Home » Strategi-bisnis » Cara Kembangkan Cabang Bisnis EO

Cara Kembangkan Cabang Bisnis EO

Cara Kembangkan Cabang Bisnis EO

Ekspansi bisnis bisa jadi pertimbangan apabila event organizer (EO) kamu sudah tidak maksimal dalam melayani klien. Tapi dalam usaha ini, cara kembangkan cabang bisnis EO tidak bisa sembarangan. Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membuka cabang baru.

Beberapa pertimbangan diantaranya mengenai banyaknya klien di luar daerah. Sehingga kamu kerepotan untuk menjangkaunya.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang wajib kamu penuhi sebelum memutuskan pembukaan cabang baru. Apa saja ya? Lalu bagaimana cara mengembangkan cabang EO ini? Baca artikel sampai selesai ya!

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membuka Cabang EO 

Tidak Mampu Menjangkau Permintaan Klien

Berbeda dengan bisnis makanan atau minuman, cabang bisnis EO sebaiknya tidak dibuka pada daerah yang sama. Lebih baik kamu membukanya di daerah lain dengan pertimbangan banyaknya klien di tempat tersebut.

Sebab jika tidak, maka antara cabang dan bisnis pertama bisa saja bersaing. Padahal keberadaannya harusnya saling melengkapi satu sama lain.

Ada Penawaran Bisnis dari Partner

Sebuah penawaran dari partner juga bisa menjadi pertimbangan kamu untuk membuka cabang baru. Jadi, kamu tidak perlu terlalu memikirkan modal sendiri. Ada partner yang memberikan permodalan untuk cabang baru.

Review yang Baik

Tentu saja sebelum kamu membuka cabang baru, pastikan bisnis utama telah memiliki review yang baik dari pelanggan. Cabang utama bisa dijadikan sebuah patokan atau standar oleh yang baru. Jadi jika contohnya saja memiliki review buruk, tidak menutup kemungkinan cabang baru juga bisa melakukan hal yang sama.

Cara Kembangkan Cabang Bisnis EO

Apabila tiga hal tersebut sudah kamu penuhi, waktunya untuk mengembangkan cabang bisnis EO sendiri. Bagaimana caranya ya?

Cari Tahu Pasar

Kamu harus mencari tahu, daerah mana yang cocok untuk mengembangkan bisnis cabang kamu. Pertimbangkan daerah yang permintaannya banyak, namun belum bisa kamu penuhi.

Ketika kamu telah memiliki pasar, maka untuk menjaring klien jelas tidak akan susah. Cabang utama tinggal menginformasikan jika ada cabang baru di kota tersebut, yang bisa dipercaya untuk mengorganisir kegiatan kamu.

Cari Orang Kepercayaan

Cara kembangkan cabang bisnis EO yang kedua, kamu harus memiliki orang kepercayaan untuk mengelola bisnis cabang kamu. Bisa dari partner yang mengajak kamu untuk bekerja sama, atau orang lain yang selama ini kamu percaya.

Orang kepercayaan ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis. Karena kamu tidak bisa 100% mengelola bisnis cabang. Sehingga seluruh kegiatan dari klien hingga keuangan, harus kamu kontrol melalui orang kepercayaan ini.

Buat SOP yang Jelas

Standar Operasional Prosedur (SOP) menjadi sebuah dasar dari keberlangsungan bisnis. Maka dari itu, kamu harus membuatnya sejelas mungkin. Agar cabang bisnis kamu memiliki dasar untuk menjalankan usahanya.

Buat SOP untuk kamu dan orang kepercayaan kamu. Kemudian, kamu juga harus membuat standar pelayanan untuk karyawan cabang. Termasuk untuk karyawan pada bisnis utama, agar bisa mengarahkan ke cabang apabila ada permintaan dari klien di luar wilayahnya.

Susun Strategi Bisnis

Meski usahanya sama, tapi strategi bisnis antara cabang satu dengan yang lainnya jelas berbeda. Tergantung pasar dan juga demografi dari masyarakatnya.

Kamu bisa menyusun strategi setelah melakukan survei mengenai bisnis ini di daerah tersebut. Sehingga strategi yang kamu buat sudah berdasarkan pada pengamatan sekitar.

Nah, strategi ini tidak bisa langsung berhasil. Adakalanya terdapat perombakan, untuk mendapatkan formula bisnis yang tepat.

Untuk itu, tentukan jangka waktu untuk penerapan strategi ini. Apabila tidak bisa berjalan maksimal, maka segera evaluasi dan buat strategi bisnis baru.

Pilih Karyawan yang Mumpuni

Paling tidak, kamu telah memiliki tiga karyawan inti. Antara lain seorang pemimpin yang juga bisa menjadi marketing dan planner. Kemudian bagian keuangan dan juga seorang marketing.

Selain tiga karyawan itu, carilah tim yang bekerjanya freelance atau sesuai dengan project event. Kamu bisa mempertimbangkan untuk rekrutmen karyawan tetap, apabila cabang bisnis sudah membutuhkannya.

Siapkan Modal Usaha

Hitung modal yang kamu butuhkan untuk membuka cabang baru. Apabila kamu memiliki cukup modal, tidak ada salahnya untuk membuka cabang tersendiri. Namun jika tidak, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan partner, melalui sistem bagi hasil.

Kamu bisa mendapatkan full permodalan, atau hanya sebagian saja. Semua tergantung kesepakatan antara kamu dan calon partner.

Utamakan Pelayanan

Kamu harus memastikan jika bisnis cabang dan utama tidak ada perbedaan pelayanan. Semuanya ditangani secara baik dan terpercaya.

Tujuannya untuk menarik hati klien, agar mempercayakan eventnya di tempat kamu. Selain itu, pelayanan yang baik juga membuat klien tidak bosan untuk memilihmu lagi sebagai orang yang mengorganisir sebuah event

Hal terpenting juga dalam mengembangkan cabang bisnis baru adalah terus melakukan inovasi sesuai dengan perkembangan zaman. Kemudian lakukan evaluasi secara rutin di internal cabang, dan juga eksternal dengan cabang utama.

Rapat ini bisa kamu jadwalkan di setiap bulan sekali, atau tergantung kebijakan perusahaan. Asalkan evaluasi bisa berjalan efektif dan membantu bisnis kamu lebih baik lagi.

Tertarik untuk membuka cabang bisnis EO baru? Ikuti cara kembangkan cabang bisnis EO ini ya. Agar perjalanan buka cabang kamu bisa berjalan dengan lancar.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Kembangkan Cabang Bisnis EO

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​