Home » Strategi-bisnis » Cara Membuat Foto Produk yang Menarik untuk Bisnis Rice Box

Cara Membuat Foto Produk yang Menarik untuk Bisnis Rice Box

Cara Membuat Foto Produk yang Menarik untuk Bisnis Rice Box

Dunia marketing di zaman yang serba maju seperti sekarang, kualitas foto dari produk yang akan dijual sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi jika kamu memakai strategi marketing secara online atau lewat media digital. Penting sekali bagi kamu memahami cara membuat foto produk yang benar sehingga kualitasnya bagus dan bisa langsung menarik perhatian calon konsumen. 

Cara Membuat Foto Produk yang Bagus

Foto produk ini nantinya dapat digunakan sebagai media promosi. Baik itu secara online maupun offline, misalnya untuk pembuatan brosur, buku menu, poster, dan lain sebagainya. Lewat foto tersebut calon konsumen bisa tahu produk makanan seperti apa yang akan dibeli dan dimakan. Berikut ini cara mudah membuat foto produk yang bagus dan berkualitas:

Atur Produk Sebagus Mungkin

Pertama-tama, jelas kamu harus mengatur produk sebagus mungkin. Produk ini akan menjadi objek utama yang diambil fotonya. Jadi sebisa mungkin produk tersebut harus dibuat sangat bagus. Apalagi untuk produk kuliner seperti rice box ini. Penting sekali untuk mengaturnya sedemikian rupa agar terlihat menarik dan menggugah selera. Atur komposisi makanan dengan baik supaya semua terlihat jelas dan menarik. 

Tapi ingat ya, dalam mengatur produk ini kamu harus membuatnya senyata mungkin. Jangan sampai kamu menghadirkan produk yang berbeda dengan realita. Ini bisa membuat konsumen merasa tertipu, karena produk makanan yang dibeli tidak sama dengan foto. 

Pilih Tema yang Menarik

Selanjutnya tentukan dulu tema pemotretan produk. Tentu ini juga hal yang sangat penting untuk dilakukan karena tema dapat memberi pengaruh besar pada tampilan foto secara keseluruhan. Pilihlah tema yang simple, namun tetap estetik dan menarik perhatian banyak orang. Coba cari referensi dari banyak sumber untuk mendapatkan ide tema yang tepat. 

Gunakan Background yang Estetik

Jika sudah dapat tema yang dianggap cocok maka lakukan pengaturan background. Background foto sebaiknya dibuat estetik sehingga akan meningkatkan keindahan tampilan produk. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mendapat background foto yang menarik. Kamu bisa melibatkan beberapa jenis properti supaya tampilan background-nya jadi lebih hidup dan dapat dinikmati. 

Perhatikan Faktor Pencahayaan

Dalam dunia fotografi, faktor pencahayaan memang memberi pengaruh yang sangat besar. Coba perhatikan seperti apa pencahayaan yang diperoleh oleh objek pada proses pengambilan foto. Usahakan mengambil foto produk di tempat dengan pencahayaan yang bagus. Karena hal ini akan membantu produk terlihat lebih jelas di dalam foto. 

Sebenarnya cahaya natural paling direkomendasikan karena bisa menghasilkan foto produk yang bagus. Namun jika tidak memungkinkan maka bisa dipakai sumber cahaya buatan atau lighting. Asalkan komposisinya seimbang dan bisa menonjolkan produk secara optimal. 

Gunakan Tripod

Salah satu strategi yang bisa diterapkan saat mengambil foto produk agar hasilnya lebih optimal adalah gunakan tripod. Tripod bisa menjadi alat andalan jika kamu ingin mendapatkan foto yang bagus dan stabil. Jika kamu memegang kamera dengan kedua tangan secara langsung, maka bisa jadi ada gerakan tak terduga yang membuat hasil foto tidak optimal. 

Pakailah tripod untuk membantu menjaga posisi kamera agar selalu stabil. Jika posisi kamera stabil maka akan lebih mudah mendapatkan gambar yang bagus. Produkmu juga bisa terlihat lebih jelas, sehingga tampak jauh lebih menarik di mata calon konsumen

Ambil Foto dari Banyak Angle

Cobalah untuk mengambil foto dari banyak angle. Sudut pengambilan foto yang tepat akan membantu hasil foto terlihat jauh lebih bagus. Tidak ada salahnya mengambil banyak foto dari angle yang berbeda-beda. Nantinya kamu bisa mendapatkan banyak hasil foto dan memilih mana angle yang dirasa paling cocok. 

Pengambilan foto dari berbagai jenis sudut ini juga bisa memberi kamu lebih banyak pilihan. Nantinya foto-foto tersebut bisa dipakai untuk media yang berbeda-beda. Jadi kamu tidak perlu melakukan pengambilan foto berulang kali di waktu yang berbeda supaya bisa mengunggahnya di berbagai media. 

Lakukan Editing pada Foto

Salah satu cara membuat foto produk yang menarik adalah dengan menambahkan editing. Setelah berhasil mendapatkan foto-foto produk dari berbagai sudut pengambilan, coba lakukan editing. Proses ini akan membantu menyempurnakan hasil foto yang sudah kamu dapatkan. Pastikan editing berjalan natural dan secukupnya saja agar tetap realistis. 

Foto Produkmu dengan Cara yang Tepat!

Kini kamu sudah paham bahwa pengambilan foto produk ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Banyak hal yang perlu diperhatikan demi mendapat hasil foto yang bagus dan berkualitas. Coba saja terapkan beberapa cara tadi supaya kamu bisa mendapat foto produk yang menarik dan berkualitas tinggi. 

Proses pengambilan foto produk ini bisa dilakukan sendiri atau dipercayakan kepada ahlinya. Sekarang ada banyak jasa pemotretan produk yang beredar di sekitar kita. Kamu bisa menggunakan jasa tersebut jika memang sulit untuk mengambil foto sendiri. Biasanya jasa profesional dalam bidang ini sudah tahu betul seperti apa strategi yang bisa dilakukan agar dapat memperoleh foto yang berkualitas. 

Perhatikan cara membuat foto produk yang sudah dibahas tadi. Coba terapkan saat kamu akan mengambil foto produk. Simpan baik-baik foto yang sudah didapatkan agar bisa dimanfaatkan untuk kepentingan marketing di berbagai jenis media. Jangan lupa, foto ini sebaiknya diberi watermark jika akan diunggah ke media digital untuk menghindari pelanggaran copyright pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Cara Membuat Foto Produk yang Menarik untuk Bisnis Rice Box

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​