Home » Strategi-bisnis » Cara Memulai Bisnis Oleh-oleh Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Oleh-oleh Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Oleh-oleh Untuk Pemula

Bisnis oleh-oleh sangat menguntungkan untuk kamu yang tinggal di kota wisata. Tak ayal, banyak sekali artis yang memiliki bisnis ini. Apalagi cara memulai bisnis oleh-oleh juga cukup mudah. 

Kamu tidak harus membuka outlet besar jika menjalankan bisnis ini. Apalagi jika rumah kamu memiliki letak yang strategis. Cukup sediakan etalase dan pajang beberapa oleh-oleh.

Cara Memulai Bisnis Oleh-oleh

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuka bisnis oleh-oleh sendiri, antara lain:

Tentukan Target

Kamu harus mengetahui siapa saja target jualan kamu dalam bisnis ini. Apakah para penikmat wisata, atau bahkan orang yang rindu akan oleh-oleh khas, tapi jarang pulang ke kampung halaman?

Pelajari juga apa yang disukai oleh target market, termasuk range budget mereka untuk belanja oleh-oleh. Tentukan siapa target market kamu. Supaya mudah dalam menentukan produk yang akan dijual, dan cara pemasarannya.

Target market ini juga penting lho untuk menentukan perlu tidaknya outlet. Apalagi jika kamu masih minim modal. Sementara outlet online saja sudah cukup.

Pilih Produk

Kemudian pilih produk apa saja yang akan kamu jual di outlet. Pilihlah produk yang asli daerah, dan banyak dicari oleh target market kamu.

Setelah itu mulailah hunting produsen dari produk oleh-oleh kamu. Pertimbangkan rasa dan daya tarik dari masing-masing produk untuk mempermudah memasarkan produk oleh-oleh tersebut.

Jangan lupa untuk menanyakan terkait kerjasama dan harga grosir kepada produsen. Untuk memudahkan kamu memilih produsen yang baik untuk diajak bekerjasama.

Merancang Strategi Marketing

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, ketika kamu telah menentukan target market, maka mudah saja untuk merancang outlet. Kamu harus menentukan akan seperti apa outlet oleh-oleh impian kamu. Tentu saja disesuaikan dengan budget yang bisa kamu sediakan.

Ada dua cara penjualan yang bisa kamu terapkan yaitu offline dengan outlet dan online tanpa outlet. Sebenarnya kedua cara ini bisa kamu lakukan bersamaan, jika memiliki anggaran yang cukup.

Misalnya saja anggaran yang kamu sediakan masih belum bisa untuk membuat toko. Maka cukup buat etalase online yang memperlihatkan berbagai macam produk untuk dipilih oleh wisatawan.

Namun jika anggaran yang kamu miliki bisa untuk membuka toko, tidak ada salahnya untuk langsung berjualan di toko kamu. Tentu keberadaan pemasaran online tidak bisa disepelekan. Kamu bisa sekaligus berjualan online.

Siapkan Perizinan

Cara memulai bisnis oleh-oleh yang keempat adalah mempersiapkan dokumen perizinan. Point ini sebenarnya sering dilewati oleh pengusaha pemula. Padahal keberadaannya sangat penting untuk kelangsungan bisnis kamu.

Daftarkan bisnis untuk memperoleh nomor induk berusaha (NIB). Kemudian ikuti langkah yang ada. Dokumen ini bisa membantu kamu apabila ada penindakan usaha dan lain sebagainya.

Dengan melengkapi dokumen yang ada, data kamu juga tercatat di pemerintahan. Sehingga peluang untuk masuk komunitas dan tergabung menjadi binaan dari pemerintah juga semakin besar.

Miliki Keunikan

Kelima adalah memiliki keunikan tersendiri. Menjamurnya bisnis oleh-oleh membuat kamu harus memiliki keunggulan sendiri supaya terus diingat oleh masyarakat.

Misalnya saja dengan cara menghias toko layaknya potret jaman dahulu. Jajanan yang dijual pun adalah oleh-oleh jaman dahulu, dengan modifikasi modern.

Keunikan-keunikan ini mampu membranding bisnis kamu. Sehingga cara menjualnya di masyarakat juga semakin mudah.

Siapkan Modal

Jangan lupa untuk mempersiapkan modal usaha untuk bisnis oleh-oleh kamu. Tulislah seluruh kebutuhan, lalu siapkan modal untuk mencukupinya.

Kamu juga harus menentukan dari mana modal bisa didapat. Apa dari kantong pribadi, pinjam ke bank atau investor. Semua bisa kamu catat dan pilih sesuai dengan keinginan kamu. 

Sebagai saran, siapkan budget lebih untuk membuka outlet. Misalkan hasil hitung menunjukkan kamu butuh modal Rp 50.000.000. Siapkan paling tidak anggaran Rp 65.000.000 untuk hal-hal tidak terduga.

Persiapkan Perlengkapan

Cara memulai bisnis oleh-oleh yang ketujuh adalah mempersiapkan segala perlengkapan untuk jualan. Apa saja? Misalnya…

  • Etalase produk;
  • Produk yang akan dijual;
  • Nota atau seperangkat komputer untuk penjualan;
  • Kantong belanja dan box untuk oleh-oleh;
  • Seluruh perlengkapan toko.

Dalam mempersiapkan toko, jangan lupa untuk membubuhkan nama usaha kamu di masing-masing tempat. Misalnya saja untuk papan nama toko, kantong belanja dan kardus. Supaya masyarakat mengetahui tempat belajar oleh-oleh yang mereka datangi.

Siapkan Karyawan

Tentukan dengan siapa kamu akan bekerja. Apakah hanya dengan anggota keluarga, atau perlu untuk merekrut karyawan? Semua harus kamu pikirkan karena berhubungan dengan kelangsungan bisnis.

Meskipun kamu bekerja dengan anggota keluarga, maka penting untuk menentukan jam kerja juga upah yang harus didapatkan. Supaya bisnis ini berjalan secara profesional, bukan asas kekeluargaan.

Kolaborasi

Jaring relasi sebanyak mungkin. Pada bisnis oleh-oleh, kamu bisa berkolaborasi dengan tour and travel, pemerintah dan tempat wisata.

Supaya saat ada wisatawan, relasi kamu bisa mengarahkan untuk membeli oleh-oleh di tempat kamu. Tentu saja kamu juga harus menghitung upah khusus bagi mereka yang mengajak beli oleh-oleh di outlet kamu.

Kunci sukses untuk memulai bisnis adalah mau berusaha dan yakin. Kemudian kamu juga harus berkomitmen, fokus dan konsisten untuk kelangsungan bisnis oleh-oleh kamu.

Demikian cara memulai bisnis oleh-oleh untuk pemula. Lakukan dengan sungguh-sungguh ya! Semoga bermanfaat.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis oleh-oleh kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Memulai Bisnis Oleh-oleh Untuk Pemula

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​