Home » Strategi-bisnis » Hindari! 7 Kesalahan yang Merugikan dalam Bisnis Sepatu Anak

Hindari! 7 Kesalahan yang Merugikan dalam Bisnis Sepatu Anak

Kesalahan yang merugikan dalam bisnis Sepatu Anak

Menjalankan bisnis sepatu anak memang tidak semudah membalikkan telapak tangan karena dibutuhkan strategi yang tepat agar bisa berjalan sukses. Kamu juga harus menghindari beberapa kesalahan yang merugikan dalam bisnis sepatu anak.

Sebenarnya ada banyak kesalahan yang sering dilakukan pebisnis ketika menjalankan bisnisnya terutama dalam mengelola keuangan. Sebelum menjalankan bisnis sepatu anak sebaiknya kenali dulu apa saja kesalahan yang sering terjadi agar kamu bisa menghindarinya.

Kesalahan yang Merugikan dalam Bisnis Sepatu Anak

Tidak hanya orang dewasa anak juga memerlukan sepatu untuk menemaninya melakukan berbagai aktivitas. Sehingga membuat permintaan pasar terhadap produk sepatu anak terus meningkat dari waktu ke waktu.

Hal tersebut tentunya bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang potensial dan sayang sekali untuk dilewatkan. Untuk meminimalisir terjadinya kerugian sebaiknya ketahui dulu kesalahan-kesalahan yang sering dialami pebisnis sepatu anak dari pembahasan berikut.

Tidak Mempelajari Hal-hal yang Berkaitan dengan Sepatu Anak Terlebih Dulu

Kesalahan pertama ini sering dialami oleh pebisnis pemula yang hanya memanfaatkan peluang tanpa mempelajari bidang bisnisnya terlebih dahulu. Alhasil kualitas dan desain produk sepatu anak yang diproduksi atau dijual tidak sesuai dengan yang diinginkan pasar.

Hal tersebut tentu akan menjadi masalah yang serius apalagi jika bisnisnya dilakukan dalam skala besar. Jika, kamu ingin sukses besar saat menjalankan bisnis sepatu anak, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi mengenai pasar.

Riset pasar merupakan tugas utama yang harus dilakukan pebisnis ketika hendak memulai suatu bisnis baru. Karena dari hasil riset pasar kamu akan mendapatkan informasi yang berguna untuk memutuskan langkah-langkah bisnis.

Membuat Perencanaan Bisnis yang Terkesan Asal-asalan 

Ada beberapa orang menganggap bahwa menyusun perencanaan bisnis hanya membuang-buang waktu karena menurut mereka proses utamanya terletak pada pelaksanaan. Padahal pandangan tersebut kurang tepat karena perencanaan bisnis merupakan akar utama yang menjadi penguat bisnismu.

Tanpa perencanaan yang matang bisnis tidak bisa berjalan lancar karena ketika terjun ke dunia bisnis kamu harus siap menghadapi berbagai permasalahan yang kompleks. Di awal-awal bisnis kamu pasti akan dihadapkan masalah yang cukup memberatkan sehingga membutuhkan perencanaan yang matang dari jauh-jauh hari.

Tanpa adanya perencanaan yang terstruktur bisnis sepatu anak yang kamu jalankan akan mudah hancur karena suatu permasalahan kecil. Bahkan tanpa adanya masalah yang muncul sekalipun bisnis tersebut bisa bangkrut karena tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas. 

Tidak Mempersiapkan Rencana Cadangan 

Seorang pebisnis profesional pasti akan menyusun rencana cadangan untuk mengantisipasi masalah-masalah yang kemungkinan akan terjadi. Tidak ada sesuatu hal yang pasti dalam dunia bisnis sehingga kamu harus membuat berbagai rencana cadangan untuk mengantisipasinya.  

Kurang Memperhatikan Kebutuhan Pelanggan

Kesalahan yang merugikan dalam bisnis sepatu anak selanjutnya, yaitu kurangnya kepekaan terhadap kebutuhan dan keinginan pelanggan. Jika, kamu tidak begitu mengikuti tren perkembangan fashion anak, sebaiknya tentukan desain sepatu yang tepat melalui riset pasar.

Hasil riset pasar tersebut akan membantumu mengetahui model, desain, bahan, dan harga sepatu yang diinginkan pelanggan. Dengan begitu kamu bisa memproduksi sepatu anak dengan model dan harga yang sesuai dengan target pelangganmu. 

Meremehkan Kompetitor

Pebisnis profesional pun bisa mengalami kegagalan karena terlalu meremehkan kompetitornya. Mengapa bisa begitu? Sifat suka meremehkan akan mendorong seseorang malas berinovasi karena merasa produknya yang terbaik dan tidak ada yang bisa mengalahkannya.

Padahal hal tersebut sangat merugikan karena banyak bisnis baru yang mampu membuat inovasi produk yang lebih baik dengan harga yang lebih terjangkau. Memiliki jiwa yang kompetitif dan tidak mudah puas dengan apa yang sudah dicapai merupakan sifat yang harus dimiliki pebisnis sukses. 

Pengelolaan Keuangan yang Kurang Baik

Bisnis sekecil apa pun saja membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik apalagi bisnis skala besar. Jika, kamu ingin menjalankan bisnis skala besar sebaiknya carilah bagian akuntan yang sudah profesional dalam menangani keuangan perusahaan.

Meskipun semua kesalahan-kesalahan di atas sudah dihindari tapi jika keuangan bisnismu tidak terkelola dengan baik rasanya akan percuma. Karena manajemen keuangan merupakan hal penting yang harus dilakukan dengan baik dan terperinci. 

Salah Memilih Karyawan dan Partner Kerja

Bisnis sepatu untuk anak-anak akan hancur begitu saja ketika kamu bertemu dengan partner bisnis yang kurang tepat. Oleh karena itu, ketika bekerja sama dengan suatu pihak sebaiknya periksa latar belakangnya terlebih dahulu. 

Cari tahu apakah dia memiliki masalah pada bisnisnya atau pernah bermasalah dengan partner kerja sebelumnya, atau bahkan ada indikasi melakukan penipuan. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari orang-orang yang memiliki niat buruk terhadap bisnismu. 

Satu hal lagi yang sering dilakukan pebisnis pemula maupun profesional, yaitu salah merekrut karyawan. Kesalahan tersebut bisa terjadi karena kurang ketatnya proses seleksi sehingga mendapatkan karyawan yang kurang berkompeten.

Banyak karyawan bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan keahliannya karena proses seleksi yang kurang tepat. Jadi, pastikan kamu merekrut karyawan yang benar-benar ahli di bidang yang dibutuhkan agar bisnis bisa berjalan dengan baik.

Sudah Siap Menghindari Kesalahan-kesalahan di Atas?

Jadi, itulah tadi beberapa kesalahan yang merugikan dalam bisnis sepatu anak, sebaiknya hindari kesalahan-kesalahan tersebut supaya bisnismu bisa terus berkembang. Masalah memang tidak bisa dihindari tapi bisa kamu antisipasi dengan menghindari tujuh kesalahan yang sering dilakukan pebisnis pada penjelasan di atas.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Hindari! 7 Kesalahan yang Merugikan dalam Bisnis Sepatu Anak

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​