Home » Strategi-bisnis » Mau Tahu Cara Kembangkan Cabang Bisnis Oleh-oleh? Ini Dia Tipsnya

Mau Tahu Cara Kembangkan Cabang Bisnis Oleh-oleh? Ini Dia Tipsnya

Mau Tahu Cara Kembangkan Cabang Bisnis Oleh-oleh? Ini Dia Tipsnya

Membuka cabang baru adalah sebuah pencapaian dalam sebuah bisnis oleh-oleh. Tapi bagaimana cara kembangkan cabang bisnis oleh-oleh? Apakah sama dengan bisnis utama atau terdapat perbedaan?

Tentu saja ada perbedaan dalam mengembangkan bisnis. Apalagi untuk usaha bukan kebutuhan pokok, seperti toko oleh-oleh

Namun tenang saja, kamu bisa mendapatkan cara-caranya jika membaca ulasan ini. Simak ya!

Waktu yang Tepat Kembangkan Cabang Bisnis Oleh-oleh

Sebelum mengetahui tipsnya, kamu harus memahami kapan waktu yang tepat untuk membuka cabang baru pada toko oleh-oleh kamu. 

Terlalu Ramai

Pertama adalah ketika cabang pertama sudah terlalu ramai pelanggan. Toko sudah terlalu sesak, akses parkiran juga sempit. Sementara untuk memperluas toko sudah tidak memungkinkan lagi. 

Pertimbangkan untuk membuka cabang baru untuk bisnis oleh-oleh kamu. Tujuannya agar seluruh pelanggan bisa terlayani dengan baik.

Sebab, jika keadaan toko tidak kondusif, maka bisa membuat pelanggan merasa sesak dan akhirnya memilih untuk mencari tempat yang lebih sepi. Tidak mau kan kehilangan calon pelanggan potensial?

Toko Pertama Berhasil

Pastikan toko kamu berhasil jika ingin mengembangkan bisnis kedua dan ketiga. Apa patokannya?

  • Omset melebihi target;
  • Mempunyai pelanggan setia;
  • Keuangan lancar dan tidak ada masalah;
  • Semua standar pelayanan dan karyawan berjalan dengan baik.

Jika semua aspek ini telah kamu capai, peluang untuk kamu membangun toko oleh-oleh kedua dan ketiga. Tujuannya agar mempermudah pelanggan mencari oleh-oleh.

Memiliki Modal

Usaha tidak bisa berhasil apabila modalnya tidak ada. Jadi waktu yang tepat untuk mengembangkan cabang bisnis adalah ketika modal kamu telah terpenuhi. Baik melalui kantong pribadi, maupun meminjam ke layanan perbankan.

Semakin baik apabila kamu memiliki seorang investor, atau orang yang ingin berpartner dengan kamu. Sehingga kamu bisa menyimpang uangmu sendiri, dan tidak bingung modal usaha.

Cara Kembangkan Cabang Bisnis Oleh-oleh

Setelah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berkembang, simak tips yang bisa kamu lakukan. Di antaranya:

Buatlah Business Plan

Sebelum melakukan ekspansi bisnis, buatlah dulu business plan. Isi dari perencanaan bisnis ini ada berbagai macam aspek. Seperti:

    • Profil perusahan melingkupi visi dan misi;
    • Deskripsi produk oleh-oleh;
    • Perencanaan pemasaran;
    • Perencanaan keuangan;
    • Analisis kompetitor;
    • Timeline;
    • Operation.

Buat perencanaan bisnis secara hati-hati. Jangan lupa untuk melakukan pengamatan sebagai dasar perencanaan bisnis kamu.

Siapkan Branding 

Biasanya cabang bisnis akan kalah dengan yang utama. Bahkan jika konsepnya tidak matang, toko oleh-oleh cabang bakal sepi pelanggan.

Sayang sekali bukan?

Padahal keberadaannya biasanya menjadi pembantung jika cabang utama sudah tidak sanggup melayani pelanggan dengan baik. Namun jika brandingnya tidak berjalan, bisa jadi bumerang untuk bisnis kamu.

Maka dari itu, mulai sebelum pembukaan cabang, persiapkan branding yang baik. Susun keunggulan berbelanja oleh-oleh di toko cabang.

Misalnya saja parkiran lebih luas, tempat juga lebih lebar dari toko utama. Atau beberapa keunggulan lain seperti toko dilengkapi restoran makanan khas, untuk memanjakan wisatawan.

Branding ini bisa kamu kerjakan baik melalui offline dengan menulis informasi di toko, atau bahkan online. Cara daring misalnya dengan memberikan info melalui gambar grafis, dan lain sebagainya.

Evaluasi Target Market

Lakukan evaluasi terhadap target market kamu. Siapa saja targetnya? Apa hanya pelanggan di toko pertama yang tidak mendapatkan pelayanan dengan baik, atau ada target market lain? 

Target lain misalnya saja jika kamu melakukan penambahan produk dan inovasi di toko kamu. Semua itu bisa kamu tulis sebagai target pasar. Jadikanlah bahan evaluasi dan pertimbangan untuk mengembangkan bisnis toko oleh-oleh. 

Persiapkan Modal Usaha

Cara kembangkan cabang bisnis oleh-oleh berikutnya adalah dengan mempersiapkan modal yang cukup. Hal ini sangat penting untuk keberlangsungan bisnis.

Perencanaan bisnis yang kamu buat bisa dijadikan dasar besaran modal untuk pembukaan cabang yang baru. Kemudian putuskan akan melakukan pembiayaan sendiri, atau dengan meminjam bank.

Kamu juga bisa menawarkan ini ke investor dan partner. Tentu saja dengan perjanjian yang jelas, agar tidak menjadi masalah kedepannya.

Buatlah Pembeda

Meski merupakan toko cabang, tapi tidak ada salahnya jika kamu membuatnya berbeda dengan toko utama. Mulai dari desain interior maupun macam-macam produknya.

Hal yang tidak boleh berubah adalah citra bisnis dan produk utama. Misalnya saja kamu menjual produk pia. Maka di cabang kedua, produk ini juga harus ada.

Bedanya adalah, selain pia kamu bisa menjual produk lain. Asalkan produk utama tidak tergantikan keberadaannya.

Sementara dalam sisi desain, citra dari toko oleh-oleh usahakan sama. Misalnya kamu memilih nuansa tradisional klasik, maka baik toko utama dan kedua, harus sama-sama klasik. Bedanya hanya dalam mengambil aksesoris atau situasi.

Sudah Siap Ekspansi Usaha?

Apabila kamu sudah memperhatikan dan membuat beberapa poin di atas, proses ekspansi bisnis kamu sudah bisa dimulai. Hal terpenting adalah usahakan toko utama tetap berjalan dengan baik. Sehingga tidak ada yang dirugikan jika ada ekspansi bisnis.

Kamu juga harus tetap konsisten dan terus melakukan evaluasi. Supaya bisnis berjalan dengan lancar dan matang.

Itu cara kembangkan cabang bisnis oleh-oleh yang wajib kamu ketahui. Semoga sukses dengan cabang yang baru ya!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Mau Tahu Cara Kembangkan Cabang Bisnis Oleh-oleh? Ini Dia Tipsnya

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​