Home » Blog » Investasi & Keuangan Pribadi » 22 Film tentang Saham Terbaik yang Masih Rekomen Ditonton di 2022

22 Film tentang Saham Terbaik yang Masih Rekomen Ditonton di 2022

·
7 menit
rekomendasi film tentang saham

Investasi dengan bermain saham menjadi salah satu pilihan yang diminati oleh masyarakat modern saat ini.

Bermain saham tidaklah semudah yang orang-orang pikir, bisa saja saham kamu melesat jauh, atau bahkan anjlok turun.

Kamu yang tertarik bisa belajar dari mana saja, seperti pengalaman orang lain, buku, bahkan film.

Berikut adalah 20 film tentang saham terbaik yang untuk ditonton di 2022.


Trading Places (1983)

Trading Places (1983)

Mengambil kisah tentang dua pedagang dari Philadelphia, Randolph dan Mortimer yang bereksperimen kepada karyawannya dari kalangan bangsawan dan seorang penipu dengan struktur sosial rendah.

Film ini dibintangi oleh Ralph Bellamy, Don Ameche, Dan Aykroyd, Eddie Murphy, dan disutradarai oleh John Landis.


Wall Street (1987)

Wall Street (1987)

Kisah Wall Street membahas tentang Bud Fox yang berambisi untuk sukses dengan cepat. Fox kemudian melakukan apapun supaya dirinya dapat mencapai puncak kesuksesan. Namun, kesuksesan ini didapatkan dengan cara-cara yang ilegal.

Film ini dibintangi oleh Charlie Sheen dan Michael Douglas.


Glengarry Glen Ross (1992)

Glengarry Ross bercerita tentang para agen real estate. Film berfokus pada psikologi salesman yang gemar berbohong dengan tujuan supaya properti dalam daftar cepat terjual.

Film ini sukses dengan dibintangi oleh Al Pacino pada tahun tersebut, hingga dibuat remake-nya pada tahun 2012 meski tidak sesukses film sebelumnya.

Barbarians at the Gate (1993)

Diadaptasi dari buku karangan Bryan Burrough dan John Heylar, film ini menceritakan tentang Ross Johnson yang merupakan seorang CEO pada perusahaan tertentu.

Dari film ini, Kamu akan mengenal tentang leveraged buyout (pembelian terutang) dan dampaknya bagi perusahaan, pemegang saham, dan karyawan.


Rogue Trader (1999)

Rogue trade diangkat dari kisah nyata Nick Leeson, mengenai bursa derivatif yang dijalankan oleh manajer muda di yang berada di Singapura.

Di tangan Leeson inilah kemudian bank tertua di Inggris mengalami kerugian miliaran dolar Amerika. Bagi Kamu yang tertarik dengan bisnis forex bisa menonton film ini.


Boiler Room (2000)

Boiler Room menceritakan kisah tentang Seth, seorang mahasiswa drop out yang berusaha mencapai standar yang diterapkan Ayahnya.

Seth menjadi seorang pialang saham yang bekerja pada sebuah perusahaan investasi. Seth termotivasi oleh Jay yang merupakan pialang sukses namun melakukan upayanya dengan cara yang tidak sehat.


Enron The Smartest Guy in Room (2005)

film tentang saham Enron The Smartest Guy in Room tahun 2005

Film ini membahas tentang perusahaan Enron, dalam hal ini CEO-nya yaitu Kenneth Lay. Lay terlibat dalam kasus karena perdagangannya yang tidak sehat.

Skandal yang terjadi pada Lay tersebut kemudian membuatnya digantikan oleh CEO yang baru.

CEO baru ini kemudian melakukan cara-cara licik yang menyebabkan perusahaan untung banyak, dengan memanipulasi angka saham mereka.

Cara licik tersebut kemudian dibongkar oleh jurnalis yang mempertanyakan tentang laporan keuangan yang tidak masuk akal.


The Pursuit of Happyness (2006)

Film ini diangkat dari kisah nyata Chris Gardner yang menulis autobiografinya dan kemudian difilmkan.

