Home » Strategi-bisnis » Begini Cara Buat Brand Bisnis Wisata Kamu Semakin Dikenal

Begini Cara Buat Brand Bisnis Wisata Kamu Semakin Dikenal

Begini Cara Buat Brand Bisnis Wisata Kamu Semakin Dikenal

Bagaimana cara yang tepat untuk membuat brand bisnis wisata semakin dikenal konsumen?

Bisnis wisata merupakan bisnis yang terbilang cukup menjanjikan.

Walaupun sempat mengalami penurunan akibat pandemi COVID-19 di awal 2020 lalu, kini bisnis wisata mulai menunjukkan potensinya kembali.

Namun, kamu tetap perlu melakukan promosi dengan baik agar wisata yang kamu bangun bisa banyak orang kenali dan kunjungi.

Lantas, bagaimana caranya membuat brand bisnis wisata milikmu bisa semakin dikenal kelompok masyarakat yang lebih luas?


5 Cara Membuat Brand Bisnis Wisata Semakin Terkenal

Kegiatan promosi & pemasaran merupakan hal yang hukumnya wajib dilakukan jika ingin bisnismu semakin konsumen kenali.

Tidak terkecuali untuk bisnis wisata.

Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisnis wisata yang kamu rintis bisa semakin banyak orang kenali.

Silakan disimak!


1. Membangun brand identity

Bangun identitas bisnis yang menarik agar para konsumen bisa lebih tertarik untuk mengunjungi lokasi bisnis wisatamu.

Untuk membangun identitas bisnis ini kamu perlu melakukan riset terhadap para kompetitor, sehingga kamu bisa membuat identitas berbeda yang tentunya lebih menarik dari yang mereka tawarkan.


2. Menentukan target pasar

Lokasi wisata biasanya merupakan tempat yang konsumen kunjungi untuk bersenang-senang, dan melepaskan penat.

Target pasar utama dari tempat wisata yaitu adalah kelompok konsumen yang membutuhkan tempat untuk bertamasya.

Namun, tentu saja hal tersebut akan bergantung kepada berbagai faktor, seperti misalnya jenis wisata apa yang bisnismu tawarkan, hingga penawaran harga dari bisnis wisata tersebut.

Penentuan target pasar ini penting untuk keberlangsungan bisnis wisatamu.

Hal ini terjadi karena masyarakat yang menjadi target pasar adalah faktor utama yang bisa membuat bisnis wisata tetap berjalan.

Terfokusnya target pasar yang telah kamu tentukan dapat sangat membantu untuk proses pengembangan dari bisnis wisata.


3. Menyelenggarakan event secara berkala

Cara berikutnya untuk bisa membuat bisnis wisata menjadi semakin terkenal adalah dengan menyelenggarakan beragam event di lokasi wisata.

Banyak acara yang bisa bisnismu selenggarakan di tempat wisata, seperti misalnya festival makanan dan juga konser musik.

Dengan mengadakan event yang berlokasi di tempat wisata, maka akan semakin banyak orang yang mengenal bisnis wisata tersebut, meskipun pada awalnya masyarakat hanya berkunjung untuk menghadiri event yang bisnismu selenggarakan.


4. Menjalin kolaborasi dengan pihak eksternal

Menjalin kerja sama atau berkolaborasi dengan berbagai macam pihak tentunya dapat membuat semakin banyak orang mengenal bisnis wisata yang kamu miliki.

Bisnis wisata memiliki cakupan yang luas, sehingga banyak memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan berbagai bisnis lain yang relevan, dan tentunya saling menguntungkan.

Sebagai contoh, tempat wisata umumnya juga memiliki sebuah food court. Salah satu kolaborasi yang bisa bisnis wisata lakukan adalah dengan mengajak kerja sama dengan brand bisnis kuliner yang banyak masyarakat gemari.

Tidak hanya itu saja, supaya semakin terkenal, kamu juga bisa menggandeng komunitas yang berpotensi untuk mendukung berkembangnya tempat wisata, seperti misalnya fotografer.

Jalin kerja sama juga dengan para influencer yang sekiranya memiliki jumlah audience yang cukup besar, sehingga akan semakin menyebarkan informasi tentang bisnis wisatamu.

Kamu juga perlu menjalin kemitraan dengan agen biro perjalanan lainnya, supaya bisa mengundang para wisatawan dari luar kota, bahkan luar negeri untuk berkunjung ke tempat bisnis wisata milikmu.


5. Menggencarkan promosi & pemasaran

Selain melakukan promosi dengan menggandeng banyak pihak dari luar, maka kamu juga perlu untuk melakukan promosi dari bisnismu sendiri.

Untuk bisa membuat tempat wisata yang kamu miliki semakin terkenal, maka kamu perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut.

Berpromosi di media sosial

Media sosial merupakan tempat yang tepat untuk melakukan promosi.

Zaman sekarang informasi sangat mudah tersebar hanya melalui bantuan media sosial.

Telah banyak bisnis yang memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk memperkenalkan bisnis mereka.

Tak terkecuali bisnis wisata, kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk menyebarluaskan informasi terkait bisnis wisata yang kamu miliki.

Buat akun media sosial di berbagai platform dengan tujuan untuk mempromosikan bisnis wisata, dan berinteraksi dengan para target pasar atau calon pengunjung.

Supaya media sosial bisa terkelola dengan baik, sebaiknya kamu mempekerjakan seorang admin yang ramah sehingga dapat melayani kebutuhan konsumen dengan baik.

Membuat & mengelola website bisnis

Tidak hanya media sosial, metode online lainnya yang berguna untuk membuat bisnis wisata semakin terkenal adalah dengan membuat website, atau situs resmi terkait bisnis wisatamu.

Buat website yang menarik dan bisa mencakup seluruh informasi tentang bisnismu.

Informasi tersebut meliputi hari kunjungan, jenis wisata apa saja yang tersedia, serta biaya untuk mengunjungi setiap atraksi yang bisnismu sajikan.

Kamu juga bisa membuat e-commerce website yang berguna untuk melakukan registrasi secara online, agar proses registrasi untuk mengunjungi tempat wisata lebih mudah.

Mendaftarkan bisnis di Google Business Profile

Platform Google telah memiliki fitur yang bisa mempermudah para pemilik bisnis dalam menjalankan bisnisnya.

Nah, kamu juga bisa memanfaatkan fitur ini sebagai salah satu strategi pemasaran.

Google Business Profile merupakan fitur yang berguna untuk memberikan informasi singkat terkait bisnis yang kamu jalankan.

Daftarkan bisnis wisatamu, dan cantumkan informasi yang mencakup waktu operasional, alamat lengkap, serta kontak dan cara mengunjungi lokasi tersebut.

Tidak hanya itu saja, Google Business Profile juga menyediakan wadah untuk para konsumen untuk memberikan ulasan terhadap kualitas jasa serta pelayanan bisnismu.

Menentukan unique selling point

Buat poin-poin yang membedakan antara bisnis wisata yang kamu miliki dengan wisata yang lain.

Tampilkan beragam keunikan dan keindahan dari tempat wisata yang kamu miliki tersebut, agar mengundang lebih banyak konsumen untuk berkunjung.


Sudah Siap Membuat Brand Bisnis Wisata Semakin Dikenal?

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat brand bisnis wisata milikmu semakin mudah & banyak konsumen kenali.

Mulai dari membangun brand identity yang sesuai dan menentukan target pasar, aktif menyelenggarakan event, melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, hingga menggencarkan kegiatan promo dan pemasaran.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Begini Cara Buat Brand Bisnis Wisata Kamu Semakin Dikenal

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​