Home » Strategi-bisnis » Cara Kembangkan Cabang Bisnis Travel Agar Terkenal!

Cara Kembangkan Cabang Bisnis Travel Agar Terkenal!

Cara Kembangkan Cabang Bisnis Travel Agar Terkenal!

Apakah kamu sedang mencari cara kembangkan cabang bisnis travel? Jika iya, maka artikel ini sangat tepat untuk kamu. Diketahui bahwa membangun sebuah bisnis apapun termasuk bisnis travel merupakan hal yang gampang-gampang sulit. Namun, sekali kamu sudah menguasai market, sulit untuk tidak membuka cabang.

Nah, cara dan kunci sukses mengembangkan cabang sebuah bisnis travel tidak jauh berbeda dengan pertama kali kamu membangunnya. Contoh, di dalam beberapa aspek kamu memang wajib untuk memegang teguh prinsip dan konsep utama ketika membangun bisnis pertama kali.

Pentingnya Mengembangkan Cabang Bisnis Travel

Membuka cabang sebuah bisnis travel tidak hanya bertujuan agar kamu mendapatkan profit yang besar. Namun, sebuah bisnis memang sudah wajib dikembangkan dan dibuat cabangnya agar masyarakat lebih mengenal bisnis dan brand travel milik kamu.

Apalagi di Indonesia yang mana merupakan negara kepulauan, maka hal ini wajib kamu jadikan kekuatan untuk mengenalkan bisnis kamu dan tidak hanya terpusat di suatu wilayah tertentu. Beberapa hal penting membuka cabang bisnis travel dapat disimak berikut ini:

  • Membuka lapangan kerja baru di tempat lain
  • Membuat nama brand bisnis travel kamu terkenal pada level yang lebih tinggi dan besar
  • Otomatis membuat profit bisnis akan meningkat
  • Memberikan kemudahan bagi masyarakat di luar wilayah lain

Cara Kembangkan Cabang Bisnis Travel

Jika kamu sudah mengetahui berbagai manfaat mengembangkan bisnis travel. Maka, selanjutnya kamu wajib mengetahui cara kembangkan sebuah cabang bisnis travel. Mungkin perlu diketahui bahwa cara-cara ini hanya dapat dilakukan oleh bisnis travel yang memiliki toko offline.

Cara-cara yang akan disebutkan di bawah ini dapat kamu terapkan ketika sudah memutuskan untuk membuka cabang bisnis travel baru. Berikut cara yang dapat disimak di bawah ini:

Tentukan Modal Bangun Bisnis Travel

Pertama-tama tentu kamu wajib untuk menentukan modal untuk membangun bisnis travel. Hal ini berkaitan dengan pembukaan cabang di toko baru, mencari sumber daya manusia baru dan membentuk suatu tim baru yang solid.

Hal ini penting, karena banyak orang yang menganggap membangun dan mengembangkan bisnis travel hingga membuka cabang hanya via online saja. Padahal, keberadaan kantor atau toko offline juga penting, terlebih jika berkaitan dengan customer service dan layanan bantuan untuk pelanggan.

Mencari Networking Lebih Luas

Adanya networking atau relasi bisnis menjadi hal vital yang tidak boleh kamu abaikan. Peran relasi ini sangat penting dan dapat berpengaruh pada perkembangan dan pembukaan cabang di tempat baru bisnis travel milik kamu.

Apabila relasi dan networking ini dapat kamu tingkatkan, maka kesempatan kamu untuk membangun cabang bisnis travel yang tepat juga dapat lebih baik. Misal, kamu ingin mencari ruko strategis untuk membangun toko atau kantor bisnis travel kamu dan relasi bisnis kamu merekomendasikan suatu tempat tertentu.

Riset Tempat dan Pasar Cabang Baru

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah riset pasar dan tempat untuk cabang baru bisnis travel milikmu. Hal ini perlu diperhatikan karena lokasi yang strategis tidak melulu menentukan kesuksesan cabang baru kamu.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah akses bisnis travel kamu yang dekat dengan bandara atau stasiun kereta api. Selain itu, kamu juga dapat mencari tempat untuk cabang baru yang berdekatan dengan destinasi wisata popular seperti pantai, gunung dan sebagainya.

Tetap Memberikan Pelayanan Terbaik

Cara kembangkan cabang bisnis travel berikutnya adalah tetap memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Aspek ini dapat menjadi kekuatan bisnis travel kamu agar pelanggan percaya dan menggunakan jasa travel milik kamu terus-menerus.

Jika bisnis travel kamu memiliki pelayanan terbaik, tentu kamu wajib untuk tetap memelihara dan meningkatkan aspek ini pada cabang bisnis baru kamu. Memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan tetap menjadi vital dan hal yang tidak boleh diabaikan sama sekali.

Membentuk Tim dan Staff yang Kompak

Ketika membuka cabang bisnis baru tentu kamu perlu adanya karyawan atau staff yang membantu cabang bisnis kamu berjalan. Nah, pada aspek ini kamu wajib merekrut karyawan atau tim yang kompak dan memiliki etos kerja yang sama kualitasnya dengan bisnis sebelumnya.

Hal ini akan berpengaruh pada kualitas cabang baru pada bisnis travel kamu nantinya. Maka dari itu, merekrut sumber daya manusia yang berkualitas sama pentingnya dengan aspek-aspek lain seperti pelayanan dan sebagainya.

Memaksimalkan Platform Digital

Cara terakhir, kamu dapat tetap memaksimalkan platform digital seperti media sosial dan website. Walaupun pembukaan cabang baru bisnis travel bersifat offline atau fisik, namun aspek promosi online juga tidak boleh luput dari perhatian kamu.

Kamu dapat mulai melakukan sounding atau pengumuman tentang pembukaan cabang baru dengan platform digital yang ada. Gunakan promosi yang unik dan kreatif seperti menyisipkan foto-foto destinasi wisata yang indah dan adanya promo paket yang menarik.

Siap Mengembangkan Bisnis Travelmu Hingga Memiliki Banyak Cabang?

Itulah cara kembangkan cabang bisnis travel yang dapat kamu coba, yang mana sebenarnya tidak begitu jauh berbeda dengan mengembangkan bisnis di awal. Kamu hanya perlu menetapkan standar yang sudah ada dan meningkatkannya ke level terbaik. Hal tersebut agar kamu tetap memiliki pelanggan setia dan menggaet pelanggan baru agar menggunakan jasa travel milikmu.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis travel kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Kembangkan Cabang Bisnis Travel Agar Terkenal!

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​