Home » Strategi-bisnis » Kunci Sukses Bisnis EO Untuk Atasi Persaingan

Kunci Sukses Bisnis EO Untuk Atasi Persaingan

Banyak Saingan? Pelajari Kunci Sukses Bisnis EO

Sekarang ini sudah banyak sekali orang yang memiliki bisnis event organizer (EO) sendiri. Di tengah persaingan ketat tersebut, kamu perlu mempelajari kunci sukses bisnis EO. Supaya bisnis kamu bisa tetap “hidup” hingga waktu yang lama. 

Jika tidak, maka usaha kamu bisa mudah saja tergerus. Apalagi sekarang banyak sekali generasi yang kreatif, dan membuat banyak orang mulai merekrutnya sebagai seorang creative planner. Tentu hal tersebut akan membuat bisnis kamu juga tersaingi.

Lalu, bagaimana ya tipsnya agar sukses dalam berbisnis event organizer?

Kunci Sukses Bisnis EO (Event Organizer)

Berikan Pelayanan Terbaik

Kesuksesan pebisnis dalam bidang jasa adalah adanya pelayanan yang baik kepada klien. Kamu harus memahami kemauan klien sebelum menjalankan kegiatannya.

Pastikan seluruh kemauannya sudah kamu dengar dengan baik. Baru kemudian melakukan eksekusi terhadap kegiatannya.

Meski klien yang kamu tangani menyebalkan, selagi tidak melanggar hukum, berikan pelayanan yang terbaik. Agar dia mau kembali lagi menyewa jasa kamu.

Ikuti Perkembangan Tren

Kunci sukses bisnis EO yang kedua adalah terus mengikuti perkembangan tren yang ada. Supaya ketika klein menginginkan event dengan konsep terupdate, kamu bisa mengabulkan permintaannya dengan baik.

Bagaimana ya cara agar selalu mengikuti tren? 

Seringlah membuka sosial media untuk mencari tahu tren yang sedang berkembang. Amati kemudian lakukan modifikasi pada tren tersebut.

Kamu juga bisa bertukar pikiran dengan sesama pelaku dalam bisnis ini. Untuk saling mendapatkan insight terkait perkembangan jasa yang ada. 

Teruslah Kreatif

Ketiga adalah terus kreatif dan inovatif terhadap kegiatan. Usahakan pada tiap kegiatan, ada hal pembedanya. Agar orang tidak bosan dengan konsep kamu yang itu-itu saja.

Kreatif juga sangat dibutuhkan untuk mengemas acara dengan baik. Meskipun ide yang ada sudah jadul, tapi kalau kamu kreatif, maka ide tersebut akan berhasil dikemas dengan cemerlang. 

Jangan lupa untuk membuka lebar ruang ide kreatif untuk seluruh anggota tim. Semakin banyak tim yang kreatif, maka kamu tidak akan kehabisan ide untuk klien kamu.

Pahami Kebutuhan Klien

Jadilah pendengar yang baik untuk klien kamu. Pahami kebutuhannya, tujuan dari acaranya dan kemauan klien. Satukan keseluruhan hal tersebut untuk melaksanakan acara dengan baik.

Sebab, menjadi seorang EO bukan hanya mengatur acara. Tapi juga menuangkan ide dan kebutuhan dari klien dalam sebuah acara. EO sebagai perantara atas ketidakmampuan klien dalam menyalurkan ide pada sebuah acara. 

Perencanaan yang Matang

Kamu harus merencanakan acara sebaik mungkin. Tidak hanya satu rencana. Buat beberapa rencana cadangan sekaligus apabila rencana awal tidak bisa terlaksana dengan baik.

Karena ini bukan merupakan acara “biasa”, maka kamu harus merencanakannya secara matang dan terstruktur. Untuk menghindari adanya kendala saat pelaksanaan kegiatan.

Komunikasi dengan Baik

Kunci sukses bisnis EO selanjutnya adalah komunikasi yang baik antara penyedia jasa dan klien. Komunikasi tentu penting untuk proses briefing ide, sampai dengan penyelenggaraan kegiatan. Tujuannya agar acara bisa terselenggara dengan sukses dan lancar.

Komunikasikan semua hal yang akan kamu lakukan untuk mensukseskan acara. Kemudian beri klien ruang untuk menyetujui rencana tersebut. Baru kemudian kamu bisa mengeksekusinya.

Kekompakan Tim

Hal penting yang harus dimiliki orang sebuah event organizer adalah tim yang kompak atau solid. Kamu dan tim harus bekerjasama dengan baik. Supaya event bisa dilaksanakan dengan lancar.

Caranya dengan melakukan bonding yang cukup bersama tim. Ikatan yang kuat ini, mampu membuat tim menjadi lebih solid. Kemudian bisa saling melengkapi antara satu dan lainnya.

Apabila ada konflik di dalam tim, usahakan untuk segera menemukan penyelesaian. Agar permasalahan ini tidak merembet kemana-mana dan mengganggu profesionalitas masing-masing orang.

Jaringan yang Luas

Event organizer akan berjalan lancar apabila kamu memiliki jaringan yang luas. Baik itu jaringan dengan vendor, artis maupun calon klien. Sebab seluruh komponen inilah yang bisa melengkapi kebutuhan saat kamu sedang ada dalam sebuah kegiatan. 

Misalnya saja vendor. Ketika jaringan kamu luas, ada banyak opsi yang bisa kamu pilih untuk menentukan vendor. Kamu bisa menyesuaikan diri sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Termasuk apabila kamu memiliki jaringan klien yang luas. Maka peluang untuk mendapatkan klien juga semakin terbuka lebar.

Tidak Takut Dikomplain

Perusahaan yang baik adalah ia yang mampu menerima segala macam kritik dan saran. Maka dari itu, jangan takut untuk dikomplain, apabila bisnis kamu memang mengecewakan.

Jadikan kritik atau komplain ini sebagai sarana untuk kamu memperbaiki layanan semakin baik lagi. Supaya kepuasan pelanggan bisa kamu dapatkan.

Kepercayaan Pelanggan

Terakhir adalah kepercayaan dari pelanggan. Untuk mendapatkan hal ini, tentu kamu harus memenuhi 9 dari point di atas. Meski EO kamu masih baru, tapi apabila pelayanan kamu maksimal, maka pelanggan pasti akan mempercayai event itu ke kamu lagi.

Kepercayaan ini bisa kamu kumpulkan untuk dijadikan sebuah testimoni. Tujuannya agar menarik pelanggan lain agar turut percaya pada bisnis EO kamu.

Terapkan kunci sukses bisnis EO ini ya. Bagikan kepada tim, agar sama-sama menerapkan tipsnya. Supaya bisnis event organizer kamu bisa ketularan sukses dan melejit.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Kunci Sukses Bisnis EO Untuk Atasi Persaingan

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​