Peluang Bisnis Vending Machine di Indonesia, Cuan Abis!

peluang bisnis vending machine

Lagi cari peluang bisnis baru? Kalau iya, peluang bisnis vending machine bisa jadi pilihan kamu, lho. 

Mesin penjual otomatis atau vending machine adalah bisnis yang cukup potensial karena menawarkan kemudahan dan kenyamanan pembeli dalam membeli produk tanpa harus menunggu antrian. 

Sementara bagi pemilik bisnis, vending machine membuat lebih hemat pengeluaran karena tidak perlu menggaji karyawan

Mengingat belum banyak vending machine di Indonesia, peluang bisnis yang satu ini patut kamu pertimbangkan, Sobat KoinWorks. 

Untuk itu, KoinWorks telah merangkum informasi lengkap seputar bisnis vending machine untuk kamu yang tertarik dengan bisnis yang satu ini. 

Yuk, simak!


Apa itu Vending Machine?

Vending machine adalah mesin yang dirancang otomatis untuk menjual produk atau layanan secara otomatis tanpa adanya interaksi langsung antara penjual dan pembeli. 

Di Indonesia sendiri, mesin ini mulai banyak ditemukan pada berbagai lokasi, seperti pusat perbelanjaan, bandara, stasiun, kampus, kantor, dan tempat umum lainnya. 

Melansir dari Okezone.com, London merupakan negara yang pertama kali memperkenalkan vending machine tepatnya pada tahun 1883. Alat tersebut menyediakan keperluan benda pos, seperti kartu pos, amplop, dan catatan yang bisa dibeli dengan menggunakan koin. 

Meski menjadi negara yang memperkenalkan vending machine, ternyata negara yang memiliki terbanyak vending machine adalah Jepang, lho. Berdasarkan data dari Validnews.id, di tahun 2023 jumlah vending machine yang terpasang di Jepang telah mencapai sekitar 4 juta mesin di mana 2 juta di antaranya merupakan vending machine minuman.  

Jadi, tak usah heran saat kamu menyambangi negara yang satu ini banyak vending machine yang tersedia hingga pelosok Jepang. 

Bukan tidak mungkin jika beberapa tahun ke depan vending machine akan menjadi hal yang lumrah di Indonesia. 

Apabila hal tersebut benar-benar terjadi, tentu saja membuka bisnis vending machine sekarang ini akan membuat kamu selangkah lebih maju. 


Contoh Peluang Bisnis Vending Machine di Indonesia

Tak sekedar menjual makanan dan minuman, dewasa ini produk atau layanan yang dijual vending machine mulai beragam.

Berikut adalah beberapa hal yang dijual oleh vending machine luar negeri. Siapa tahu kamu berminat untuk menjual produk atau layanan yang sama di Indonesia.


1. Vending Machine Makanan Ringan

Ide peluang bisnis vending machine di Indonesia pertama yang patut kamu coba adalah vending machine makanan ringan

Seperti namanya, mesin ini menyajikan beberapa makanan ringan yang disusun sedemikian rupa sehingga menarik minat konsumen untuk mengganjal perutnya. 

Tak dapat dipungkiri bahwa pandemi membuat beberapa orang mulai terbiasa dengan kontak terbatas antarmanusia. Maka dari itu, membuka vending machine bisa sangat berpeluang cuan buat kamu. 

Soal lokasi, cobalah untuk menempatkan vending machine di tempat-tempat umum, seperti stasiun, bandara, kampus, kantor, pusat perbelanjaan, dan lainnya.


2. Vending Machine Perlengkapan Kantor

Vending machine perlengkapan kantor agaknya bisa menjadi ide yang menarik buat kamu khususnya di lingkungan perkantoran atau gedung-gedung pemerintahan. 

Meskipun sekarang zamannya paperless, kebutuhan akan perlengkapan kantor, seperti pena, kertas, kartu nama, tinta printer, dan lain sebagainya masih dibutuhkan.


3. Vending Machine Produk Kecantikan

Peluang bisnis vending machine produk kecantikan juga patut kamu pertimbangkan. 

Mengapa?

