Faktor-Faktor Agar Konsumen Tertarik untuk Membeli Produk Mainan

Faktor-Faktor Agar Konsumen Tertarik untuk Membeli Produk Mainan

Apa yang membuat konsumen mau mengeluarkan uang hanya untuk membeli produk mainanmu? Apa karena anak-anak merengek meminta dibelikan, atau ada hal lain? Dalam hal ulasan ini, kamu akan menemukan faktor-faktor agar konsumen tertarik untuk membeli produk mainan yang kamu jual. 

Ada dua tipe pembeli di pasar. Pertama, pembeli yang bersifat impulsif yang mana perlu waktu lama untuk berpikir dan pengecekan secara menyeluruh sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk mainan milikmu. 

Kedua, tipe pembeli yang langsung ambil produk selama anak menyukainya, tanpa mempertimbangkan hal lainnya. Tipe kedua ini, hanya akan melihat harga dan bentuk, tanpa melakukan pemikiran yang mendalam atau pengecekan secara detail. 

Nah, dalam ulasan ini, kita akan berfokus ke faktor-faktor yang menjadi penyebab konsumen tertarik untuk melirik produk kamu dan akhirnya mau membeli! 

Faktor-faktor Agar Konsumen Tertarik untuk Membeli Produk 

Mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk mainan adalah inti dari strategi pemasaran. Kamu harus mengetahui apa saja yang mampu menarik pelanggan untuk melirik produk mainanmu, faktor apa yang akan bisa mengubah keputusan mereka dalam membeli. 

Nah, berikut faktor-faktor supaya para konsumen tertarik untuk membeli produk mainan yang kamu jual: 

Ulasan dari Pembeli Lainnya

Di tahun 2017, Spiegel Research Center telah melakukan sebuah studi yang bertujuan untuk menemukan seberapa tinggi ulasan itu mengubah konsumen agar membeli sebuah produk. Dalam penelitian tersebut, 95% calon pembeli akan membaca review online tersedia di media sosial, Google, Website, maupun marketplace sebelum memutuskan untuk membeli. 

Ketika calon pembeli melihat banyak ulasan positif yang muncul, keinginan untuk membeli akan meningkat. Sebaliknya, bila ulasannya penuh  dengan kalimat negatif tentang produk tersebut, calon pembeli akan mengurungkan niatnya untuk membeli. 

Spiegel Research Center juga menemukan jika ulasan dapat mempengaruhi keputusan pembelian yang bergantung pada faktor lain seperti harga, risiko atau tingkat ketidakpastian, jumlah ulasan negatif, peringkat bintang yang diperoleh, serta jumlah ulasan secara keseluruhan. 

Keakraban Merk di Mata Target Audiens

Seberapa terkenal merek produk mainan yang kamu pasarkan, menjadi pengaruh utama orang memutuskan untuk membelinya atau tidak. Dalam salah satu dari faktor-faktor agar konsumen tertarik untuk membeli produk ini, kamu bisa meningkatkan keakraban merk di mata audiens dengan memanfaatkan media sosial maupun halaman pencarian Google. 

Ada pepatah yang mengatakan jika tempat terbaik untuk menyembunyikan mayat adalah halaman kedua dari Google. Sebab, tidak ada orang yang mau repot-repot mencari informasi atau berita di halaman kedua, ketiga, hingga seterusnya. Maka, kamu perlu memastikan jika nama merk produk kamu berada di halaman pertama pencarian. 

Hal ini sejalan dengan studi The Secret Life of Search yang melakukan pelacakan kata kunci suatu produk di berbagai situs pencarian. Hasilnya: 

  • 82% memilih merk yang sudah mereka kenal dan akrab di telinga. Sebab, mereka tahu betul kualitasnya seperti apa. 
  • 47% menjelaskan pilihan mereka berdasarkan status, sudah menjadi pelanggan lama tau hendak menjadi pelanggan baru. 

Daya Tarik Produk

Produk mainan yang dipajang harus memancarkan daya tarik yang membuat anak-anak atau orang tua melirik dan tertarik untuk melihat lebih dekat. Dalam hal ini, desain produk menjadi bagian terpenting dan penentu. 

Kamu perlu membuat packaging produk mainan agar terlihat lebih menarik dan menggiurkan. Begitu pula dengan desain mainan di dalamnya. Pastikan, kamu menonjolkan fitur unggulan dari mainan yang dijual agar dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli. 

Kepercayaan Merek

Orang membeli lego karena sudah tahu kualitasnya seperti apa. Mereka tidak meragukan sedikit pun, meskipun produk lama sekalipun yang dibeli. Sebab, sudah ada kepercayaan yang tertanam terhadap merk Lego. 

Maka, kamu harus meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merk produk mainan kamu. Tujuannya, agar mereka percaya dan yakin akan kualitas yang kamu tawarkan. Dari keyakinan itulah, mereka akan memutuskan untuk membeli. Begitu ada produk baru yang dikeluarkan, mereka tidak segan untuk membeli kembali selama masih sesuai dengan kebutuhan si kecil. 

Kepercayaan merk harus berimbang dengan desain dan kualitas. Ini juga selaras dengan strategi pemasaran yang tepat. Sebab, tanpa adanya strategi marketing yang bagus, orang tidak akan mengenal produk mainanmu. Mereka juga enggan mempercayainya. 

Nah, cara untuk menaikkan tingkat kepercayaan merek bisa kamu lakukan dalam banyak hal. Seperti di bawah ini: 

  • Memberikan kualitas produk mainan yang terjamin. 
  • Memberikan layanan ekstra untuk para pelanggan. 
  • Meningkatkan brand awareness dengan kampanye di berbagai media secara berkelanjutan. 
  • Memberikan layanan retur bila ada kerusakan pada mainan ketika pengiriman atau pembelian. 

Buat Strategi dengan Mempertimbangkan Faktor-faktor Tersebut!

Dari faktor-faktor yang sudah dijabarkan tersebut, kini saatnya kamu menentukan strategi apa yang bisa dilakukan untuk menggaet mereka, terutama dalam strategi pemasaran dan penjualan. Dengan strategi pemasaran yang tepat, penjualan akan meningkat. Keuntungan pun akan terus naik dari tahun ke tahun. Akhirnya, bisnis bisa berkemang. 

Karena itulah, kamu harus memperhatikan faktor-faktor agar konsumen tertarik untuk membeli produk dalam bisnis mainan anak. Pastikan untuk terus memantau hasil dari strategi pemasaran yang dipilih dan melakukan evaluasi secara berkala. Dengan begitu, proses perbaikan bisa segera dilakukan begitu ada indikasi penjualan telah menurun.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Panduan Bisnis untuk Usahamu
[Download Ebook] 7 Tanda Bisnis Kamu Butuh Pinjaman Usaha
Strategi Bisnis Untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
[Download Ebook] Strategi Bisnis untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial ebook cover
[Download Ebook] Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial
Berlangganan
E-Book Gratis

Bacaan pilihan untuk kamu, para pejuang mimpi