Home » Strategi-bisnis » Faktor Penting Pemilihan Lokasi Untuk Perluas Bisnis Travel!

Faktor Penting Pemilihan Lokasi Untuk Perluas Bisnis Travel!

Faktor Penting Pemilihan Lokasi Untuk Perluas Bisnis Travel!

Ketika kamu ingin memperluas bisnis travel, tentu banyak sekali faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis yang patut diperhatikan. Terutama bidang bisnis yang kamu geluti adalah bidang travel dan tourism.

Memilih lokasi ketika memperluas sebuah bisnis akan menjadi aktivitas yang susah-susah gampang. Ada beberapa faktor pendukung dan juga faktor yang yang wajib kamu perhatikan sebelum memilih tempat baru untuk berbisnis.

Alasan Pentingnya Memperhatikan Banyak Faktor Ketika Memperluas Bisnis

Nah, sebelum membahas mengenai apa saja faktor yang wajib kamu perhatikan ketika memilih lokasi perluasan bisnis. Sebaiknya kamu mengetahui berbagai alasan pentingnya faktor-faktor tersebut. Bukan hanya dapat menjadi peluang meningkatnya bisnis kamu, hal ini juga memiliki kelebihan lain.

Menentukan lokasi terbaik untuk memperluas bisnis, dapat menarik perhatian pelanggan dengan meningkatkan jasa dan pelayanan travel yang unggul. Selain itu, pentingnya memperhatikan faktor-faktor tertentu akan membawa bisnis travel kamu kearah yang lebih baik dari segi penjualan dan brand awareness dari masyarakat.

Faktor Penting Pemilihan Lokasi Untuk Perluas Bisnis Travel

Pemilihan lokasi yang terbaik dengan berdasarkan pertimbangan faktor-faktor tertentu diketahui menjadi kunci vital bisnis travel kamu agar lebih berkembang. Setelah mengetahui bahwa hal tersebut penting, maka kamu wajib menyimak faktor penting apa saja yang menjadi pertimbangan ketika memilih lokasi bisnis travel:

Perhatikan Budget yang Akan Kamu Gunakan

Faktor pertama yang harus diperhatikan ketika memilih lokasi perluasan bisnis travel akan budget. Hal ini menjadi sangat vital karena ketika kamu sudah merencanakan untuk membuka cabang dan memperluas bisnis.

Pilih lokasi yang sesuai budget, yang mana tentunya budget tersebut bukan budget produksi dan operasional utama kamu. Usahakan juga agar kamu menghitung secara tepat dan benar persoalan budget ini, karena agar tidak mengganggu biaya operasional bisnis lainnya.

Pendapatan Penduduk Sekitar

Memerhatikan pendapatan penduduk sekitar dapat menjadi faktor yang kamu perhatikan sebelum memilih lokasi perluasan bisnis travel. Ini berkaitan dengan minat penduduk terhadap aspek travelling dan tourism.

Namun, hal ini tidak melulu harus lokasi dengan pendapatan penduduk tertinggi. Kamu juga dapat memanfaatkan pendapatan penduduk yang rendah sebagai faktor penunjang bisnis travel kamu.

Apalagi jika kamu dapat melihat peluang destinasi wisata yang banyak dan itu dapat membantu penduduk sekitar.

Akses Bandara atau Stasiun

Faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis travel yang ketiga adalah adanya kemudahan akses bandara atau stasiun kereta api. Hal ini sangat amat penting, karena ketika menjalani bisnis travel tentu saja kamu wajib memberikan kemudahan pelayanan jasa bagi pelanggan.

Salah satunya adalah mendirikan bisnis travel di dekat bandara dan stasiun kereta api. Hal ini akan berpengaruh terhadap meningkatnya kebutuhan pelanggan terhadap bisnis travel yang kamu bangun. Nantinya tentu akan berpengaruh kepada pendapatan bisnis kamu.

Jumlah Destinasi Wisata

Jumlah destinasi wisata pada suatu wilayah tertentu dapat menjadi faktor penting yang patut kamu pertimbangkan ketika memilih lokasi pembukaan cabang bisnis travel baru. Bahkan, membuka cabang bisnis travel di wilayah yang banyak destinasi wisatanya akan meningkatkan pendapatan bisnis kamu secara signifikan.

Contohnya saja, kamu membangun lokasi bisnis travel di pulau Bali akan lebih sukses daripada di daerah lainnya. Mencari potensi destinasi wisata yang kedepannya akan banyak diminati menjadi faktor esensial bagi kamu ketika menentukan lokasi untuk memperluas bisnis travel baru.

Keberadaan Kompetitor

Keberadaan kompetitor menjadi faktor berikutnya yang wajib kamu perhatikan ketika memilih lokasi perluasan cabang bisnis baru. Tidak dapat dipungkiri bahwa kompetitor dalam bisnis travel sangat amat ketat dan bagaikan jamur di musim hujan.

Hal ini yang menjadi tantangan sekaligus kekuatan bagi bisnis travel kamu. Memilih lokasi sepi kompetitor agaknya kurang tepat untuk kamu lakukan karena pasti berkaitan dengan sepinya destinasi wisata di lokasi tersebut. Maka dari itu, kamu dapat memilih lokasi yang intensitas keberadaan kompetitornya pada level sedang.

Selanjutnya, hal yang perlu kamu tingkatkan adalah jasa, service dan berbagai inovasi kreatif dari bisnis travel kamu sendiri. Mempelajari kelemahan dari kompetitor wajib kamu lakukan juga, karena hal ini yang dapat menjadikan bisnis travel milik kamu berkembang pesat dan kuat.

Minat Masyarakat TerhadapTraveling

Faktor terakhir yang dapat dipertimbangkan ketika memilih lokasi bisnis baru adalah minat masyarakat terhadap travelling atau jalan-jalan. Hal ini tentu perlu kamu perhatikan ketika ingin memperluas cabang bisnis travel. Karena tinggi atau rendahnya minat jalan-jalan pada masyarakat akan berpengaruh pada pendapatan bisnis kamu.

Kamu dapat perhatikan bahwa hal ini erat juga kaitannya dengan poin sebelumnya, yaitu keberadaan destinasi wisata. Semakin banyak destinasi wisata pada suatu lokasi, maka semakin tinggi pula minat travelling yang ada pada masyarakat.

Sudah Tahu Faktor Apa Saja yang Perlu Kamu Pertimbangkan Ketika Memperluas Bisnis Travel?

Itulah penjelasan mengenai berbagai faktor penting pemilihan lokasi untuk perluas bisnis travel yang dapat kamu pertimbangkan dan aplikasikan. Faktor-faktor tersebut tentu saling berkaitan dan mendukung satu sama lain. Kamu tidak akan dapat mengabaikan faktor satu dengan lainnya. Coba aplikasikan dan perhatikan faktor-faktor tersebut agar perluasan bisnis travel kamu semakin meroket!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Faktor Penting Pemilihan Lokasi Untuk Perluas Bisnis Travel!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​