Home » Strategi-bisnis » Cara Menentukan Budget Promosi Bisnis Pembuatan Website

Cara Menentukan Budget Promosi Bisnis Pembuatan Website

Cara Menentukan Budget Promosi Bisnis Pembuatan Website

Selain harus menarik, kegiatan promosi juga harus tepat sasaran. Hal ini untuk memastikan kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kamu juga perlu memikirkan perihal budget yang sangat berkaitan dengan cara maupun kegiatan promosi. Lalu, bagaimana menentukan budget promosi bisnis pembuatan website?

Cara Menentukan Budget Promosi Bisnis Pembuatan Website

Masalah budget promosi bisnis akan berkaitan erat dengan target promosi yang bisa terlaksana atau tidak. Untuk penentuan budget ini sendiri, ada metode ataupun cara yang bisa kamu lakukan, seperti:

Berdasarkan Kemampuan

Sebenarnya ini merupakan cara yang kurang efektif. Masalah dari metode ini adalah kamu akan sulit menyusun strategi promosi yang sama dari waktu ke waktu. Terutama, ketika kemampuan kamu tidak sama setiap waktunya.

Metode ini biasanya dilakukan sebagai cara terakhir untuk melakukan promosi. Jika kamu pernah melihat acara promosi yang dilakukan di akhir tahun, maka besar kemungkinan akan menggunakan metode ini.

Dalam kasus tersebut, pelaku bisnis biasanya akan menghabiskan budget promosi tahunan yang masih tersisa. Sehingga, berapapun yang mereka punya akan dikeluarkan untuk kegiatan tersebut.

Persentase Penjualan

Metode lain yang biasanya digunakan untuk menentukan budget promosi bisnis pembuatan website adalah berdasarkan persentase penjualan atau keuntungan. Contohnya, perusahaan menetapkan jika 10 persen dari keuntungan tiap produk adalah untuk kegiatan promosi.

Ada 3 keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan metode ini:

  • Biaya promosi sejalan dengan pergerakan bisnis.
  • Menciptakan korelasi antara biaya promosi, harga jual, dan keuntungan per produk.
  • Lebih kompetitif, hal ini berlaku jika kompetitor menjalankan strategi dan nilai yang sama.

Masalah dari metode ini adalah semua kegiatan promosi akan selalu bergantung pada penjualan sebelumnya. Padahal, kegiatan promosi adalah untuk membentuk penjualan selanjutnya. Metode ini cukup sulit dilakukan ketika ada peluang besar, namun penjualan sebelumnya buruk.

Selain itu, metode ini juga akan membuat budget promosi naik turun. Hal ini menjadi sulit untuk melakukan perencanaan jangka panjang. Cara ini lebih cocok untuk penetapan budget promosi dalam skala kecil dan target jangka menengah.

Berdasarkan Persaingan

Jika melihat kasus lain, mungkin kamu pernah melihat bagaimana Coca Cola dan Pepsi bersaing dalam pembuatan video commercial. Hal ini merupakan contoh penentuan budget promosi berdasarkan persaingan.

Dalam bisnis website, misalnya jika kompetitor mengeluarkan anggaran dengan estimasi Rp100.000.000,00 untuk promosi. Maka, kamu bisa mengeluarkan nilai yang sama, mungkin bisa lebih rendah atau tinggi dengan estimasi 10 persen.

Apakah cara ini tidak akan disebut mencontek? Tentu tidak, asalkan kamu bisa membuat dengan cara yang berbeda. Jika kompetitor menggunakan Rp100.000.000,00 untuk membayar influencer, maka kamu bisa menggunakannya untuk biaya iklan.

Metode ini memang berpotensi untuk menciptakan budget promosi yang membesar. Namun di sisi lain, metode ini sebenarnya bisa kamu tekan, tergantung dengan pemanfaatan budget yang kamu lakukan. Selain itu, metode ini juga bisa menjadi perbandingan apple to apple sebagai bahan evaluasi di akhir masa promosi.

Berdasarkan Tujuan dan Cara Kerja

Kegiatan promosi sendiri memiliki banyak tujuan selain meningkatkan penjualan. Misalnya, menaikan leads, menambah brand awareness, menaikan brand loyalty, dan lainnya. Jika tujuannya ada banyak, maka cara kerjanya pun ada banyak.

Beberapa cara kerja promosi yang bisa kamu lakukan saat ini seperti membuat content marketing, menggunakan KOL atau influencer, menggunakan iklan, membuat event atau yang lainnya. 

Metode ini biasanya lebih mudah untuk menentukan budget. Karena kamu akan menentukan terlebih dahulu kegiatannya, baru mencari jasa yang menyediakan budget sesuai.

Contoh, kamu ingin menaikan leads dengan membuat content marketing. Maka kamu hanya tinggal mencari penyedia content marketing. Estimasi biaya untuk jasa ini sendiri sekitar Rp750.000,00.

Contoh lainnya adalah jika promosi yang ingin kamu lakukan menggunakan Google Ads. Dengan cara ini, bahkan kamu bisa mengatur sesuai budget yang kamu punya. Kamu bisa memulainya dari ratusan ribu sampai sekitar Rp2.000.000,00

Penggunaan Google Ads juga menawarkan banyak cara pembayaran, yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, misalnya:

  • Biaya per impresi. Artinya kamu hanya membayar ketika iklan kamu dilihat orang.
  • Biaya per klik. Artinya kamu hanya akan membayar ketika iklan kamu ada yang mengklik.
  • Biaya per konversi. Artinya kamu hanya akan membayar ketika iklan kamu terkonversi, baik menjadi leads ataupun hal lain.
  • Biaya per tonton. Artinya kamu hanya akan membayar ketika iklan kamu ditonton orang dalam minimal waktu tertentu.

Cara lainnya yang juga bisa kamu lakukan untuk melakukan promosi adalah dengan membuat event. Ada banyak keunggulan yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan cara ini. Mulai dari mendapatkan leads, meningkatkan brand awareness, sampai tentunya penjualan.

Biaya untuk membuat event ini sendiri berkisar antara Rp5.000.000,00 tergantung jumlah peserta yang kamu targetkan dan tempat yang akan kamu gunakan.

Sudah Dapat Menentukan Budget Promosi Bisnis Pembuatan Website?

Dalam banyak kasus, promosi merupakan salah satu bentuk investasi dalam bisnis. Jika perencanaannya tepat, maka hasil yang akan kamu dapatkan juga akan lebih besar. Oleh sebab itu, penentuan budget promosi bisnis pembuatan website yang tepat menjadi penting ketika melakukan pengembangan dan evaluasi bisnis.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Menentukan Budget Promosi Bisnis Pembuatan Website

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​