Home » Strategi-bisnis » Cara Memperluas Target Pasar Baru Melalui Online untuk Bisnis Rice Box

Cara Memperluas Target Pasar Baru Melalui Online untuk Bisnis Rice Box

Cara Memperluas Target Pasar Baru Melalui Online untuk Bisnis Rice Box

GInternet bisa membawa kemudahan di kehidupan, termasuk para pelaku bisnis rice box. Hal ini disebabkan pelaku bisnis rice box bisa mengembangkan target pasar baru melalui internet atau secara online

Melalui internet, jangkauan pasar pun bisa semakin luas karena siapapun bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja. Tentu hal ini dapat berpengaruh bagi perkembangan bisnis rice box itu sendiri. 

Lantas, bagaimana caranya? Di bawah ini akan dijelaskan beragam cara memperluas target pasar baru melalui online.

Cara Memperluas Target Pasar Baru Melalui Online

Ada beragam cara mengembangkan target pasar baru secara online yang bisa ditempuh oleh pelaku bisnis rice box. Bila kamu salah satu pelaku bisnis makanan kekinian tersebut, kamu perlu mengikuti cara-cara di bawah ini:

Membuat Media Sosial dan Website

Cara memperluas target pasar baru melalui online yang pertama adalah membuat beragam akun media sosial bagi bisnis rice box milikmu. Media sosial yang bisa kamu gunakan antara lain Instagram, TikTok, dan lain sebagainya. 

Hal ini dapat membantu agar pengguna media sosial tersebut bisa mengetahui keberadaan bisnis milikmu.

Beberapa media sosial juga menawarkan akun bisnis untuk mempermudah kamu menjalankan bisnis milikmu. Jangan lupa gunakan nama dan username yang mudah dicari serta menarik.

Kamu juga bisa membuat website untuk memasarkan produk milikmu dengan menyewa domain yang memiliki harga terjangkau. Gunakanlah nama domain dan alamat website yang menarik konsumen untuk mengunjunginya.

Konten yang Menarik

Bila kamu sudah memiliki media sosial dan website, saatnya kamu mengisinya dengan konten-konten yang menarik pelanggan. Usahakan untuk membuat konten yang relevan dengan kehidupan audiens sehingga hati audiens bisa tersentuh dan tertarik dengan produk milikmu.

Tidak hanya menarik, usahakan agar kamu menggunakan teknik SEO dalam pembuatan konten milikmu. Hal ini bertujuan agar konten milikmu muncul di posisi paling atas ketika dicari. 

Kamu bisa memakai SEO tools yang tersedia di internet untuk mengetahui nilai SEO milikmu. Semakin tinggi nilainya, semakin tinggi juga peluang media sosial dan website milikmu muncul di pencarian paling atas.

Terapkan Iklan

Kamu juga bisa mengiklankan media sosial milikmu sehingga kontenmu bisa muncul di beranda atau story pengguna media sosial tersebut. Lalu untuk website, kamu bisa menggunakan SEM. 

SEM ini bentuknya berupa iklan yang akan muncul di pencarian Google. Tentu, baik SEM atau iklan akan memerlukan biaya.

Menjangkau Marketplace

Selain media sosial dan website, kamu juga bisa membuat toko online di marketplace. Apalagi sekarang banyak marketplace populer yang sudah memiliki pelanggan tetap. Gunakanlah beberapa marketplace yang ada agar kamu bisa semakin memperluas target pasar milikmu.

Endorsement

Cobalah untuk melakukan kerja sama dengan influencer atau akun-akun lain yang bertemakan makanan. Carilah yang memiliki banyak pengikut, terutama yang sesuai dengan target pasar bisnis milikmu. 

Kamu juga bisa memilih akun yang sesuai dengan budget milikmu. Di samping itu, kamu juga perlu memperhatikan engagement dari konten mereka sehingga kamu tahu seberapa banyak orang yang berinteraksi dengan konten mereka. 

Semakin banyak orang yang melihat maka semakin besar juga peluang bisnis rice box milikmu diserbu oleh konsumen. 

Adakan Giveaway dan Promo

Sifat dasar manusia adalah mengeluarkan biaya sekecil-kecilnya untuk keuntungan yang sebesar-besarnya, termasuk calon konsumenmu. Oleh sebab itu, adakanlah giveaway atau promo menarik di media sosialmu agar calon konsumen bisnis milikmu pun tertarik untuk mencoba produk rice boxmu.

Selain mengadakan giveaway dan promo di media sosial milikmu sendiri, kamu juga bisa mengadakan kedua hal tersebut melalui endorsement yang sudah dijelaskan di poin nomor 5.

Menggunakan Google Bisnisku

Apakah kamu sudah pernah mendengar Google Bisnisku? Google menawarkan fitur Google Bisnisku sehingga pelaku bisnis bisa memasarkan produknya di mesin pencarian Google.

Cara kerja Google Bisnisku adalah kamu bisa mendaftarkan alamat kedai milikmu di Google Maps sehingga bila calon konsumen mencari, maka alamat kedai milikmu akan muncul di Google. 

Di samping itu, Google Bisnisku juga bisa menayangkan review dari pelanggan yang pernah membeli produk milikmu. Review ini tentu bisa menarik konsumen lainnya untuk juga membeli produkmu.

Pemasaran melalui email

Mungkin kamu masih awam dengan teknik pemasaran ini. Pada dasarnya, kamu akan mengiklankan produk milikmu dengan cara mengirim iklan tersebut ke email milik target pasarmu. 

Pengiriman email ini tidak membutuhkan biaya yang mahal dan terasa lebih pribadi karena mampu mendekati calon pelanggan secara pribadi. Kamu bisa memakai email marketing tools untuk menerapkan cara ini. Namun biasanya, tools tersebut mempunyai batas pengiriman email per bulannya. 

Oleh sebab itu, manfaatkan batas tersebut dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan database target pasar yang ingin dicapai agar email yang terkirim tidak sia-sia.

Itulah cara memperluas target pasar baru melalui online untuk mengembangkan bisnis rice box milikmu. Kamu juga bisa menggunakan cara-cara lainnya yang efektif untuk bisnis milikmu. Sudah siap menerapkan cara cara di atas dan meingkatkan keuntungan bisnismu?


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis rice box kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnismu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Memperluas Target Pasar Baru Melalui Online untuk Bisnis Rice Box

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​