Home » Strategi-bisnis » Cara Melakukan Branding Sustainable Pada Bisnis Pakaian

Cara Melakukan Branding Sustainable Pada Bisnis Pakaian

Cara Melakukan Branding Sustainable Pada Bisnis Pakaian

Branding sustainable bisnis pakaian jika dilakukan dengan tepat bisa meningkatkan omset bisnis yang kamu miliki. Sebaliknya, jika branding sustainable pakaian dilakukan dengan cara yang tidak tepat, bisa mengurangi angka pendapatan.

Cara Mudah Melakukan Branding Sustainable Bisnis Pakaian

Perubahan gaya hidup masyarakat yang mulai peduli dengan lingkungan menjadi peluang yang harus kamu manfaatkan sebagai pemilik bisnis pakaian. Kamu bisa melakukan branding sustainable pakaian menggunakan cara sederhana berikut ini:

Gunakan Material yang Eco-Friendly

Cara melakukan branding sustainable bisnis pakaian yang pertama adalah menggunakan material eco-friendly atau ramah lingkungan. Seperti namanya, kamu harus menggunakan bahan baku pakaian atau packaging yang terbuat dari bahan alami.

Pemilihan material yang eco-friendly merupakan hal dasar yang sifatnya penting. Kamu harus memastikan bahan material, yaitu kain sudah diolah dengan tepat, seperti sudah melalui bioengineering, menjadi sumber berkelanjutan, mudah terurai, hingga awet.

Supaya memudahkan kamu dalam memilih jenis kain yang ramah lingkungan demi kepentingan branding sustainable. Berikut beberapa jenis kain yang bisa kamu gunakan sebagai bahan utama dalam membuat pakaian:

Sutra

Jenis kain yang ramah lingkungan pertama adalah sutra. Kain satu ini sudah sangat populer dan menjadi bahan material favorit brand fashion high end seperti Louis Vuitton.

Dalam prosesnya, kain ini berasal dari ulat sutera yang selama hidupnya memakan daun mulberry, sehingga pola makan tersebut membuatnya mudah tumbuh dan tahan terhadap polusi.

Kain sutra memiliki tekstur yang ringan dan lembut. Jadi, tidak heran jika kain satu ini cenderung mahal. Sritextilefabric adalah salah satu contoh toko online yang menjual kain sutra seharga Rp85.000,00 per meternya.

Linen

Berikutnya ada kain jenis linen. Kain satu ini terbuat dari rami, jenis tumbuhan yang bisa ditanam di mana saja tanpa menambah pupuk. Flax-nya bisa dimanfaatkan secara keseluruhan, mulai dari biji, minyak, dan tanaman raminya. Jadi, tidak ada limbah tersisa proses pembuatannya.

Tidak hanya itu, linen juga bisa terurai secara alami dengan mudah, jika selama proses pembuatan pakaian yang kamu lakukan tidak menambahkan bahan kimia.

Ciri khas dari kain linen adalah teksturnya yang lembut, dingin, dan mudah menyerap keringat. Sehingga, bahan ini cocok untuk membuat pakaian di negara tropis seperti Indonesia.

Salah satu toko online yang menjual kain linen adalah Satu_kanvas. Harga per meternya dijual sekitar Rp32.000,00.

Wol

Bahan kain berikutnya yang juga bisa kamu manfaatkan untuk branding sustainable bisnis pakaian adalah wol. Bahan wol diperoleh dari bulu hewan, seperti domba, alpaca, unta, atau jenis kambing tertentu.

Bulu hewan tersebut dicukur, dikumpulkan, lalu dibersihkan. Sebelum diproses menjadi kain atau produk tekstil, bulu-bulu tersebut harus melalui proses pemilihan.

Teksturnya yang halus membuat kain ini cocok dijadikan sebagai bahan pembuatan jas, celana kain, syal, dan sweater.

Kamu bisa mendapatkan kain wol di toko online, salah satunya adalah toko silfa qarin. Toko tersebut menyediakan kain wol berukuran 130 cmx150 cm yang dijual seharga Rp175.000,00.

Nah, setelah menggunakan bahan material yang eco-friendly, jangan lupa untuk menyertakan kalimat persuasif seperti “cocok untuk kulit sensitif”, “mudah dibersihkan”, “tahan lama”, dan kalimat lainnya ketika melakukan promosi.

Contoh brand fashion lokal yang menggunakan bahan material alami sekaligus dijadikan sebagai branding sustainable pakaian adalah Osem.

Pilih Jenis Kain Sesuai Kebutuhan Usaha

Cara branding sustainable bisnis pakaian berikutnya adalah memilih jenis kain sesuai dengan kebutuhan usaha pakaian milikmu.

Misalnya, bisnis milikmu fokus membuat pakaian gamis atau baju koko. Maka, bahan kain yang tepat dan cocok untuk membuat jenis pakaian tersebut adalah kain katun.

Jika kamu ingin membuat pakaian hangat dan tahan lama seperti sweater, maka pilihlah kain wol. Sedangkan untuk pakaian sehari-hari yang ringan, nyaman, dan menyerap keringat, maka pilihlah jenis kain linen atau rami. Namun, jika kamu ingin menonjolkan pakaian mewah, maka pilihlah bahan sutra.

Jadi, meski bahan yang kamu gunakan berasal dari material alami, kamu tidak boleh sembarangan menjadikan bahan baku tersebut sebagai material pembuatan pakaian yang kamu jual. Sebab, kenyamanan dalam berpakaian adalah poin utama yang perlu kamu perhatikan.

Menggunakan Pewarna Alami

Melakukan branding sustainable pada bisnis pakaian yang terakhir adalah menggunakan pewarna alami pada pakaian. Yup, selain kain, pewarna pada pakaian sustainable juga harus berasal dari bahan alami.

Kamu bisa mendapatkan warna alami dari buah-buahan, sayuran, atau sumber mineral lain, seperti akar pohon dan kulit kayu.

Pewarna alami ini dijamin aman untuk semua jenis kulit, salah satunya kulit sensitif. Selain itu, pewarna alami juga tidak merusak kain, sehingga tahan lama. Kamu juga tidak perlu khawatir, karena pewarna alami ini sangat ramah lingkungan.

Keunggulan lainnya dari pewarna alami adalah ketahanan dan ketajamannya. Dibandingkan dengan pewarna sintetis, pewarna alami lebih awet atau tidak mudah luntur serta warna yang dihasilkan jauh lebih tajam.

Supaya branding sustainable pakaian kamu tepat sasaran, jangan lupa untuk menambahkan informasi warna pakaian yang digunakan. Misalnya, mengunggah katalog pakaian lengkap dengan jenis kain dan asal-muasal warna alami yang digunakan.

Informasi lengkap tersebut akan membuat brand kamu dikenal sebagai salah satu brand fashion yang menjual produk pakaian sustainable.

Yuk, Lakukan Branding Sustainable Pada Bisnis Pakaian!

Itulah cara mudah melakukan branding sustainable pada bisnis pakaian yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi. Agar mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, terapkan cara di atas sekarang juga, yuk! Selamat mencoba.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis pakaian kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Melakukan Branding Sustainable Pada Bisnis Pakaian

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​