Kisah hidup Gardner tidak mulus dan cenderung hidup dalam kesulitan yang nyata. Suatu ketika Gardner dan anaknya diusir dari rumah sewa mereka karena tidak bisa membayar sewa.

Akhirnya mereka tinggal di panti untuk tunawisma. Kisah hidup yang sulit tersebut terbayar lunas dengan akhir bahagia dan kesuksesan Gardner.


The Ascent of Money (2008)

Niall Ferguson mencoba mencari tahu tentang sejarah uang, tentang bagaimana uang tersebut kemudian bisa menjadi alat pertukaran dengan barang dan jasa lainnya.

Film ini akan memberikan perspektif baru pada kita tentang bagaimana masyarakat modern bersikap dan bertindak.


Capitalism (2009)

Capitalism akan menguak tentang kejadian penipuan pasar saham nyata yang terjadi pada tahun 2008 di Amerika.

Setelah adanya krisis moneter 2007, semua orang mati-matian untuk berinvestasi pada saham China dan berkolaborasi dengan perusahaan investasi Amerika.

Padahal, perusahaan China tersebut merupakan scam companies yang tidak memiliki pengalaman dalam hal bisnis.


Inside Job (2010)

Inside job merupakan film dokumenter yang berkisah mengenai krisis keuangan pada tahun 2008 yang membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan mereka akibat adanya kasus korupsi sistematis di Amerika Serikat.

Film berfokus pada penyebab terjadinya krisis ke dalam 5 bagian waktu dan bisa membantu Kamu belajar tentang regulasi keuangan secara global.


Chasing Madoff (2010)

Diadaptasi dari buku berjudul “No One Would Listen” karangan Harry Markopolos, film ini bercerita tentang Madoff dan kesulitan yang dihadapi nya untuk mendapatkan komisi sekuritas dan bursa Amerika Serikat.

Kamu harus menonton film ini untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh suatu perusahaan yang memanfaatkan lazy money.


Too Big To Fail (2011)

Masih dalam latar krisis moneter 2008, film Too Big Too Fail menceritakan tentang perusahaan-perusahaan keuangan besar yang turut berpengaruh terhadap terjadinya krisis keuangan.

Film dokumenter ini diadaptasi dari buku dengan judul sama karya Andrew Ross Sorkin.


Margin Call (2011)

Margin Call menceritakan tentang apa yang terjadi ketika suatu perusahaan memiliki terlalu banyak hutang yang tidak bisa dibayarkan.

Margin Call berasal dari kisah nyata krisis keuangan yang terjadi pada tahun 2008. Film ini dibintangi oleh Kevin Spacey, Jeremy Irons, dan Paul Bettany.


Arbitrage (2012)

Kategori drama kriminal datang dari Arbitrage yang menceritakan manager keuangan Robert Miller, dengan segala tindakan buruk yang dapat mengancamnya masuk penjara.

Kamu akan belajar mengenai manajemen hedge fund (dana lindung nilai) dari film ini Film ini dibintangi oleh Richard Gere.


The Wolf of Wall Street (2013)

Film ini dibintangi oleh aktor papan atas Leonardo DiCaprio, Margot Robbie, dan Jonah Hill. Film ini menggambarkan kisah nyata yang terjadi dari Jordan Belfort, pialang saham yang sukses dalam waktu singkat.

Namun, kesuksesan Belfort nyatanya harus dibayar dengan mahal akibat kasus korupsi dan penipuan yang terjadi di perusahaan miliknya, Stratton Oakmont yang berlokasi di New York.


The Big Short (2015)

Selanjutnya adalah film dengan judul The Big Short yang diangkat dari novel dengan judul The Big Short: Inside the Doomsday Machine buatan Michael Lewis. Film ini dibintangi oleh Christian Bale, Ryan Gosling, Brad Pitt, dan Steve Carell.

Film ini menceritakan kisah beberapa trader cerdas yang memiliki strategi lebih awal dibanding orang lain sehingga mereka bisa bertahan di tengah-tengah krisis moneter yang terjadi.


