Home » Strategi-bisnis » Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik Pada Bisnis Pembuatan Website

Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik Pada Bisnis Pembuatan Website

cara menciptakan kualitas produk terbaik pada bisnis pembuatan website

Tidak sedikit perusahaan yang bisnisnya harus gulung tikar karena produknya tidak laku atau kalah saing dengan kompetitor, termasuk dalam bisnis pembuatan website. Lantas, bagaimana cara menciptakan kualitas produk terbaik pada bisnis ini?

Biasanya, bangkrutnya bisnis disebabkan karena website yang diperdagangkan atau dijual tidak menarik orang untuk menggunakannya, baik karena kualitasnya yang tidak sesuai atau website tersebut tidak memberi nilai manfaat apapun pada penggunanya.

Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik

Agar dapat menciptakan kualitas produk website terbaik, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan, antara lain:

Kembangkan Ide dan Konsep

Ketika mencari ide produk, kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa ide tidak datang. Lebih baik, hindari menunggu ide datang, kamu bisa menjemput ide tersebut dengan menjawab pertanyaan seputar produk. 

Mengembangkan ide dan konsep ini seperti bagian apa yang diganti dari produk website yang sudah ada, kombinasi produk, dan eliminate produk. Hindari memaksakan fitur bila konsumen tidak menginginkannya. 

Lakukan Riset Validasi Produk

Jika sudah mengembangkan ide serta konsep, berikutnya adalah melakukan riset untuk mengetahui mana produk yang terbaik untuk konsumen. Kamu bisa meminta feedback dari calon pelanggan. 

Kamu juga dapat melakukan riset dari kompetitor. Dengan cara ini, kamu dapat mengetahui daya jual serta daya saing produk untuk mengembangkan produk website agar lebih baik dibandingkan dengan kompetitor.

Kamu bisa menentukan kompetitor yang memiliki produk serupa, kemudian amati komentar di akun media sosial mereka. Kemudian gunakan untuk memantau topik mengenai produk mereka. 

Kamu bisa menemukan pembahasan yang sering muncul dan digunakan untuk menciptakan produk websitemu agar kualitasnya lebih baik dari mereka. 

Buat Sketsa Produk

Jika sudah mengetahui seperti apa produk website yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, berikutnya adalah membuat sketsa produk yang lengkap dengan material sesuai fitur yang dimasukkan. 

Buat Prototype Produk

Sketsa yang sudah dibuat dapat dikembangkan menjadi prototype produk. kamu bisa membuat satu desain website. 

Tetapi, pembuatan prototype ini tidak dapat sekali jadi, kamu bisa melakukan penyempurnaan produk dan terus menyesuaikannya dengan permintaan dan perkembangan pasar.

Selain mengerjakan sendiri, kamu juga bisa melibatkan tenaga kerja untuk membuat produk ini. 

Buat Perencanaan Anggaran

Jika sudah melalui berbagai proses di atas, cara menciptakan kualitas produk terbaik yang berikutnya adalah menemukan harga yang pas untuk jasa desain website yang kamu miliki. 

Tujuannya, tentu agar memastikan bila harga produk bukan hanya bisa memberi keuntungan yang baik, tetapi bisa bersaing dengan kompetitor. 

Proses perencanaan anggaran dapat dilakukan sesuai jenis serta skala bisnis yang dimiliki. Di dalam rencana anggaran, pastikan telah mencantumkan seluruh biaya material serta biaya tenaga kerja, kemudian tentukan contoh produk yang dibuat dalam tahap awal. 

Lakukan Uji Pemasaran

Bila produk website terbaik yang kamu buat sudah siap, berikutnya adalah melakukan uji pemasaran agar mengetahui seperti apa daya tarik produk sebelum memasarkannya dalam skala besar. 

Kamu bisa mempostingnya di media sosial, kemudian buat kampanye khusus. Perhatikan banyaknya orang yang melihat postingan tersebut. 

Mengapa Harus Menciptakan Kualitas Produk Terbaik?

Ada beberapa alasan mengapa kualitas menjadi hal yang penting, termasuk dalam bisnis jasa pembuatan website. Berikut beberapa peran penting dari kualitas produk, antara lain:

Dapat Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Bagaimana cara reputasi perusahaan bisa terangkat, bila produk yang dijual tidak menarik. Contohnya seperti kecepatan websitenya standar, desain website juga standar, atau standard bandwithnya. 

Dapat Menurunkan Biaya

Jangan salah, kualitas produk yang terbaik ternyata dapat menurunkan biaya. Dulunya, pebisnis beranggapan jika ingin mengeluarkan produk yang berkualitas, biaya operasional atau biaya produksi akan semakin meningkat. 

Padahal, produk berkualitas tidak identik dengan harga mahal. Bila kamu membuat produk dengan orientasi pada kemampuan perusahaan, tentu harganya akan menjadi semakin mahal.

Padahal, jika produk yang kamu ciptakan sesuai dengan harapan konsumen, biaya produksi justru semakin kecil. Mengapa dapat terjadi demikian? Karena, standar kualitas yang kamu tentukan sesuai dengan orientasi harapan konsumen serta kepuasan pelanggan. 

Sehingga, tidak ada lagi pemborosan biaya karena produk yang kamu jual tidak bisa memenuhi standar konsumen. Contohnya kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk meningkatkan reputasi karena desain website yang dimiliki tidak menarik. 

Pangsa Pasar Menjadi Semakin Meningkat

Bayangkan saja jika jasa pembuatan websitemu memperoleh rata-rata ulasan bintang 5 karena website yang kamu ciptakan memiliki desain yang terlihat profesional, menarik, dan murah.

Dampak positif dari hal tersebut tentu semakin menambah peluang untuk memperoleh pembeli baru, selain klien yang sebelumnya sudah menjadi pelanggan tetap untuk maintenance website. 

Pertanggungjawaban Produk

Dengan persaingan jasa pembuatan website yang semakin ketat, perusahaanmu dituntut untuk menjaga serta bertanggung jawab pada desain, bahkan hasil. Jika produk website yang kamu miliki mempunyai kualitas terbaik, perusahaanmu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memberi jaminan. 

Cara menciptakan kualitas produk terbaik, khususnya untuk bisnis pembuatan website memang tidak mudah, karena kita harus menyesuaikan berbagai macam komponen, mulai dari keinginan, harga dan lainnya. Namun, satu hal yang pasti, dengan produk berkualitas kamu akan lebih mudah menjangkau konsumen.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis pembuatan website kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Menciptakan Kualitas Produk Terbaik Pada Bisnis Pembuatan Website

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​