Home » Strategi-bisnis » Rekomendasi Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang Bisnis Rice Box

Rekomendasi Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang Bisnis Rice Box

Rekomendasi Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang Bisnis Rice Box

Tahukah kamu bahwa dalam dunia bisnis akan selalu ada yang namanya rencana jangka pendek dan jangka panjang. Keduanya akan membantu kamu untuk mencapai target dengan mudah dan efektif. 

Tentunya untuk jenis bisnis rice box ini juga membutuhkan kedua jenis rencana tersebut. Mari cari tahu rekomendasi rencana jangka pendek maupun jangka panjang yang bisa digunakan!

Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Sebenarnya penentuan rencana jangka pendek maupun panjang ini sangat dipengaruhi oleh kebutuhan bisnis masing-masing. Selain itu pelaku bisnis punya kendali penuh dalam menentukan semua rencana tersebut. 

Namun, seringkali pebisnis bingung harus mencapai target rencana yang mana dulu. Berikut adalah beberapa rekomendasi rencana jangka pendek dan panjang yang bisa dijadikan pilihan:

Menjual Produk secara Offline

Salah satu rencana jangka pendek yang bisa kamu terapkan adalah menjual produk secara offline. Ini bisa digunakan jika kamu adalah pebisnis yang menjual produk rice box lewat media online

Demi memperluas jangkauan pasar dan menambah jumlah konsumen maka kamu bisa menjual produk secara offline yaitu dengan membuka outlet di beberapa lokasi

Penjualan secara offline terbukti sangat efektif untuk menambah banyak jumlah konsumen. Apalagi jika bisnismu sudah dikenal banyak orang secara online. Jadi akan lebih mudah untuk membuka outlet dan mendapatkan pelanggan

Pastikan kamu memilih lokasi yang tepat dan membuat perencanaan yang matang jika ingin membuka outlet karena pasti dibutuhkan modal yang lumayan juga. 

Menambah Varian Menu

Contoh rencana jangka pendek berikutnya yang bisa dipakai adalah menambah varian menu. Coba perhatikan menu rice box yang sudah kamu jual. 

Penting sekali untuk membuat variasi menu dan menambah pilihan supaya konsumen merasa lebih fleksibel memilih menu yang akan dibeli. Jangan menjual produk yang sama untuk jangka waktu lama karena pasti akan membosankan di mata konsumen. 

Penambahan varian menu ini harus dipikirkan baik-baik. Pastikan bahwa menu yang dihadirkan kepada konsumen berkualitas, rasanya enak, dan tentu saja harganya juga ramah di kantong. 

Coba lakukan riset dulu dan uji coba agar menu baru yang dijual bisa memenuhi ekspektasi banyak orang. Kamu juga bisa melakukan percobaan dengan memberikan sampel produk sebelum benar-benar dirilis secara resmi. 

Mengubah Desain Kemasan

Contoh rencana lainnya adalah mengubah desain kemasan. Ini juga bisa jadi ide rencana jangka pendek yang menarik untuk diterapkan. Bagaimanapun juga faktor kemasan ini memberi pengaruh besar pada daya tarik sebuah produk. 

Jika kemasannya bagus maka produk tersebut lebih mudah menarik perhatian konsumen agar mau membelinya. Sama halnya seperti varian menu, desain kemasan yang tidak diubah untuk jangka waktu lama akan membuat konsumen bosan. 

Oleh sebab itu cobalah lebih kreatif lagi menghadirkan desain kemasan yang menarik. Bisa diubah bentuknya, warnanya, dan lain sebagainya. Pastikan desain kemasan ini jauh lebih baik daripada kemasan yang sebelumnya. 

Membuka Franchise

Masuk ke contoh rencana jangka panjang, membuka franchise bisa jadi pilihan yang tepat. Jika kamu punya bisnis, pasti kamu ingin bisnis tersebut berkembang lebih luas lagi. 

Franchise menjadi salah satu cara untuk mengembangkan bisnis lebih luas karena bisnismu akan muncul di banyak tempat dan secara otomatis akan dikenal lebih banyak orang. 

Namun perlu dipahami bahwa mengembangkan bisnis dengan sistem franchise ini butuh strategi yang tepat. Kamu juga harus mempersiapkannya sebaik mungkin jadi dibutuhkan waktu yang tidak singkat. Itulah mengapa kamu sebaiknya menjadikan ini sebagai rencana jangka panjang. 

Membuka Restoran 

Rencana jangka panjang lainnya yang bisa diterapkan adalah membuka restoran. Ini juga bisa menjadi sebuah target besar yang akan membantu kamu mendapat lebih banyak keuntungan. 

Namun memang dibutuhkan modal yang tidak sedikit dan kamu juga harus melakukan banyak persiapan untuk mewujudkannya. Jika ingin membuka restoran, secara otomatis kamu harus memilih tempat dan melengkapi berbagai jenis kebutuhan. 

Pelan-pelan saja dan jadikan ini sebagai target jangka panjang supaya ada persiapan yang matang. Demi mempertahankan konsep produk rice box, sebaiknya penyajian makan di tempat juga tetap menggunakan kemasan yang sesuai agar tidak menghilangkan konsep tersebut. 

Buat Rencana Bisnismu Sekarang Juga!

Jangan ragu untuk menyusun rencana jangka pendek dan jangka panjang untuk bisnismu sekarang juga. Semua rencana ini akan membantu mengarahkan bisnismu untuk berkembang lebih besar lagi. 

Tentunya semua rencana tersebut juga akan mendatangkan keuntungan yang jauh lebih memuaskan kedepannya. Susun secara cermat dan sesuaikan saja dengan kapasitas serta kebutuhan bisnismu saat ini. 

Penyusunan rencana jangka pendek dan panjang yang matang juga akan membantu kamu lebih mudah bersaing dengan kompetitor. Kamu juga tidak akan kehilangan arah di tengah-tengah proses bisnis berjalan.

Jika masih merasa bingung, kamu bisa mencari referensi rencana jangka pendek dan panjang dari pelaku bisnis lainnya. 

Setiap menyusun rencana jangka pendek dan jangka panjang pastikan kamu memahami kondisi bisnismu dengan baik. Jangan memaksakan target yang mungkin sulit dicapai jika melihat kondisi bisnismu sekarang. Intinya, tetap realistis agar semua rencana bisa berjalan dan target yang diharapkan bisa terpenuhi.


Untuk para pelaku usaha kecil dan menengah, online sellers, dan freelancers. Kamu bisa lihat artikel lainnya di KoinWorks untuk dapatkan insight positif bagaimana cara berbisnis!

Nikmati kemudahan transaksi bisnis dan keuangan kamu dalam satu aplikasi hanya di KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Rekomendasi Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang Bisnis Rice Box

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​