Industri kecantikan kini kian berkembang. Tak sedikit produk kecantikan lokal berkualitas yang bermunculan dan digandrungi oleh kaum hawa. 

Nah, untuk mendekatkan produk tersebut ke konsumen, vending machine bisa menjadi solusinya. 

Di Indonesia sendiri, terdapat brand kosmetik yang mulai menjual produknya melalui vending machine, seperti brand Rollover Reaction dan SYCA.

Tak perlu takut kalah saing dengan pemilik brand, meskipun tidak memiliki brand kecantikan peluang bisnis vending machine masih terbuka untuk kamu, lho. Justru dengan tidak memiliki brand kosmetik kamu bisa membuat vending machine kamu tampak lebih variatif dan menarik konsumen. 

Gimana? Berani coba?


4. Vending Machine Mainan Anak

Untuk membangun bisnis vending machine mainan anak, cobalah untuk menempatkan mesin di tempat-tempat umum yang banyak dilalui anak-anak, seperti pusat perbelanjaan, taman bermain, atau area hiburan anak. 

Vending machine mainan anak adalah cara yang cukup menarik untuk memberikan hiburan bagi anak-anak saat keluar bersama keluarga sembari menunggu orang tuanya berbelanja.

Menarik, bukan?


5. Vending Machine Obat

Contoh bisnis vending machine yang bisa kamu coba selanjutnya adalah vending machine obat. 

Sesuai namanya, mesin penjual otomatis ini digunakan untuk memasok obat-obatan tertentu kepada konsumen. Biasanya, mesin ini terletak di rumah sakit, apotek, atau pusat kesehatan. 

Soal obat yang dijual, biasanya vending machine obat menyediakan obat yang bisa dibeli tanpa resep dokter, seperti obat demam, flu, sakit kepala, dan lain-lain. 

Vending machine obat tentu sangat membantu mempercepat proses mendapatkan obat-obatan yang diperlukan konsumen. Namun, perlu diingat bahwa vending machine obat tidak dapat menggantikan peran dokter atau apoteker dalam memberikan saran kesehatan atau pengobatan yang tepat, ya.


6. Vending Machine Sepatu

Sepatu kamu mendadak rusak di jalan?

Tenang, vending machine sepatu bisa menjadi solusi!

Yap. Selain contoh di atas, di Amerika Serikat dan Kanada terdapat bisnis vending machine sepatu, lho. 

Selain bisa mengatasi keadaan darurat, vending machine ini juga membantu orang-orang yang mendadak butuh alas kaki baru tanpa harus mengunjungi toko sepatu, lho. 

Soal jenis sepatu yang dijual, sesuaikan dengan target pasar kamu. Misalnya pria, wanita, atau bahkan keduanya. 

Selain itu, untuk menawarkan vending machine yang satu ini penting bagi kamu untuk selalu memastikan ukuran dan kenyamanan sepatu dalam vending machine untuk menghindari kekecewaan konsumen.


7. Vending Machine Seafood

Contoh vending machine yang bisa kamu coba yang terakhir adalah vending machine seafood. 

Terdengar aneh memang, tapi vending machine seafood ini benar-benar ada di China, lho, Sobat KoinWorks. 

Vending machine ini menjual beberapa jenis produk seafood, seperti ikan, udang, kepiting, hingga kerang. 

Selain seafood segar, ada pula vending machine seafood yang menjual makanan siap saji, seperti sushi dan sashimi. 

Tak perlu takut kualitas seafood akan rusak, vending machine khusus seafood biasanya dilengkapi dengan suhu yang bisa dikontrol untuk menjaga kualitas dan kesegaran produk. 

Tertarik dengan ide vending machine yang satu ini?


Selain ide, modal usaha juga tak kalah penting sebelum mencoba peluang bisnis vending machine di Indonesia. 

Bagi kamu yang masih kekurangan modal usaha, mengajukan pinjaman bisnis dari KoinBisnis bisa jadi pilihan kamu, lho.

KoinBisnis juga berbunga rendah! Cuma 0,75%-1,67% saja per tahun!

Informasi lebih lanjut mengenai KoinBisnis bisa kamu pelajari dengan klik button di bawah ini, ya!

Kunjungi KoinBisnis!

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.