Home » Strategi-bisnis » Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Oleh-Oleh

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Oleh-Oleh

Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Oleh-Oleh

Membuka cabang untuk menambah jangkauan bisnis adalah langkah tepat mengembangkan dan memperluas bisnis oleh-oleh kamu. Terdapat faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis yang perlu kamu ketahui sebelum menetapkan lokasi bisnis selanjutnya. 

Apa sajakah faktor tersebut? Simak daftarnya di bawah ini, ya. 

Perhatikan Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Oleh-Oleh 

Terdapat delapan faktor yang harus kamu jadikan pertimbangan saat menentukan lokasi baru bisnis oleh-oleh.  

Biaya Pengeluaran

Untuk memilih lokasi bisnis oleh-oleh selanjutnya, kamu dapat mempertimbangkan dari segi faktor biayanya terlebih dahulu. Cari tahu apakah biaya yang akan kamu keluarkan untuk mendapatkan lokasi bisnis selanjutnya sesuai dengan perencanaan keuangan bisnis kamu. 

Adapun biaya yang dimaksud bukan hanya semacam biaya beli tanah atau biaya sewa gedung saja. Terdapat biaya pengeluaran tertentu yang kemungkinan akan kamu butuhkan, contohnya mulai dari biaya renovasi dan pajak bangunan

Mempertimbangkan biaya-biaya tersebut akan membantu kamu menyesuaikan proses seleksi lokasi bisnis selanjutnya agar lebih cepat menemukan lokasi yang sesuai. Lakukan riset menyeluruh sehingga kamu tahu detail estimasi biaya yang kamu butuhkan. 

Jarak dengan Lokasi Bisnis Oleh-Oleh Lain

Umumnya, bisnis oleh-oleh terletak berdekatan antara satu sama lain, hanya berjarak sekitar 1 kilometer sampai 3 kilometer saja. Namun, hal ini menguntungkan terutama saat satu tempat oleh-oleh sedang ramai sehingga para wisatawan akan mencari tempat lain yang lebih sepi. 

Jika kamu ingin memanfaatkan faktor tersebut, maka ada baiknya kamu menemukan lokasi strategis di sekitar pusat bisnis tersebut. Namun, apabila kamu tidak berniat memanfaatkan hal tersebut dan memiliki rencana pendekatan bisnis lain, kamu bisa mencari lokasi lain. 

Gaya Berjualan

Dalam bisnis oleh-oleh, kamu dapat menentukan target pasar kamu. Apakah kalangan menengah ke atas atau sebaliknya? Dari hal tersebut, kamu kemudian dapat menentukan lokasi atau tempat bisnis seperti apa yang kamu inginkan.  

Jika menargetkan pasar modern, maka toko oleh-oleh kamu bisa berada di dalam sebuah mall atau di sekitar bandara dengan suasana toko yang mewah. Namun, jika menargetkan wisatawan domestik, mungkin memilih lokasi di sekitar destinasi wisata akan lebih baik. 

Toko oleh-olehnya kemudian dapat kamu buat lebih meriah dan menekankan unsur budaya dari daerah terkait. Cara ini akan menarik lebih banyak pelanggan dengan minat yang sesuai. 

Demografi

Apabila memutuskan untuk membangun tempat bisnis oleh-oleh selanjutnya di sekitar destinasi wisata, kamu harus memikirkan demografi sekitarnya

Pada tempat wisata, tidak hanya ada wisatawan domestik. Kemungkinan besar bisnis kamu juga akan mendapatkan pembeli yang merupakan wisatawan asing. Faktor ini kemudian berpengaruh pada kualifikasi pegawai. 

Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang cakap menjadi syarat wajib untuk calon pegawai di tempat selanjutnya. Proses seleksi pegawai akan memakan waktu, itulah mengapa kamu harus mempertimbangkan faktor ini jauh-jauh hari. 

Lalu, selain itu kamu juga harus memperhatikan bisnis lokal di sekitar. Pertimbangkan apakah keberadaan bisnis lokal tersebut mempengaruhi bisnis oleh-olehmu atau sebaliknya. 

Kedekatan dengan Fasilitas Publik dan Bisnis Lainnya

Tempat seperti pasar, rumah makan, restoran, halte, stasiun, dan sejenisnya, juga tidak boleh kamu lewatkan ketika memikirkan faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis selanjutnya. 

Bisnis lain dan fasilitas publik akan menjadi hal yang memudahkan kamu dan tim selama proses membangun bisnis di lokasi baru, terutama untuk keperluan seperti pulang-pergi atau makan siang pegawai. 

Akses Jalan dan Lahan Parkir

Sebuah toko oleh-oleh akan sangat bagus apabila memiliki lahan parkir luas yang dapat memuat parkir banyak motor maupun mobil, baik untuk kamu dan pegawai serta pelanggan toko. 

Lalu, jika lokasi baru bisnis kamu di pinggir jalan raya, perhatikan apakah lahan parkir tersebut terlalu mepet ke jalan raya sehingga dapat mengganggu lalu lintas jalanan? Perhatikan juga luas lahan parkir beserta jaraknya ke jalanan untuk keamanan bersama.

Kemudian, akses jalan yang mudah juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi bisnis oleh-oleh kamu. Apakah jalan menuju lokasi bisnismu cukup besar dan lebar untuk mobil keluar-masuk?

Selain itu, apakah lokasinya di Google Maps sudah sesuai? Memastikan lokasi bisnis kamu sudah sesuai di Maps akan memudahkan siapapun yang ingin menemukan lokasi bisnismu. Jadi, perhatikan hal-hal tersebut juga, ya. 

Infrastruktur Bangunan

Saat kamu memutuskan membeli bangunan jadi, jangan sampai melewatkan pengecekan infrastruktur bangunannya. 

Periksa apakah bangunan tersebut didukung oleh infrastruktur yang memadai mulai dari mengecek aliran listrik, saluran udara, sumber air, dan faktor pendukung lainnya seperti kekuatan jaringan internet. 

Kamu dapat meminta bantuan insinyur berpengalaman untuk mengecek keadaan bangunan agar lebih yakin. 

Keamanan Lokasi

Bukan hanya toko perhiasan saja yang butuh perlindungan, toko oleh-oleh kamu selanjutnya juga harus memiliki tingkat keamanan yang terjamin. Jangan sampai kamu luput tentang masalah keamanan ini, sehingga menjadi ancaman bagi kamu dan perkembangan bisnis kedepannya. 

Apabila menyewa sebuah bangunan, tanyakan pada pemilik gedung apakah terdapat fasilitas CCTV yang dapat kamu gunakan. Jika tidak ada, mintalah izin untuk memasang CCTV untuk toko oleh-oleh baru kamu. 

Selain itu, kamu juga dapat mencari tahu lokasi kantor polisi terdekat beserta kontak yang bisa dihubungi. Lakukan semaksimal mungkin langkah pencegahan agar dapat meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi. 

Demikian faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis oleh-oleh selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan agar tempat bisnis oleh-oleh yang baru dapat berkembang dengan baik. 

Sudah siap mengembangkan bisnis oleh-oleh kamu? Jangan lupa memperhatikan faktor-faktor tersebut, ya!


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Faktor Penting Pemilihan Lokasi untuk Perluas Bisnis Oleh-Oleh

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​