Home » Strategi-bisnis » Ini 5 Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Baru Pisang Goreng

Ini 5 Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Baru Pisang Goreng

Ini 5 Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Baru Pisang Goreng

Salah satu cara untuk memperluas bisnis pisang goreng yang mengalami peningkatan signifikan adalah dengan membuka cabang baru. Sebagai seorang pengusaha camilan ini, kamu harus mengetahui strategi cara mengembangkan cabang baru, agar kesuksesannya mengikuti cabang-cabang terdahulu.

Terkadang, membuka cabang baru memang sama sulitnya. Bahkan untuk beberapa kasus, sama menakutkannya dengan ketika kamu membuka bisnis pertama kali. Namun, hal tersebut bukan berarti mengembangkan cabang bisnis camilan pisang goreng ini adalah hal yang mustahil.

Inilah 5 Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Pisang Goreng dengan Efektif dan Efisien

Sebagai pelaku bisnis pisang goreng yang memiliki banyak ide, impian dan strategi, kamu tentu memiliki banyak sekali pemikiran tentang hal yang terkait dengan mengembangan cabang bisnis kamu. Biasanya, pemikiran ini muncul ketika bisnis pisang goreng cabang utama sudah melesat tajam dari berbagai aspek, seperti omset, kualitas dan lain-lain.

Pada satu sisi, hal ini tentu membuat pusing dan bingung karena tidak tahu ingin memulai dari mana. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui dan menyimak lima cara untuk mengembangkan cabang bisnis baru pisang goreng berikut ini:

Pastikan Cabang Bisnis Utama Berkembang Pesat

Cara pertama agar kamu dapat dengan sukses mengembangkan cabang bisnis baru adalah dengan memastikan bahwa cabang utama sudah berkembang pesat. Kamu dapat memastikan hal ini setelah usaha utama sudah berjalan lebih dari 5 tahun dengan syarat pendapatan dan sudah mendapatkan customer yang loyal.

Jika kamu berhasil mengamankan posisi bisnis camilan ini, maka kamu sudah boleh untuk mengembangkan cabang baru. Hal yang tidak boleh dilakukan adalah menjadi pengusaha yang serakah dan terlalu FOMO (fear of missing out). Artinya, terlalu gegabah untuk mengembangkan cabang baru, padahal cabang utama masih belum stabil dan masih berusia dini.

Mempersiapkan Modal yang Cukup

Jika kamu merasa bisnis pisang gorengmu sudah stabil, pendapatan melebihi target dan memiliki customer setia. Maka cara selanjutnya adalah menyiapkan modal yang cukup untuk membuka cabang baru. Kamu harus memastikan jika punya rencana membuka cabang baru, hal vital yang harus dipersiapkan adalah modalnya.

Pastikan kamu menggunakan modal yang dihasilkan dari pendapatan bisnis pertama kamu. Meminjam modal dari bank hanya menjadi rencana B, jikalau kamu membutuhkan suntikan dana lebih. Usahakan ketika membuka cabang baru tidak terlalu buru-buru dan mempersiapkan modal dengan matang.

Lakukan Rekrutmen Pegawai yang Mumpuni

Sebagai pemilik bisnis camilan, keberadaan aspek SDM (Sumber Daya Manusia) juga menjadi penentu keberhasilan cabang baru. Pegawai menjadi aspek yang vital, karena mereka yang menjadi ujung tombak untuk menentukan perkembangan bisnis pisang gorengmu.

Maka dari itu, ketika ingin membuka cabang baru pastikan kualitas pegawai kamu memiliki standar yang sama atau bahkan lebih tinggi dari cabang utama. Rekrut pegawai yang memiliki integritas tinggi, tanggung jawab, disiplin dan selalu mengikuti SOP usaha yang kamu jalani.

Tetap Melakukan Riset Pasar dengan Serius

Cara mengembangkan cabang bisnis pisang goreng berikutnya adalah melakukan riset pasar dengan serius. Hal ini juga penting untuk dipertimbangkan. Kamu sebagai “otak” dari usaha yang kamu kembangkan, wajib melakukan riset pasar, seperti pemilihan lokasi cabang, meneliti minat dan kemampuan beli customer dan melihat potensi bisnis pisang goreng saingan di sekitar.

Jangan mengambil langkah yang ceroboh dan hanya mengambil keputusan berdasarkan satu aspek saja. Karena, keberadaan pasar beserta daya beli customer menjadi faktor utama sebagai penentu kesuksesan cabang bisnis baru yang akan kamu kembangkan.

Kualitas Layanan dan Produk Usaha Harus Sama

Wajib memasang standar kualitas layanan serta rasa produk bisnis pisang goreng yang sama dengan cabang utama adalah cara untuk sukses mengembangkan usaha. Kualitas ini yang menjadi aspek penting yang membawa bisnis camilan kamu sukses dan stabil.

Maka dari itu, menyetel standar kualitas yang sama atau bahkan lebih tinggi dapat menjadi cara sukses agar cabang bisnis baru kamu yang lain berkembang pesat. Jika cabang bisnis kamu berkembang pesat, maka potensi kamu untuk membuka cabang baru lagi juga akan terbuka lebar.

Ternyata Bisnis Pisang Goreng juga Berpotensi Untuk Membuka Franchise Cabang Baru

Informasi di atas menjadi bukti bahwa pengusaha camilan pisang goreng juga dapat memperluas bisnisnya hingga dapat membuka cabang. Kamu juga harus tahu bahwa membangun sebuah bisnis hingga membuat cabang-cabang baru tidak harus menjadi brand eksklusif dan popular.

Jenis bisnis mikro jika dilakukan dengan ulet akan mendatangkan kesempatan untuk sukses dan membuka kesempatan untuk membangun cabang bisnis baru. Hal penting yang harus dipegang teguh adalah prinsip, niat dan integritas. Menjadi pebisnis pisang goreng juga dapat sukses dan terus mendapatkan customer loyal apabila kualitas pisang goreng dan prinsip yang dipegang terus selaras.

Itulah informasi lima cara mengembangkan cabang yang efektif dan efisien untuk dicoba bagi kamu yang seorang pebisnis pisang goreng atau baru akan memulai bisnis tersebut. Bisnis camilan merupakan komoditas yang tidak akan pernah habis dan akan terus diminati. Maka dari itu, gunakan kesempatan ini untuk memperluas cabang bisnismu!


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis pisang goreng kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Ini 5 Cara Mengembangkan Cabang Bisnis Baru Pisang Goreng

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​