Home » Strategi-bisnis » 5 Kunci Sukses dalam Bisnis Pisang Goreng, Raup Untung Jutaan Rupiah

5 Kunci Sukses dalam Bisnis Pisang Goreng, Raup Untung Jutaan Rupiah

5 Kunci Sukses dalam Bisnis Pisang Goreng, Raup Untung Jutaan Rupiah

Menjual pisang ternyata berpotensi untuk membawa keuntungan besar setiap harinya. Beberapa brand pisang ternama, seperti Pisang Goreng Madu Bu Nanik, camilan pisang Pontianak yang dijual di pinggir jalan selalu memiliki banyak pembeli. Penjual tentu memiliki kunci sukses dalam bisnis pisang goreng yang telah diaplikasikan selama dalam jangka waktu tertentu.

Terdapat strategi yang bisa menjadi kunci sukses berjualan pisang goreng agar laris manis. Kamu tidak perlu modal besar ataupun menyewa ruko yang megah. Berikut ini informasi mengenai strategi kunci sukses berjualan pisang goreng yang harus disimak dan dipahami.

5 Strategi Kunci Sukses Berjualan Pisang Goreng

Ketika menjadi penjual, tentu hal pertama yang harus dipikirkan adalah strategi bagaimana agar berjualan menjadi laris dan menarik perhatian banyak pembeli. Hal tersebut juga berlaku ketika kamu menjual pisang goreng. Faktanya, justru camilan pisang goreng menjadi komoditas yang paling dicari saat ini.

Kamu yang ingin sukses hanya dengan berjualan pisang goreng, maka harus menyimak dan mengaplikasikan lima strategi sukses di bawah ini:

Membuat Konsep Jualan Pisang

Hal pertama yang harus dipikirkan sebelum memulai berjualan adalah membuat konsep untuk diaplikasikan. Pada tahap vital ini, kamu harus memikirkan bisnis pisang goreng yang bagaimana agar dapat menarik perhatian pembeli. Kunci sukses di dalam berjualan apapun, termasuk pisang goreng diawali dengan konsep yang tersusun dengan rapi.

Untuk menciptakan konsep yang anti-mainstream dan strategis, harus dilakukan juga research atau uji pasar. Hal tersebut bertujuan agar kamu dapat melihat potensi-potensi yang terdapat pada pasar dan mengambil kesempatan dari potensi tersebut.

Memilih Supplier Pisang Terbaik

Di Indonesia, banyak sekali variasi pisang yang cocok, sehat dan enak untuk dijadikan camilan sehari-hari. Maka dari itu, kunci sukses dalam bisnis pisang goreng yang paling penting adalah memilih jenis dan supplier pisang terbaik. Kamu bisa mulai mencari supplier pisang di berbagai daerah seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah atau di luar pulau Jawa.

Jenis pisang yang nikmat untuk dijadikan camilan pisang goreng adalah pisang tanduk, pisang raja dan pisang kepok. Selanjutnya, kamu dapat memikirkan ide bagaimana mengolah pisang-pisang tersebut menjadi camilan pisang goreng enak dan terbaik.

Mencari Tempat Jualan Ramai

Kunci sukses ketiga dalam menerapkan strategi berjualan pisang goreng yang paling ampuh adalah mencari tempat berjualan. Lokasi berjualan dapat menjadi faktor penting untuk memulai jualan agar sukses dan banyak pembeli. Kamu dapat mulai memilih lokasi berjualan yang strategis, misalnya di acara car free day (CFD) atau pada events tertentu.

Mencari tempat untuk memulai bisnis pisang goreng tidak harus di tempat ruko besar. Kamu dapat memulainya dengan berjualan di sekolah, kampus dan lain-lain. Jadi kamu hanya fokus dengan menaikkan kualitas rasa pisang goreng milikmu.

Melakukan Promosi

Selanjutnya, strategi kunci sukses yang harus kamu pahami adalah melakukan promosi. Memulai bisnis tapi tidak dibarengi dengan promosi yang unik tidak akan mendapat audience atau pembeli yang diinginkan. 

Maka dari itu, kamu harus memikirkan promosi yang unik dan anti-mainstream. Misal, melakukan promosi dengan beli 1 gratis 1, atau gratis 1 box pisang goreng jika membawa teman. Banyak hal yang dapat dijadikan ide untuk melakukan promosi bisnis. 

Saat ini banyak media sosial yang dapat digunakan untuk ajang promosi dan menarik perhatian pembeli. Melakukan promosi juga memerlukan strategi yang matang agar tepat sasaran dan dapat meraup keuntungan serta pembeli yang lebih banyak.

Melakukan Evaluasi Rutin

Jika kamu sudah memulai bisnis pisang goreng, maka hal yang harus dilakukan adalah melakukan evaluasi rutin setiap harinya. Evaluasi ini bertujuan agar kamu dapat melihat potensi kelemahan dari cara berbisnis kamu. Banyak hal yang dapat dilakukan ketika melakukan evaluasi rutin, yaitu mencari saran dan pendapat dari konsumen.

Pendapat dari konsumen dapat menjadi aspek vital yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bisnis setiap harinya. Proses evaluasi dapat menjadi hal penting untuk proses perkembangan bisnis. Karena apabila terus dilakukan evaluasi, bisnis camilan pisang goreng akan dijamin dapat lebih baik dalam berkembang.

Aplikasikan Kunci Sukses dalam Bisnis Pisang Goreng Agar Untung

Apabila sudah mengerti dengan strategi bagaimana kunci sukses menjadi penjual pisang goreng. Maka saatnya kamu mengaplikasikan strategi kunci sukses tersebut. Tujuannya, bukan hanya dapat menarik perhatian konsumen, namun juga agar bisnis camilan milikmu tetap berjalan dalam waktu yang panjang.

Membangun sebuah bisnis tidak selalu mulus memang, namun bukan berarti lalu pantang menyerah. Maka dari itu, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa berbisnis pisang goreng harus memiliki konsep yang tertata. Mulai dari perencanaan risiko dan bagaimana mengatasinya. Jika kamu sudah menyiapkan aspek-aspek tersebut, berbisnis akan semakin lancar dan terus berumur panjang.

Kesimpulannya, kunci sukses dalam bisnis pisang goreng adalah perpaduan antara keinginan dan bagaimana pengaplikasian lima poin kunci sukses yang menjadi modal strategis tersebut. Memulai bisnis hanya memerlukan tekad dan niat yang besar, tidak perlu modal besar karena memulai bisnis camilan dapat dibangun dengan modal minimum sekalipun.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
5 Kunci Sukses dalam Bisnis Pisang Goreng, Raup Untung Jutaan Rupiah

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​