Home » Strategi-bisnis » Cara Mengatur Stok Bahan Baku dalam Bisnis Pisang Goreng

Cara Mengatur Stok Bahan Baku dalam Bisnis Pisang Goreng

Cara Mengatur Stok Bahan Baku dalam Bisnis Pisang Goreng

Sedang menjalankan usaha pisang goreng tapi kesulitan saat mengatur stok bahan bakunya? Jangan khawatir, karena kami punya trik cara mengatur stok bahan baku yang baik dan benar. Tujuannya agar kamu bisa mengelola bisnis secara optimal.

Pengelolaan bahan baku sangat penting, terutama di dalam bisnis pisang goreng. Pengelolaan yang baik dan benar akan membantu bisnis kamu agar tetap berjalan secara optimal.

Cara Mengatur Stok Bahan Baku Sesuai Jenisnya

Sama seperti bisnis kuliner yang lain, pengelolaan bahan baku dalam bisnis pisang goreng sangat penting. Terlebih buah pisang sendiri merupakan makanan yang memiliki masa simpan yang tergolong singkat.

Ada banyak bahan baku yang digunakan dalam proses pembuatan pisang goreng. Pastikan kamu menyimpannya sesuai dengan jenisnya. Berikut sudah kami rangkum cara-caranya.

Kenali dan Simpan Berdasarkan Cara Penyimpanannya

Perhatikan masing-masing bahan yang akan kamu gunakan. Kemudian simpan berdasarkan fungsinya. Contohnya, simpan buah pisang dan keju hanya di dalam lemari pendingin agar masa simpannya lebih lama.

Selanjutnya, kamu bisa menyimpan bahan-bahan lain di ruangan terbuka, atau gudang, contohnya seperti tepung terigu. Namun tetap perhatikan tempat penyimpanan yang kamu gunakan.

Simpan Bahan Baku Berdasarkan Siklus

Cara penyimpanan bahan-bahan berdasarkan siklus dibagi menjadi dua bagian, yaitu bahan yang bersifat fast moving dan short moving.

Bahan atau barang yang bersifat fast moving yaitu bahan yang permintaannya cepat, contohnya seperti buah pisang. Sedangkan bahan yang bersifat short moving yaitu berbagai peralatan makan atau kemasan.

Tips Mengatur Stok Bahan Baku untuk Kelancaran Usaha

Cara mengatur stok bahan baku yang baik dan benar tidak hanya untuk menjaga kualitas produksi saja. Selain itu juga untuk menjaga kuantitas produksi dan bagus untuk kelangsungan bisnis kamu.

Berikut ada beberapa tips mengatur bahan baku untuk bisnis pisang goreng agar bisnis kamu berjalan sesuai rencana.

Mengumpulkan Data Stok Barang secara Berkala

Catat semua stok barang dan buat tabel secara rapi yang isinya nama dan jumlah barang. Sertakan juga keterangan satuan satu kilogram. Tujuannya agar kamu bisa mengetahui data stok barang secara detail. Catat semua data tersebut pada buku maupun software khusus. 

Pastikan juga kamu teliti dalam mendatanya agar hasilnya menjadi lebih akurat. Data bahan baku ini sangat penting agar kamu tidak kehabisan stok di gudang. Kamu akan senantiasa tahu stok bahan apa saja yang tersedia, dan bahan apa saja yang harus mulai ditambahkan.

Lakukan pengumpulan data secara teratur, terutama ketika ada barang yang keluar maupun barang yang masuk. Kemudian langsung klasifikasikan semua barang sesuai dengan jenisnya untuk kemudian disimpan sesuai dengan tempatnya.

Lakukan Forecasting Bahan Baku

Sebagai informasi, forecasting merupakan sebuah upaya untuk membuat perkiraan jumlah barang yang harus kamu tambah ke dalam gudang. Terutama untuk berbagai jenis stok barang yang akan dijual.

Forecasting akan membantu kamu untuk mengetahui berapa banyak barang yang harus kamu beli di minggu atau bulan berikutnya.

Cara melakukan forecasting tergolong mudah. Kamu hanya tinggal melihat catatan pada bulan sebelumnya saja, kemudian buat perbandingan. Setelah melihat catatan, kamu akan mendapatkan gambaran jumlah barang yang harus dibeli di bulan berikutnya.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan lonjakan pembelian, contoh di hari-hari besar. Karena pada hari-hari besar, umumnya penjualan akan meningkat. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek kalender untuk mengetahui informasi hari-hari besar.

Memisahkan Bahan Baku Lama dengan yang Baru

Buat tempat khusus untuk bahan-bahan yang lama dan yang baru agar terpisah. Jika kamu tidak memiliki cukup tempat, tandai bahan-bahan yang lama dan yang baru menggunakan kode-kode tertentu.

Tujuan dari proses pemisahan bahan baku ini yaitu untuk menjaga kualitas produksi pisang goreng kamu. Karena dengan begitu, kamu bisa mengutamakan bahan yang lama untuk diolah.

Selain itu, pastikan juga kamu mengecek tanggal kadaluarsa untuk setiap bahan baku yang digunakan. Buang bahan-bahan yang sudah kadaluarsa untuk menjaga kualitas produksi pisang goreng kamu.

Khusus untuk mengecek kualitas buah pisang, kamu bisa menggunakan jenis kulkas yang transparan agar mudah dilihat. Dengan begitu, kamu bisa selalu mengecek kualitasnya dengan mudah.

Lakukan Pengecekan Secara Rutin

Pengecekkan yang terakhir ini bersifat menyeluruh. Selain mengecek bahan bakunya, pastikan kamu juga mengecek produk yang siap dijual, atau sudah dikemas. Selain itu, cek juga setiap bahan baku yang baru kamu beli sebelum menyimpannya. 

Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa semua bahan-bahan yang tersimpan adalah bahan terbaik yang sudah melalui prosedur pengecekkan yang ketat. Jangan lupa juga untuk memeriksa dan menghitung barang yang dimasukkan ke dalam tempat penyimpanan, atau gudang.

Jika ditemukan bahan baku baru yang memiliki kondisi kurang bagus, sebaiknya tidak kamu gunakan atau dimasukkan ke dalam gudang.

Ikuti Tipsnya untuk Atur Stok Bahan

Mengatur dan mengecek bahan baku tidak hanya bertujuan untuk menjaga kualitas produksi pisang goreng saja. Di sisi lain, hal ini juga bertujuan untuk menjaga kelangsungan dan kelancaran produksi.

Mengetahui cara mengatur stok bahan baku akan membantu bisnis kamu agar berjalan sesuai dengan harapan. Kamu bisa mengontrol kualitas dan kuantitas produksi pisang goreng dengan mengatur stok bahan baku secara berkala.


Bank digital hadir untuk pelaku UKM, freelancers, dan online sellers di Indonesia. 

Urus segala keperluan bisnis dan keuangan pakai KoinWorks NEO. Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan satu aplikasi! 

Lihat juga berbagai panduan dan informasi bisnis hanya di KoinWorks.

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Mengatur Stok Bahan Baku dalam Bisnis Pisang Goreng

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​