Home » Strategi-bisnis » Cara Mulai Bisnis Travel Meroket Pasca Pandemi Ini!

Cara Mulai Bisnis Travel Meroket Pasca Pandemi Ini!

Cara Mulai Bisnis Travel Meroket Pasca Pandemi Ini!

Cara mulai bisnis travel dewasa ini semakin diminati oleh masyarakat yang hobi travelling. Seperti yang kamu ketahui bahwa pasca PPKM dilonggarkan, banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk jalan-jalan.

Hal ini tidak heran karena banyak sekali orang yang tidak sabar untuk travelling karena hampir 2 tahun lock down. Jika kamu hobi untuk travelling, maka ini saatnya kamu untuk menciptakan sebuah bisnis travel yang pasti akan banyak peminat dan pelanggannya.

Perhatikan Hal Penting Ini Untuk Cara Mulai Bisnis Travel

Hal pertama yang kamu perhatikan untuk memulai bisnis baru tentu aspek-aspek yang mendukungnya. Jika ingin memulai bisnis travel, kamu tidak boleh sembarangan. Terdapat hal-hal penting dan berhubungan dengan keselamatan dan kenyamanan pelanggan.

Kamu tentu tahu jika banyak sekali bisnis travel “abal-abal” yang merugikan masyarakat. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi dengan bisnis travel kamu, kan? Nah, inilah 4 hal penting yang wajib dilakukan sebelum mulai merencanakan bisnis travel dan agar bisnis kamu dipercaya oleh pelanggan:

  • Daftarkan bisnismu menjadi PT (perusahaan terpadu)
  • Membuat akta perusahaan
  • Persiapkan perizinan secara hukum yang jelas
  • Bergabung menjadi anggota ASITA (Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies)

Cara Memulai Bisnis Travel Agar Profit Meroket

Jika hal dalam aspek legal sudah kamu buat, maka kamu sudah 1 langkah lebih maju untuk menarik pelanggan dalam bisnis travel kamu. Hal selanjutnya, kamu hanya perlu mengeksekusi dan melakukan cara unik dan kreatif dalam memulai bisnis travel agar profit bisnis kamu meroket.

Terdapat cara mulai bisnis travel yang dapat kamu lakukan. Cara-cara ini tentu dapat kamu lakukan agar banyak peminat dan pelanggan yang hobi jalan-jalan menggunakan jasa travel milik kamu. Simak caranya di bawah ini:

Tentukan Destinasi Wisata

Pertama-tama, kamu wajib untuk menentukan destinasi wisata. Sebelum memulai bisnis travel, kamu wajib tahu kekuatan dan keunikan bisnis travel yang ingin dibangun. Kamu dapat menentukan destinasi wisata yang sudah popular atau anti mainstream.

Misal, kamu membuat paket destinasi wisata ke tempat-tempat hidden gems di Indonesia atau di negara lain. Atau ide lain misalnya bisnis travel kamu mengadakan paket wisata ke tempat-tempat popular, seperti Eropa dengan bonus wisata kuliner khas negara tersebut.

Targetkan Pasar Bisnis Travel

Menargetkan pasar untuk bisnis travel milik kamu menjadi cara memulai bisnis travel berikutnya. Setelah melakukan persiapan dalam aspek legal, kamu wajib memikirkan dari segi target pasar dengan melakukan riset terlebih dahulu.

Melakukan riset dan target pasar artinya kamu dapat memperhatikant pola dan tren yang ada di masyarakat dalam aspek travel. Selain itu, hal ini dapat menjadi modal kamu menentukan promosi menarik dan target pelanggan yang tepat.

Manfaatkan Promosi Digital

Di era yang serba digital saat ini, tentu memulai bisnis travel tidak boleh untuk tidak melakukan promosi digital. Artinya, kamu wajib memusatkan kekuatan promosi bisnis travel kamu pada aspek digital. Keuntungannya, saat ini banyak sekali platform digital yang dapat menunjang hal ini.

Sebut saja website dan media sosial, yang mana kedua hal tersebut dapat kamu maksimalkan ketika mempromosikan bisnis travel. Misal, jika kamu menggunakan website maka buatlah website yang informatif dengan tambahan visual seperti foto terbaik dan eye-catching.

Gunakan Jasa Fotografer Handal

Nah, cara keempat ini dapat kamu lakukan jika ingin masyarakat tertarik untuk menggunakan jasa travel kamu. Cobalah untuk menggunakan jasa fotografer handal untuk mengambil gambar tempat-tempat destinasi wisata yang bisnis kamu tawarkan.

Hal ini berkaitan dengan minat masyarakat yang tertarik dengan visual. Semakin indah dan cantiknya wisata yang difoto, maka minat masyarakat untuk mengunjunginya juga akan naik. 

Maka dari itu, gunakan jasa fotografer profesional yang mampu mengambil sudut gambar destinasi wisata terbaik.

Tingkatkan Engagement dari Endorsement

Selanjutnya, kamu dapat mulai berpikir untuk mencari koneksi bisnis yang dapat meningkatkan engagement bisnis travel kamu. Kamu dapat mengundang selebriti, selebgram atau selebtok untuk melakukan endorsement.

Misal, kamu mengajak selebtok untuk keliling Amerika Latin dan selebtok tersebut wajib mengunggah seluruh aktivitas jalan-jalan pada akun TikToknya. Hal ini dapat memberikan kesempatan pada bisnis travel kamu banyak dilihat followers selebtok tersebut.

Buat Paket Travel Menarik

Terakhir, cara agar bisnis travel kamu dapat dimulai dengan benar dan dijamin pelanggan tertarik adalah membuat paket travel menarik. Ya, memang cara ini mungkin sudah banyak dilakukan oleh perusahaan jasa travel lain.

Namun, kamu wajib membuat suatu paket travel yang unik dan kreatif. Misal, kamu membuat paket keluarga dengan potongan yang membuat pelanggan tertarik. Lainnya, kamu dapat membuat paket wisata kuliner khas negara yang sedang dikunjungi beserta kuliner anti mainstream dan lain-lain.

Sudah Siap Menjadi Pebisnis Travel Tersukses?

Akhir kata, itulah cara mulai bisnis travel yang dapat kamu ikuti dan terapkan. Kamu hanya perlu memperhatikan hal-hal dari aspek legal maupun konsep bisnisnya. Maka dari itu, jika kamu suka jalan-jalan dan jago menemukan tempat wisata hidden gems dan unik. Jangan sungkan untuk membuat bisnis travel, agar semua orang dapat jalan-jalan tanpa pusing!


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mulai Bisnis Travel Meroket Pasca Pandemi Ini!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​