Home » Strategi-bisnis » Hal yang Harus Terus Dipelajari oleh Seorang Pemilik Bisnis Rice Box

Hal yang Harus Terus Dipelajari oleh Seorang Pemilik Bisnis Rice Box

hal yang harus terus dipelajari oleh seorang pemilik bisnis rice box

Sebagai pengusaha rice box, kamu harus mempelajari sejumlah hal baru, sehingga bisnis yang kamu miliki terus menerus berkembang. Ada berbagai hal yang harus terus dipelajari oleh seorang pemilik bisnis.

Bila sudah mempelajari sejumlah hal yang erat kaitannya dengan bisnis, kamu dapat mendukung perkembangan usaha rice box milikmu. Bisnis yang kamu miliki juga tidak akan tertinggal dengan usaha lain.

Hal yang Harus Terus Dipelajari oleh Seorang Pemilik Bisnis

Berikut berbagai macam hal yang harus terus kamu pelajari agar bisnis rice boxmu berkembang, antara lain:

Selalu Mengembangkan Resep

Ketika menjalankan bisnis rice box, salah satu hal yang membuat rice boxmu berbeda dari yang lain adalah rasa makanan. Agar bisnis terus berkembang, pastikan mencoba berbagai resep terbaik. 

Kamu harus terus melakukan percobaan dengan bagai resep makanan yang bada. Saat memperoleh masukan dari pelanggan berkaitan dengan rasa rice box yang kamu miliki, kamu harus memperbaiki resep sampai mencapai hasil memuaskan. 

Ketika mempelajari sejumlah resep rice box dan memperoleh resep yang berbeda pada umumnya, orang akan menganggap jika rice boxmu memiliki keistimewaan tersendiri, sehingga mereka akan lebih memilihnya.

Pengorganisasian

Saat usaha sedang berkembang, jumlah tenaga kerja yang kamu butuhkan tentu akan bertambah. Setiap orang tentu akan memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. 

Oleh sebab itu, kamu juga harus terus mempelajari pengorganisasian agar dapat meningkatkan efisiensi SDM

Tujuan dari pengorganisasian adalah menciptakan struktur yang jelas di dalam organisasi. Di sini, kamu harus belajar bagaimana cara membagi tugas sesuai dengan posisi setiap karyawan. Sehingga setiap individu dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Contohnya saja seperti terdapat karyawan yang bertugas di bagian kasir, kemudian ada yang bertugas di bagian cooking, ada pula yang bertugas di bagian keuangan dan lainnya. 

Menganalisis Kompetitor

Sebagai pemilik bisnis rice box, kamu juga harus belajar cara untuk menganalisis kompetitor. Di waktu yang sama, nantinya kamu harus berhadapan dengan kompetitor yang baru. Oleh sebab itu, kamu harus terus belajar cara menganalisis kompetitor. 

Ketika sudah dapat menganalisis kompetitor dengan baik, kamu bisa mengidentifikasi kekuatan dari setiap pesaing, kemudian kamu juga bisa menentukan strategi atau cara untuk menghadapi kompetitor, mengidentifikasi peluang, membantu proses pengambilan keputusan dan lainnya.

Kamu dapat belajar melakukan analisis kompetitor dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah riset pasar. Selain itu, kamu juga bisa belajar untuk melakukan analisis kompetitor dari feedback konsumen. 

Analisis Risiko

Hal lain yang harus terus dipelajari oleh seorang pemilik bisnis adalah analisis risiko. Ketika kamu mengembangkan bisnis, kamu akan berhadapan langsung dengan berbagai macam risiko. Oleh sebab itu, ada sejumlah tahapan penting berupa analisis risiko yang harus kamu lakukan.

Kamu harus melakukan analisis risiko harus agar bisa mengidentifikasi risiko yang akan kamu hadapi. Dari proses ini, kamu akan mengenali dan menggambarkan risiko yang akan terjadi kedepannya. 

Berikutnya, kamu bisa melakukan evaluasi risiko yang akan membantu proses pengambilan keputusan. 

Strategi Bisnis

Mempelajari strategi bisnis juga menjadi salah satu hal wajib yang harus kamu lakukan. Penerapan strategi bisnis adalah faktor penting yang tidak boleh terlewatkan. Hal ini berguna untuk menentukan posisi bisnis dengan tujuan agar bisa memenangi persaingan usaha.

Sayangnya, tidak sedikit pebisnis yang menganggap jika strategi bisnis harus disusun ketika awal merintis usaha saja. Padahal, strategi bisnis harus terus dipelajari, karena setiap hari minat konsumen bisa berubah, setiap hari kompetitor yang menjalankan bisnis rice box juga terus bertambah. 

Bila kamu hanya terpaku pada strategi awal ketika membangun usaha dan tidak mencoba merancang strategi yang lain, bisnis rice box yang kamu miliki bisa kalah bersaing dengan bisnis lainnya. 

Keuangan

Keuangan juga menjadi hal yang harus terus menerus dipelajari oleh pebisnis. Semakin lama bisnis rice box yang kamu miliki berkembang, keuangan bisnis juga menjadi semakin kompleks. 

Bila mungkin dulunya hanya ada 1 cabang rice box, mungkin sekarang sudah beberapa cabang yang kamu miliki. Memang, untuk masalah keuangan ini, kamu bisa mengandalkan karyawan dengan bidang ini. 

Tetapi, bukan berarti kamu lepas tangan begitu saja dan tidak mempelajari masalah keuangan. Kamu juga harus melakukan pengecekan secara berkala antara pengeluaran dan pemasukan. Oleh sebab itu, perhitungan keuangan menjadi hal yang harus terus dipelajari. 

Mengapa Pebisnis Harus Terus Belajar? 

Ketika kamu merasa bisnis rice boxmu lebih baik dibanding dengan yang lain, bukan berarti kamu harus berhenti melakukan inovasi. Berikut beberapa alasan mengapa pebisnis harus terus belajar, antara lain:

Kompetisi Semakin Lama Semakin Ketat

Sekarang ini, persaingan bisnis rice box semakin ketat, sehingga kamu tidak boleh menganggap sebelah mata kompetitor. Jika lengan sedikit saja, kamu bisa tertinggal jauh. Agar dapat memenangkan kompetisi, tentu kamu harus terus belajar. 

Adanya Perubahan yang Cepat

Perubahan yang cepat juga mempengaruhi ritme bisnis. Satu menu rice box bisa sangat booming, tetapi kemudian bergeser dengan trend lain. Jika tidak peka terhadap hal ini, kamu bisa tertinggal. 

Nah, sudah tahu bukan apa saja hal yang harus terus dipelajari oleh seorang pemilik bisnis rice box. Jadi, sudah sampai tahap mana yang kamu pelajari?


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Hal yang Harus Terus Dipelajari oleh Seorang Pemilik Bisnis Rice Box

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​