Becoming Warren Buffet (2017)

Siapa yang tidak kenal Warren Buffet? Salah satu ikon trader terkenal ini perlu Kamu ketahui jalan suksesnya dengan menonton film tersebut.

Film dokumenter ini akan membawa kita pada kisah hidup Warren Buffet, baik pada karir maupun kehidupan pribadinya yang menyenangkan.


The China Hustle (2017)

Film dokumenter ini berkisah tentang para investor di Amerika yang ingin mengambil keuntungan dari pertumbuhan tinggi di China.

Film ini akan menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan di China (legal maupun ilegal) akan menemukan cara untuk melewati aturan bursa saham Amerika saat masih terdaftar.


Banking on Bitcoin (2017)

Selanjutnya ada film dokumenter tentang sejarah dan wawancara dengan para pegiat Bitcoin dan juga BlockChain yang bisa Kamu tonton.

Kamu yang tertarik dengan digital money ini bisa menonton film ini dan mendapatkan banyak pelajaran untuk memulai investasi pada bidang tersebut.


Money Monster (2016)

Film ini berkisah tentang seorang pembaca acara di TV keuangan yang sering memberikan konsultasi kepada penontonnya tentang investasi dan keuangan juga pasar saham di New York bernama Money Monster.

Tapi, kemudian sang pembawa acara yaitu Lee Gates (diperankan oleh George Clooney) bersama produsernya mengalami situasi ekstrim ketika ada seorang investor yang marah dan menyandra mereka serta para kru.

Selain George Clooney, film bergenre drama aksi ini dibintangi juga oleh Jack O’Connell, Julia Roberts , Giancarlo Esposito, Dominic West dan Caitriona Balfe.


Baazaar (2018)

Terinspirasi dari film Wall Street (1987) film india yang mengisahkan tentang seorang pemuda ambisius dan juga serakah.

Dia pindah ke Mumbai yang merupakan kota besar di India untuk menjadi pedagang saham bagi seorang pengusaha terkenal.

Film Bollywoord bergenre Thriller ini berlatar belakang uang, kekuasaan dan juga bisnis di pasar saham.

Dibintangi oleh aktor dan aktris terkenal India seperti Saif Ali Khan dan Radhika Apte, film ini sangat populer di India bahkan, memiliki rating yang tinggi.


Nah itulah 22 film terbaik tentang saham yang bisa kamu tonton di waktu luang.

Kamu bisa mengambil hal-hal baik tentang keuangan dan investasi saham dalam film-film di atas untuk dipelajari.

Selain melalui film, kamu pun dapat mempelajari investasi saham secara fundamentalnya dengan mendanai di KoinP2P dari KoinWorks, karena prosesnya sama.

Bahkan, kamu bisa mendapatkan imbal hasil efektif hingga 18% per tahunnya.

Jika ingin mendapatkan imbal hasil terprediksi hingga 14% per tahun, kamu dapat mendanai secara otomatis di KoinRobo.

Simulasi Pendanaan KoinWorks
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
Ketahui profil risiko investasi Anda
Profil Risiko

Berdasarkan hasil profiling kami, maka risiko investasi yang cocok untuk Anda adalah dengan imbal hasil hingga .

Jumlah dan Jangka Waktu Investasi

Masukkan jumlah dan jangka waktu pendanaan untuk mensimulasikan diversifikasi dan imbal hasil yang akan kamu dapat.

Rp ,00
Rp ,00
Perkenalkan diri Anda

Kami akan memberikan informasi mengenai promo KoinWorks setiap bulannya ke email Anda.

+62
Rekomendasi Diversifikasi

Dengan modal awal Rp dan tambahan Rp tiap bulan, maka rekomendasi diversifikasimu adalah sebagai berikut:

Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:
Dana awal:
Tiap bulan:

Dengan imbal hasil sebesar per tahun, setelah tahun maka perkiraan pengembalian uangmu adalah sebagai berikut

Rp,-

Mulai Mendanai

Mulai lakukan pendanaan di aplikasi KoinWorks sekarang dan dapatkan gratis KOIN (dana percobaan) sebesar Rp350.000,- untuk Anda gunakan di KoinP2P

Install Aplikasi KoinWorks

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​