5 Cara Membuat Konten TikTok untuk Bisnis Sepatu Anak

Bagaimana cara membuat konten TikTok yang menarik untuk keperluan promosi pada sebuah bisnis sepatu anak?

Sudah rahasia umum bahwa peran media sosial sekarang ini telah bergeser; dari yang awalnya media untuk bersosialiasi, kini menjadi sebuah alat yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Salah satu platform media sosial yang cukup banyak digunakan untuk mengembangkan bisnis sekarang ini adalah platform TikTok.

Tentu kamu sudah pernah mendengarnya, bukan? Mungkin kamu adalah salah satu pengguna aktif platform tersebut.

Nah, bisnis seperti bisnis sepatu anak pun mampu mengambil manfaat dari platform TikTok ini.

Kuncinya adalah dengan membuat konten yang berpotensi viral & relevan dengan konsep bisnis.

Lalu, bagaimana caranya?


5 Cara Membuat Konten TikTok untuk Bisnis Sepatu Anak

Ada banyak cara untuk meningkatkan brand awareness konsumen bisnis sepatu anak milikmu dengan berpromosi di media sosial.

Salah satu caranya adalah dengan membuat konten TikTok, khusus untuk target pasar bisnis sepatu anak.

Bagi kamu yang masih pemula, atau baru mengenal platform media sosial TikTok, pasti akan sedikit kebingungan dalam menggunakannya.

Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam membuat konten promosi di TikTok, untuk bisnis sepatu anak milikmu.

Yuk, disimak!


1. Buat akun TikTok

Sebelum menentukan konten seperti apa yang akan dibuat untuk memasarkan bisnis sepatu anak, terlebih dahulu kamu perlu membuat akun bisnis di TikTok.

Caranya pun cukup mudah.

Kamu bisa langsung mengunduh aplikasi TikTok di Google Play Store atau App Store (tergantung dari jenis smartphone yang digunakan), dan mengisi semua data yang diperlukan.

Setelah selesai mendaftar & mengisi data, alihkan akun milikmu ke akun bisnis yang ada di bagian menu “Settings and privacy”. Untuk lebih lengkapnya bisa kamu cek di sini.

Nah, jangan lupa juga untuk memasang foto profil dengan atribut atau logo bisnismu, dan mengisi bio dengan deskripsi singkat mengenai bisnis sepatu anak, ya.

Kamu juga bisa mengisi detail tentang akun media sosial lain yang bisnismu miliki, seperti Instagram, YouTube, dan Twitter.


2. Melakukan analisis tren & membuat daftar topik konten

Tren video di TikTok seringkali berubah dengan cepat.

Jika kamu membuat video yang sesuai dengan tren, maka besar kemungkinan video yang kamu buat akan masuk ke dalam fitur halaman “For You (atau lebih dikenal dengan instilah FYP- For You page) pada TikTok, dan memiliki banyak sekali penonton.

Berikut adalah cara untuk menganalisis tren yang sedang viral di TikTok:

  • Ikuti akun yang memiliki jumlah pengikut lebih dari 10.000, khususnya akun-akun bisnis kompetitor.
  • Fokus melakukan observasi pada konten TikTok pada bagian “For You”, bukan pada bagian “Following”. Karena pada bagian FYP, kamu dapat melihat banyak insight video yang sedang viral, tanpa kamu ikuti akunnya. Sedangkan pada bagian “Following”, hanya berisi video dari akun yang kamu ikuti saja.
  • Simpan video yang sedang viral dan menginspirasi kamu ke dalam bagian “Favorites”.
  • Jika kamu ingin menyimpan sound-nya saja, kamu dapat klik bagian kanan bawah video yang berisi sound, kemudian simpan pada bagian “Favorites”.

3. Membuat konten video

Langkah selanjutnya adalah membuat konten video sesuai dengan inspirasi konsep yang telah kamu simpan sebelumnya.

