Home » Strategi-bisnis » Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis EO, Apa Saja?

Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis EO, Apa Saja?

Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis EO, Apa Saja?

Menjadi seorang pemilik bisnis event organizer, tentu tidak seterusnya bisa berpangku tangan. Ada hal-hal yang harus dipelajari pemilik bisnis EO. Supaya kamu memahami bisnis kamu sendiri.

Ketika kamu telah paham, maka lebih mudah mengatasi berbagai permasalahan yang muncul pada bisnis EO. Sebaliknya jika kamu tidak memahami bisnis kamu sendiri, tentu peluang untuk ditipu dan salah strategi jadi lebih besar.

Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis EO

Agar kamu terus memiliki pengetahuan mengenai event organizer dengan baik, terus pelajari beberapa hal ini. Simak ya!

Strategi Bisnis

Poin yang wajib dikuasai oleh pemilik EO adalah strategi yang tepat dalam berbisnis. Sebab, strategi ini jadi dasar dari keberlangsungan bisnis kamu.

Kemudian strategi juga harus terus dilakukan evaluasi. Agar sesuai dengan pasar event organizer yang terus mengalami perkembangan..

Amati mengenai perkembangan bisnis EO. Baik pengamatan kepada kompetitor pada bisnis dan daerah  yang sama. Maupun pengamatan di tempat lain yang lebih maju ketimbang EO milik kamu.

Hasil dari pengamatan inilah yang bisa kamu jadikan dasar untuk memperbarui strategi bisnis. Kemudian mulai terapkan dan evaluasi di sepanjang perjalanan.

Jadi Pemimpin yang Baik

Sebagian pemilik biasanya juga merupakan seorang pemimpin di EO tersebut. Itu sebabnya, kamu harus belajar untuk menjadi pemimpin yang baik.

Apa saja yang harus dimiliki seorang pemimpin?

  • Tanggung jawab dengan seluruh pekerjaan di EO;
  • Mampu mendengarkan karyawan;
  • Bijaksana dalam pengambilan keputusan;
  • Mampu mengatur emosi dengan baik;
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik;
  • Selalu bersikap positif dan percaya akan kemampuan diri beserta tim;
  • Bisa memberikan semangat kepada tim dan mengapresiasi pekerjaannya;
  • Mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada.

Seluruh aspek ini harus kamu miliki apabila ingin menjadi pemimpin yang tepat untuk event organizer kamu. Semua itu bisa dipelajari asal kamu memiliki kemauan belajar.

Ilmu Marketing

Hal yang harus dipelajari pemilik bisnis EO berikutnya adalah ilmu marketing. Bisa dibilang, keilmuan ini sangat penting untuk keberlangsungan bisnis kamu. Maka dari itu, perlu untuk mempelajarinya.

Ilmu marketing ini sangat luas dan bukan merupakan keilmuan yang bersifat stuck. Kamu harus terus melakukan upgrade berkala, sesuai dengan tren juga perkembangan zaman.

Apabila kamu memiliki ilmu marketing yang baik, kamu bisa ikut mencari klien potensial untuk bisnis kamu. Sehingga penghasilan dari EO juga bisa bertambah.

Manajemen Waktu

Sebagai seorang pemilik bisnis EO, kamu harus mampu mengatur waktu. Manage waktumu dengan baik, agar kerja berjalan efektif. 

Apalagi jika kamu memiliki bisnis lain. Maka kamu harus pintar membagi waktu untuk satu usaha dengan bisnis lainnya. Supaya semua berjalan dengan baik dan ada dalam pengawasanmu.

Manajemen Keuangan

Tidak perlu memiliki kemampuan mendalam dalam bidang keuangan. Minimal, kamu harus bisa membaca neraca keuangan bisnis kamu sendiri.

Apa manfaatnya? Agar kamu bisa memahami cash flow dari bisnis kamu sendiri. Kemudian untuk menghindari adanya penipuan atau hal yang tak diinginkan terkait keuangan.

Ilmu mengenai manajemen keuangan inilah yang juga harus ditularkan ke karyawan kamu. Beri standar keuangan kamu, mulai dari modal, arus perputaran uang yang baik, hingga potensi kerugian yang mengancam. Apabila kamu memahami hal ini, maka manajemen keuangan juga akan baik.

Mampu Mengambil Keputusan Penting

Hal yang harus dipelajari pemilik bisnis EO selanjutnya adalah bisa mengambil keputusan penting untuk keberlangsungan bisnis. Keputusan ini tentu saja tidak boleh asal dalam setiap pengambilannya. Ada berbagai pertimbangan sebelumnya yang harus dipelajari.

Jangan takut untuk mengambil risiko atas pengambilan keputusan. Asalkan prosesnya telah melalui pemikiran yang matang, dengan berbagai pertimbangan yang ada.

Sebab ada kalanya pemilik bisnis harus berani dalam memutuskan sesuatu. Apalagi jika ada dalam kondisi mendesak. Maka kemampuan mengambil keputusan akan teruji di sini.

Membangun Relasi

Sebagai pemilik bisnis, kamu harus memiliki relasi yang luas. Jika tidak, maka EO milik kamu bisa berhenti di tengah jalan. 

Membangun relasi bisa kamu lakukan di awal bisnis berdiri, sampai perjalanan bisnisnya. Beberapa relasi di antaranya para investor pemilik modal, vendor untuk kolaborasi, artis atau selebritis yang merupakan pengisi acara, hingga klien potensial.

Bagaimana cara membangun relasi? Kamu bisa melakukannya dengan terus keep in touch bersama mereka. Sering-seringlah berkumpul, atau merencanakan bertemu dengan relasi ini.

Kamu juga bisa membentuk sebuah tim atau komunitas dengan para relasi ini. Tidak perlu selalu untuk membahas pekerjaan, tapi juga segala hal ringan. Tujuannya untuk memperkuat relasi.

Kapan Harus Mempelajari Hal Tersebut?

Sebenarnya kamu bisa mulai belajar sejak perencanaan awal membangun bisnis. Namun tidak ada yang terlambat kok apabila kamu baru mengetahui hal ini. Mulailah dari sekarang dan jangan pernah berhenti belajar.

Kamu bisa memulainya satu per satu, dari hal yang sederhana terlebih dahulu. Misalnya belajar menjadi pemimpin yang baik. Ilmu ini wajib kamu terapkan supaya karyawan tidak kabur karena pemimpinnya kurang baik.

Demikian hal yang harus dipelajari pemilik bisnis EO. Sudahkah kamu menguasai satu hal tersebut? Jika belum, semangat belajar ya!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Hal yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis EO, Apa Saja?

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​