Home » Blog » Bisnis & UKM » Tips Membuat Bisnis Roti Bakar yang Bakal Jadi Favorit

Tips Membuat Bisnis Roti Bakar yang Bakal Jadi Favorit

·
4 menit
tips memulai usaha roti bakar

Untuk kamu yang ingin mendapatkan kesuksesan dengan cara yang singkat, memulai usaha roti bakar Bisa jadi pilihan bisnis terbaik untuk kamu geluti. Bisnis roti bakar merupakan salah satu bisnis yang cukup kekinian.

Hal inilah yang membuat bisnis roti bakar sangat cocok untuk mendapatkan perhatian untuk merek dagang yang akan kamu pasarkan. Akan tetapi meski kamu akan memulai bisnis roti bakar yang cukup kekinian, pastikan kamu mengetahui beberapa hal penting dalam membangun bisnis roti bakar ini. Hal penting ini antara lain adalah :

Tentukan pangsa pasar kamu

Saat kamu akan memulai bisnis, kamu harus menentukan pangsa pasar kamu terlebih dahulu. Menentukan pangsa pasar yang sangat penting untuk desain seluruh aspek bisnis kamu. Mulai dari kemasan, logo, banner, image bisnis, hingga keseluruhan produk yang akan kamu buat.

Jika kamu akan memulai bisnis roti bakar kamu dengan kecil-kecilan, kamu bisa membuat stand terlebih dahulu. Jika bisnis kamu berkembang, maka kamu bisa membuat skala bisnis yang lebih besar seperti pembuatan kafe roti bakar, dan format bisnis lainnya.

Jika kamu memang menyasar pangsa pasar menengah ke atas, maka langsung membuka bisnis dengan model cafe atau kedai bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu yang menyasar pangsa pasar atas kamu harus memperhatikan aspek artistik baik kemasan lampu desain cafe kamu.

Kamu harus ingat, membuat bisnis yang langsung besar bisa membantu kamu untuk mendapatkan keuntungan lebih stabil. Akan tetapi ada kekurangan juga, yaitu risiko yang lebih besar dan juga modal yang lebih besar.


Tentukan gaya roti bakar yang ingin kamu buat

tips roti bakar kekinian

Selanjutnya yang sangat penting untuk diperhatikan adalah gaya bakar yang akan kamu tawarkan. Saat ini ada banyak sekali jenis atau gaya usaha roti bakar yang bisa kamu usahakan. Mulai dari roti bakar dengan gaya tradisional hingga roti bakar dengan gaya kekinian.

Model roti bakar yang dibuat dengan gaya tradisional biasanya akan menggunakan roti tawar yang sudah jadi dan diisi dengan selai atau isian yang bervariasi. Sedangkan roti bakar yang dibuat dengan gaya kekinian umumnya akan menggunakan tipe roti yang lebih tebal dengan isian yang berlimpah.

Isian dari roti bakar kekinian biasanya juga bukan bergenre manis, tapi berupa isian yang akan membuat rasanya menjadi gurih. Contohnya adalah telur, sayuran dan masih banyak lagi yang lainnya.

Memilih jenis roti bakar yang akan dibuat ini nantinya juga akan menentukan bagaimana biaya pemasaran yang paling tepat untuk pemasaran produk roti bakar jangan kamu usahakan. Jika kamu ingin hits, maka isian roti bakar harus dibuat dengan banyak variasi. Jumlahnya juga diusahakan banyak untuk menarik lebih banyak perhatian.


Pilih bahan yang berkualitas

Hal selanjutnya tidak boleh melupakan saat akan membuat bisnis roti bakar adalah pilihan bahan yang akan kamu gunakan. Baik roti bakar dengan gaya tradisional maupun gaya kekinian, pastikan bahan yang akan kamu gunakan hanyalah bahan-bahan yang berkualitas.

Kualitas dari bahan baku yang akan kamu gunakan ini dapat berpengaruh pada banyak aspek. Membuat produk dengan kualitas bahan yang baik akan membantu rasa roti bakar kamu lebih enak.

Selain digunakan untuk memberikan rasa yang enak, menggunakan bahan yang premium juga bisa meningkatkan nilai dagang kamu. Jika kamu memulai usaha roti bakar dengan bahan yang premium, maka kamu bisa menggunakan bahan-bahan ini untuk salah satu aspek pemasaran.

