Home » Strategi-bisnis » Kunci Sukses Bisnis Oleh-oleh, Pelajari Disini!

Kunci Sukses Bisnis Oleh-oleh, Pelajari Disini!

Kunci Sukses Bisnis Oleh-oleh, Pelajari Disini!

Berbisnis oleh-oleh bukan hal yang mudah. Apalagi jika kamu masih merupakan pebisnis pemula. Penting untuk mempelajari kunci sukses bisnis oleh-oleh. Sebab, market bisnis ini hanya kalangan tertentu. Bahkan keberadaannya musiman alias hanya ramai di saat-saat tertentu.

Tapi semua itu bisa diusahakan kok. Asal kamu tetap konsisten terhadap produk, dan fokus kepada tujuan penjualan oleh-oleh

Kunci Sukses Bisnis Oleh-oleh

Coba lakukan beberapa poin ini, supaya bisnis oleh-oleh kamu berhasil!

Memahami Target Market

Jangan bosan dengan poin ini ketika berbicara soal kesuksesan bisnis. Sebab, target market memang hal yang utamanya untuk keberlangsungan bisnis.

Meski begitu, banyak pengusaha yang luput ketika berbicara target marketnya. Bahkan tidak diketahui jelas, siapa targetnya. Asal bisa menjual produk.

Padahal ketika kamu mengetahui target market, memilih produk oleh-oleh dan pemasarannya bisa jauh lebih mudah. Karena kamu sudah punya dasar.

Beberapa target market yang bisa kamu pilih misalnya wisatawan, pemerintahan atau juga orang yang rindu akan kampung halaman. Lalu segmentasinya bisa kaum menengah ke bawah atau ke atas. Tentukan jika kamu masih belum memiliki rancangan target market.

Stok Barang Tersedia

Pelanggan pasti akan senang apabila produk oleh-oleh yang dibutuhkan selalu ready. Apalagi jika ketersediaannya banyak. Maka menjadi poin plus karena berarti toko selalu memperhatikan stok barang.

Berbeda jika produk oleh-oleh tidak selalu tersedia. Maka pelanggan akan merasa kecewa. Apalagi jika hal ini bukan pertama kali terjadi.

Untuk itu, sebagai pemilik usaha kamu wajib memperhatikan stok produk oleh-oleh. Apabila barang sudah mulai menipis, maka segera pesan ke produsen atau distributor produk. Agar segera diantarkan menuju toko.

Rajin Memasarkan Produk

Kunci sukses bisnis oleh-oleh berikutnya adalah rajin dalam memasarkan produk. Jangan ragu untuk melakukan berbagai teknik marketing. Baik secara online maupun offline.

Pada kanal online misalnya. Rajinlah mengunggah gambar dan video di sosial media. Informasikan mengenai produk oleh-oleh dan berbagai reviewnya.

Sementara untuk pemasaran offline, kamu bisa rajin mengikuti berbagai event atau pameran. Pasarkan produk kamu ke pelanggan dengan baik. Paparkan juga keunggulannya supaya pelanggan tertarik.

Pelayanan yang Baik

Kunci keberhasilan sebuah bisnis adalah pelayanan yang baik. Selalu ramah terhadap pelanggan, apapun latar belakangnya. Kamu juga dilarang untuk pilih-pilih pelanggan.

Misalnya saja pada toko oleh-oleh Bakpia Djava. Meski ramai pengunjung, tapi pramuniaga tetap ramah dan siap membantu kebutuhan pelanggannya. 

Mereka memakai sistem jemput bola, alias menghampiri pelanggan apabila terlihat kebingungan. Pramuniaga ini akan membantu pelanggan untuk mendapatkan produk oleh-olehnya hingga proses pembayaran.

Tak hanya itu, mereka juga menyediakan tester untuk pelanggan yang ingin mencoba bakpianya. Tentu saja hal ini membuat pelanggan senang, karena mendapatkan pelayanan terbaik untuk mencari oleh-oleh.

Tak heran jika toko oleh-oleh Bakpia Djava selalu ramai pengunjung. Hampir jarang terlihat sepi, karena ada banyak pelanggan dari berbagai daerah.

Kemudahan Bertransaksi

Kelima, kunci sukses bisnis oleh-oleh adalah kemudahan dalam bertransaksi. Ingat ya, pelanggan tidak ingin ribet ketika akan membeli oleh-oleh. 

Ada beberapa cara supaya pelanggan mudah bertransaksi di toko kamu. Misalnya saja dalam menyediakan metode pembayaran. Mulai dari cash hingga melalui kartu debit dan kredit.

Kemudahan lain yang bisa kamu tawarkan adalah kepraktisan dalam kemasan oleh-oleh. Contohnya apabila pelanggan membeli oleh-oleh dalam jumlah besar, maka kamu sudah memiliki kardus atau media yang besar untuk membungkus produk tersebut. Sehingga pelanggan tidak dibingungkan perkara pengemasan produk.

Hal lain yang bisa kamu terapkan adalah layanan pesan antar. Baik di wilayah yang sama maupun harus berbeda wilayah.

Pelanggan bisa memesan macam-macam oleh hanya dari telepon. Kemudian kamu bisa mengantarnya ke hotel atau mengirim dengan menggunakan ekspedisi. 

Jika toko kamu mudah dalam bertransaksi, maka pelanggan tidak akan berpikir dua kali untuk kembali berbelanja. Bahkan bisa jadi dia akan menjadi pelanggan setia toko kamu.

Terus Berinovasi

Terakhir adalah terus melakukan inovasi untuk kemajuan toko oleh-oleh. Kamu tidak bisa hanya menjual produk yang sama selama beberapa tahun. Padahal ada banyak produk oleh-oleh baru yang sudah dibuat oleh produsen.

Buatlah inovasi dengan menambahkan produk baru. Lalu mengemasnya menjadi lebih menarik untuk jadi produk oleh-oleh.

Inovasi lain yang bisa kamu lakukan adalah merombak toko atau outlet supaya lebih estetik. Sehingga tujuan pelanggan tidak hanya untuk membeli oleh-oleh, namun juga berfoto di tempat tersebut.

Kamu juga bisa melakukan inovasi dengan kolaborasi bersama stakeholder wisata. Misalnya menyediakan paket oleh-oleh dari yang harganya murah sampai mahal.

Modal Sukses Bisnis Oleh-oleh

Segala bisnis akan berhasil apabila kamu berusaha dan bekerja sekuat tenaga. Jangan lupa untuk menjaga konsistensi dalam memasarkan produk. Kemudian lakukan evaluasi secara berkala dengan karyawan, terkait pengembangan toko.

Kamu juga harus menyadari apabila ada produk oleh-oleh yang memiliki review buruk. Segera lakukan penggantian dengan produk merek lain jika itu terjadi. Untuk menjaga nama baik toko kamu dengan produk berkualitas.

Demikian kunci sukses bisnis oleh-oleh yang bisa mulai kamu terapkan. Semoga berhasil dengan bisnis kamu ya!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis oleh-oleh kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Kunci Sukses Bisnis Oleh-oleh, Pelajari Disini!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​