Home » Strategi-bisnis » Tips yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Oleh-Oleh agar Tumbuh Pesat

Tips yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Oleh-Oleh agar Tumbuh Pesat

Tips yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Oleh-Oleh agar Tumbuh Pesat

Bisnis oleh-oleh merupakan ide bisnis potensial yang dapat kamu jalani. Bisnis ini memiliki banyak nilai jual yang akan menghasilkan keuntungan besar apabila kamu paham cara menjalankannya. Oleh karena itu, pahami terlebih dahulu tips yang harus dipelajari pemilik bisnis oleh-oleh

Tujuannya agar kamu dapat mencapai keuntungan dengan menumbuhkan bisnis tersebut menjadi besar. Tumbuh pesatnya bisnis oleh-oleh kamu juga akan berdampak positif pada perekonomian lokal. Jadi, mari simak lima tips menumbuhkan bisnis berikut ini, ya. 

Tips yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Oleh-Oleh

Buat bisnis oleh-oleh milikmu tumbuh pesat dengan mempelajari dan menerapkan lima tips bisnis berikut ini. 

Pelajari  5W + 1H Bisnis

Saat membuka bisnis oleh-oleh, kamu harus menganalisis 5W + 1H terlebih dahulu agar dapat membuat perencanaan bisnis yang matang. 5W + 1H merupakan formula yang terdiri dari enam pertanyaan sebagai metode pendekatan analisis bisnis dari berbagai perspektif. Enam pertanyaan tersebut adalah What, Who, Where, When, Why, dan How.

What

What atau Apa, merupakan pertanyaan untuk membantu kamu mendeskripsikan oleh-oleh jenis apa yang ingin kamu jadikan produk bisnis. 

Oleh-oleh suatu daerah ada banyak jenisnya, mulai dari makanan, aksesoris, pakaian, dan lain-lain. Pilih bidang yang paling kamu pahami atau sukai agar lebih nyaman saat menjalani bisnisnya. 

Who

Lalu, Who atau Siapa merujuk kepada target pasar dari bisnis oleh-oleh kamu. Dalam bisnis oleh-oleh, calon pembeli atau konsumen bisnisnya adalah wisatawan. Kategori wisatawan umumnya terbagi dua, yaitu wisatawan domestik dan wisatawan asing. 

Where

Kemudian, Where atau Di mana adalah lokasi atau tempat untuk melakukan bisnis oleh-oleh kamu. Dalam hal ini, bisnis oleh-oleh strategis bila terletak di destinasi wisata daerah yang kamu jadikan subjek bisnis oleh-olehnya. 

Sebagai contoh, letak strategis bisnis oleh-oleh di Semarang salah satunya adalah di sekitar Simpang Lima yang merupakan salah satu ikon Kota Semarang. 

When

Berikutnya, When atau Kapan membantu kamu menentukan segala sesuatu yang terkait dengan tanggal atau waktu. Kamu dapat merencanakan peraturan bisnis seperti jam dan hari toko oleh-oleh kamu buka. 

Why

Setelah itu, Why atau Mengapa adalah pertanyaan penentu yang membantu kamu menekankan latar belakang dari pertanyaan-pertanyaan sebelumnya. Mengapa kamu harus memilih bisnis oleh-oleh di bidang makanan? Begitu pula dengan pertanyaan lainnya. 

Pertanyaan ‘Why’ ini juga menjadi elemen untuk menentukan analisis SWOT dari bisnis kamu. Analisis SWOT membahas tentang kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dari bisnis oleh-oleh yang akan kamu jalani. 

How

Jika sudah menemukan faktor kuat yang melatarbelakangi pertanyaan sebelumnya, barulah setelah itu kamu dapat menjawab pertanyaan How atau Bagaimana. Pertanyaan ini lebih mengarah ke hal-hal teknis bisnis kamu. 

Contohnya, untuk mewujudkan bisnis oleh-oleh makanan, maka kamu harus mengumpulkan bahan baku dengan membelinya dari produsen lokal. Pertanyaan How adalah langkah-langkah yang harus kamu lalui untuk mewujudkan bisnis oleh-oleh tersebut. 

Buat Desain Menarik untuk Mendukung Pemasaran

Untuk mengundang konsumen datang, kamu harus bisa menonjolkan nilai jual dari bisnismu. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan desain menarik. Desain ini tidak hanya berlaku di kemasan produk, namun juga desain toko oleh-olehnya. 