Untuk merekam video, kamu dapat menggunakan kamera smartphone ataupun kamera lainnya.

Namun perlu kamu perhatikan, semakin baik kualitas video yang kamu unggah, maka semakin besar juga kesempatan untuk menambah banyak views nantinya.

Meskipun begitu, jangan khawatir jika kamu belum dapat menggunakan kamera profesional, kamu dapat menggunakan kamera smartphone, dibantu dengan pencahayaan yang baik, agar kualitas video yang kamu ambil menjadi lebih bagus, serta berkualitas.


4. Melakukan video editing

Setelah melakukan perekaman video, langkah selanjutnya adalah melakukan editing, sesuai dengan inspirasi konten yang kamu tentukan sebelumnya.

Tidak harus sama persis, kamu dapat mengubahnya sesuai kreasimu, agar relevan dengan bisnis & dapat menarik minat para orang tua untuk membelikan sepatu anak mereka melalui akun TikTok kamu.

Proses editing dapat kamu lakukan melalui smartphone, maupun komputer atau laptop.

Namun, jika kamu tidak ingin menggunakan aplikasi yang lebih rumit, kamu dapat langsung melakukan proses editing melalui TikTok.


5. Mengunggah video ke TikTok

Langkah terakhir dalam membuat konten TikTok adalah mengunggah video yang sudah selesai kamu buat.

Mengunggah video memang merupakan hal yang terlihat mudah. Kamu hanya perlu pergi ke bagian unggah video pada TikTok.

Namun, karena tujuan konten yang kamu buat adalah untuk pemasaran bisnis, maka ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelumnya.

Contohnya seperti berikut ini:

  • Unggah konten pada jam-jam yang memungkinkan untuk mendapatkan banyak viewers, seperti jam makan siang, atau jam pulang kantor. Karena target viewers kamu adalah para orang tua yang memiliki anak.
  • Gunakan tagar (hashtag) untuk memperbesar kemungkinan video kamu sampai di FYP para pengguna TikTok, agar mendapatkan banyak viewers. Oleh karena itu, gunakanlah tagar yang relevan dengan bisnis sepatu anak. Contohnya, #sepatuanak, #kidshoes, #sepatuanakjakarta, dan lain sebagainya.
  • Aktifkan fitur TikTok Shop yang memungkinkan pengguna untuk membeli dengan cepat produk yang kamu tawarkan. Jika penonton melakukan klik pada ikon keranjang berwana kuning, maka akan pengguna tersebut otomatis akan terhubung ke galeri TikTok Shop milik bisnismu.

Pentingnya Membuat Konten TikTok untuk Bisnis Sepatu Anak

Itulah tadi beberapa cara mudah yang bisa segera kamu terapkan dalam membuat konten TikTok untuk bisnis sepatu anak milikmu.

Mulai dari mengunduh aplikasi dan membuat akun bisnis, menentukan jenis konten yang akan diunggah, serta menambahkan effect dan hashtag pada konten-konten tersebut.

Semakin aktif bisnismu mengunggah konten yang menarik & relevan di TikTok, maka akan semakin sering TikTok menampilkannya ke para pengguna lainnya.

Jika sudah seperti itu, maka hampir pasti bisnis sepatu anak milikmu akan semakin cepat dikenal luas.

Selamat mencoba!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!

Dapatkan berbagai informasi seputar lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Panduan Bisnis untuk Usahamu
[Download Ebook] 7 Tanda Bisnis Kamu Butuh Pinjaman Usaha
[Download Ebook] 7 Tanda Bisnis Kamu Butuh Pinjaman Usaha
Strategi Bisnis Untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
[Download Ebook] Strategi Bisnis untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
[Download Ebook] Strategi Bisnis untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial ebook cover
[Download Ebook] Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial
[Download Ebook] Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial
E-Book Gratis

Bacaan pilihan untuk kamu, para pejuang mimpi

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.