, kamu juga bisa membangun relasi dengan para influencer, blogger, travel vlogger, travel agent, fotografer, dan sebagainya.

Cara ini juga cukup ampuh untuk menarik ulasan positif dari para konsumen yang menggunakan jasa bisnismu.


Yuk, Mulai Kumpulkan Ulasan Positif untuk Bisnis Wisata!

Itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan banyak ulasan atau review positif dari para konsumen di bisnis wisata.

Mulai dari memberikan layanan yang terbaik, meningkatkan kinerja proses booking & pembelian tiket, menetapkan harga yang kompetitif, secara berkala mengadakan program promo, serta aktif berkolaborasi dengan pihak eksternal

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Trik Raup Ulasan Positif Konsumen di Bisnis Wisata

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​