Hias dinding toko dengan mural produk oleh-oleh yang diwarnai oleh warna cerah agar dapat membuat pengunjung toko terkesan dan penasaran dengan isi tokomu. Desain menarik akan mengundang orang untuk mengabadikan momen berkunjung dengan berfoto di tokomu. 

Hal tersebut kemudian mendukung tips selanjutnya, yaitu penggunaan sosial media. 

Perluas Jangkauan Bisnis Lewat Sosial Media

Optimalkan peluang bisnis dengan membuka akun sosial media sebagai media pemasaran bisnis oleh-oleh kamu. Saat ini sosial media dengan pengguna teraktif adalah Instagram dan TikTok.

Lakukan pemasaran digital, atau umumnya digital marketing, dengan memanfaatkan sosial media tersebut untuk memperluas jangkauan bisnis oleh-oleh kamu. Langkah ini dapat memperluas jangkauan bisnis bahkan sampai ke luar negeri karena tidak ada batasan geografis.

Sosial media dapat menarik orang-orang di berbagai belahan dunia untuk berkunjung ke daerah subjek bisnis oleh-oleh kamu apabila kamu aktif membuat konten. Peluang bisnis tumbuh pesat pun menjadi semakin besar lewat eksistensi bisnis secara online.

Variasikan Produk dan Harganya 

Merupakan calon konsumen teratas suatu bisnis oleh-oleh, latar belakang wisatawan tidak bisa kamu lihat sama rata. Terdapat wisatawan yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli oleh-oleh. 

Namun, ada juga wisatawan yang lebih memilih menghabiskan uangnya untuk pengalaman berwisata di suatu daerah daripada membeli oleh-olehnya. Itulah kenapa kamu butuh variasi produk dan harga yang dapat menarik segala jenis wisatawan dari segala kalangan. 

Untuk menyediakan produk oleh-oleh dengan harga lebih terjangkau, kamu dapat menyiasatinya dengan menemukan dan mengeliminasi biaya operasional tersembunyi seperti yang terdapat pada proses pembayaran. 

Itulah mengapa kamu harus menyediakan metode pembayaran yang lengkap karena biasanya wisatawan yang membayar dengan kartu kredit mengeluarkan lebih banyak uang di toko oleh-oleh daripada wisatawan yang membayar dengan uang cash. 

Lakukan Networking dengan Bisnis Pendukung

Kamu dapat bekerja sama dengan UMKM yang menyediakan kebutuhan bisnis oleh-oleh kamu. Misalnya, apabila kamu membuka bisnis oleh-oleh makanan, maka kamu harus bekerja sama dengan UMKM yang menjual kuliner khas daerah tersebut. 

Selain membangkitkan perekonomian lokal, kamu akan mendapatkan sumber tangan pertama yang terpercaya dan terjamin kualitasnya. 

Tidak hanya UMKM saja, melakukan networking dengan perusahaan tour maupun travel akan menambah peluang bisnis oleh-oleh kamu karena pemasaran menjadi lebih mudah. 

Kamu dapat membuat kontrak kerja sama dengan bisnis travel agar bisnis oleh-olehmu bisa masuk ke dalam itinerary atau rencana perjalanan wisata mereka. Tidak hanya meningkatkan pembelian, para wisatawan yang puas juga akan merekomendasikan toko oleh-oleh kamu ke kerabatnya yang lain. 

Akhirnya, kamu, bisnis pendukung, serta konsumen jadi sama-sama untung, bukan? Itulah alasan networking menjadi salah satu tips yang harus dipelajari pemilik bisnis jika ingin bisnis mereka tumbuh pesat. 

Demikian tips bagi pemilik bisnis oleh-oleh yang dapat kamu terapkan untuk mewujudkan sebuah bisnis oleh-oleh yang sukses. Mulai dari membuat analisis melalui metode 5W + 1H sampai dengan networking ke sesama bisnis di bidang pariwisata. 

Setelah menyimak berbagai tips tersebut, menurutmu mana tips utama yang harus dipelajari pemilik bisnis?


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis oleh-oleh kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Tips yang Harus Dipelajari Pemilik Bisnis Oleh-Oleh agar Tumbuh Pesat

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​