Misalnya kamu menggunakan butter wyjsman untuk membakar roti kamu. dalam dunia baking dan kuliner, butter wyjsman adalah butter yang sangat mahal. Untuk mengoles roti bakar kamu, kamu bisa memasukkannya dalam materi pemasaran. Kamu bisa memberikan informasi bahwa produk roti bakar kamu hanya menggunakan butter wyjsman dalam pembuatannya untuk menarik perhatian.


Gunakan unsur unik untuk pemasaran

Selanjutnya hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah unsur keunikan dalam pemasaran. Salah satu manfaat pemasaran yang menarik untuk produk kamu adalah dengan strategi pemasaran produk yang tepat. Atau kamu juga bisa membuat produk yang memiliki daya tarik marketing yang baik.

Misalnya saat kamu akan membuat roti bakar dengan gaya tradisional, kamu bisa menggunakan isian atau topping dalam jumlah yang banyak. Penggunaan topping atau isian yang banyak ini bisa membuat daya tarik tersendiri untuk produk kamu.


Buat masa di sosial media

Selain cara di atas, cara pemasaran selanjutnya tidak boleh melupakan adalah mengenai pemasaran dengan menggunakan sosial media. Pemasaran dengan menggunakan sosial media sangat penting untuk kamu lakukan, pasalnya dengan sosial media, produk kamu akan lebih mudah menemukan konsumennya.

Ada banyak sekali pemasaran sosial media yang bisa kamu lakukan. Mulai dari memposting foto-foto menarik dari produk kamu atau dari konsumen yang sudah mencoba produk kamu atau melakukan pengiklanan di sosial media itu sendiri.

Saat ini sangat banyak sosial media yang menawarkan iklan untuk kamu pasang. Iklan di social media seperti pengiklanan YouTube dan juga Instagram lebih menarik karena pangsa pasar bisa ditarget sehingga lebih menguntungkan.

Dengan menunjukkan iklan pada pangsa pasar yang tepat, kamu bisa mendapatkan konsumen jangan lebih cepat. Hal ini disebabkan karena sosial media biasanya sudah memiliki algoritma pemasangan iklan sesuai dengan ketertarikan klien yang sudah kamu tentukan.


Usahakan milenial adalah pangsa pasar kamu

Untuk kamu yang sedang melakukan riset pasar, lebih baik jika kamu menggunakan sasaran milenial sebagai pangsa pasar kamu. Hal ini disebabkan karena kaum milenial lebih gemar membuat konten mengenai produk yang mereka gemari. Oleh karena itu jika kamu menyasar kaum milenial sebagai pangsa pasar kamu, kamu tidak hanya akan mendapatkan konsumen tapi juga mendapatkan pemasaran secara gratis.

Bayangkan Jika seorang milenial puas dengan produk kamu baik dari segi penampilan maupun dari segi rasa, mereka akan membuat konten di akun sosial media mereka mengenai roti bakar kamu. Kamu tidak pernah tahu siapa yang akan mencoba produk kamu dan mengenai bagaimana pengaruh dari posting yang dilakukan oleh konsumen milenial kamu. Oleh karena itu menyasar konsumen dari pasar milenial akan sangat membantu pencapaian bisnis kamu.


Perhatikan packing produk

Salah satu aspek yang tidak boleh yang merupakan syarat membuat produk roti bakar adalah packing dari produk roti bakar. Produk roti bakar yang baik dan berkualitas bisa membantu kamu meningkatkan value dari produk roti bakar tersebut.

Kamu bisa menjual roti bakar kamu dengan harga yang lebih mahal jika packing kamu meyakinkan. Selain itu pangsa pasar kamu juga akan naik jika kemasan yang kamu gunakan untuk produk roti bakar kamu lebih memuaskan.

Pada dasarnya, untuk membuat bisnis roti bakar kamu lebih menarik kamu harus bisa membuat produk unggul, kemasan yang berkualitas, menyasar pangsa pasar yang tepat, dan tentunya strategi pemasaran yang baik. Jika sudah dilakukan maka memulai usaha roti bakar tidak lagi jadi hal yang menyulitkan.

 

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Waah, dapet modal awal 475 ribu pas daftar :), kode promo BUTUHUANG