Home » Strategi-bisnis » Etika Dalam Menjalankan Bisnis Tutor Online

Etika Dalam Menjalankan Bisnis Tutor Online

etika bisnis tutor online

Bisnis tidak harus selalu berfokus pada penjualan serta keuntungan. Di dalam aktivitas bisnis, ada berbagai macam faktor yang akan mempengaruhi kelancarannya seperti cara berbisnis, cara bersikap pada masyarakat luas dan lainnya. Semua hal tersebut merupakan etika menjalankan bisnis.

Setiap bisnis tentu saja harus memiliki etika, bahkan dalam bisnis tutor online sekalipun. Dengan adanya etika, bisnis yang kamu jalankan akan menjadi teratur serta menjaganya agar tidak terkena dampak yang negatif. 

Pengertian Etika Menjalankan Bisnis

Pada dasarnya, etika bisnis merupakan prinsip yang berkaitan dengan kebijakan dan memberi pedoman ketika melakukan aktivitas bisnis. Etika bisnis ini juga mengatur sejumlah hal yang dapat membuat kontroversial contohnya seperti mengelola bisnis perdagangan orang dalam, diskriminasi, hingga tanggungjawab. 

Bila dilihat secara sederhana, etika bisnis memiliki peran sebagai pedoman sehingga perusahaan bisa melakukan aktivitas bisnis sesuai hukum serta tidak melakukan sejumlah hal yang merugikan. Etika bisnis bahkan dalam banyak hal mempunyai sejumlah perspektif. 

Perspektif dalam etika bisnis ini mulai dari hukum, imiah hingga filosofis. Dalam beberapa negara, biasanya hal ini erat kaitannya dengan Undang undang. Tetapi, penerapan etika bisnis ini tidak selalu bertujuan agar bersih dari hukum tetapi untuk meningkatkan citra publik

Contohnya saja seperti menanamkan serta memastikan kepercayaan antar konsumen. Selain itu etika bisnis juga digunakan agar pebisnis berperilaku secara profesional serta bisa diterima ketika melakukan aktivitas bisnisnya. Selain untuk alasan professional, hal tersebut juga digunakan sebagai pedoman ketika menjalankan bisnis agar memperoleh persetujuan publik. 

Mengapa Etika Bisnis Penting?

Terdapat sejumlah hal yang membuat etika bisnis ini penting dijalankan, seperti:

Mempengaruhi Reputasi

Jangan salah, etika bisnis dapat mempengaruhi reputasi perusahaan atau brand. Ketika sebagai pemilik bisnis, saat kamu tidak menerapkan etika bisnis dengan baik, tidak menutup kemungkinan banyak masalah yang bisa terjadi. 

Membangun Kepercayaan Antara Bisnis serta Konsumen

Sejalur dengan reputasi, etika bisnis ini juga akan mempengaruhi kepercayaan konsumen. Umumnya, bisnis yang menerapkan etika dengan baik akan membuat konsumen merasa bila bisnis bisa dipercaya dan cenderung memilih bisnis tersebut dibanding dengan pesaing

Mempengaruhi Perilaku Karyawan

Etika bisnis juga dapat mempengaruhi karyawan. Ketika perusahaan memiliki etika bisnis yang baik, tentu saja karyawan juga akan menjalankan tugasnya dengan baik. 

Etika Menjalankan Bisnis Tutor Online

Setelah mengenal etika bisnis hingga pentingnya melakukan hal tersebut, hal lain yang harus kamu ketahui adalah etika saat menjalankan bisnis, terutama bisnis tutor online  Berikut sejumlah etika yang harus kamu lakukan ketika menjalankan usaha tutor online, antara lain:

Tidak Menjual Data Pribadi Konsumen

Jangan salah, melindungi data konsumen dengan tidak menjualnya tanpa izin juga menjadi sebuah etika bisnis. Ketika sebuah perusahaan menjual data konsumennya tanpa izin, hal ini bisa membuat reputasi perusahaan berubah menjadi buruk. 

Bukan hanya buruk di mata konsumen, reputasi ini juga dapat mempengaruhi keputusan investor serta pemegang saham. Mereka mungkin bisa menarik dana sehingga memberikan dampak yang bisa merugikan perusahaan. 

Rasa Hormat Pada Karyawan Sendiri

Etika bisnis lainnya adalah rasa saling menghormati. Rasa saling menghormati ini bisa dari sesame rekan bisnis hingga dari pemilik bisnis pada karyawan. Etika bisnis yang satu ini begitu diperlukan, lebih-lebih ketika melakukan pertemuan dengan pihak diluar perusahaan. 

Contohnya seperti memperhatikan rekan bisnis ketika sedang berbicara, serta tidak menyelak. Kemudian berdiri ketika bersalaman atau berkenalan, hingga berterima kasih ketika diberi bantuan. 

Ketika kamu menunjukkan rasa hormat, hubungan bisnis bisa menjadi lebih baik dan bertahan dengan lama. Kamu tentu tidak mau bukan bila harus bekerjasama dengan agency yang tidak tahu sopan santun serta tidak tidak menghargai orang lain?

Bahkan, pada karyawan juga demikian. Kamu harus memberikan gaji tepat waktu dan menimbang antara besaran gaji dengan tugas yang kamu berikan pada karyawan. 

Jujur 

Ketika menjalankan etika bisnis, kejujuran serta integritas menjadi prinsip penting yang harus kamu miliki. hal ini memang tidak mudah dijalankan, terutama ketika kamu harus berhadapan dengan situasi yang mewajibkan kamu memilih antara profit serta melakukan hal yang jujur. 

Bila ragu dalam memilih, kamu bisa melakukan hal yang menurutmu benar. Hanya mementingkan profit tetapi tidak memikirkan konsekuensi lain dapat merugikanmu, mungkin tidak secara langsung, tetapi tetap akan terjadi. 

Contohnya saja terdapat materi tutor online yang menarik dari perusahaan lain, kemudian kamu mencontohnya tanpa melakukan modifikasi. Ini menjadi contoh ketidakjujuran yang harus kamu hindari. Saat menjalankan bisnis dengan dasar integritas dan kejujuran, siapa saja yang bekerja denganmu akan memiliki rasa percaya yang sangat tinggi. 

Keadilan

Agar tidak ada pihak yang merugi, kamu harus memperlakukan siapa saja dengan adil. Prinsip ini harus kamu tekankan sehingga nantinya tidak terdapat penyalahgunaan kekuasaan dari atasan ke karyawan. Selain itu, setiap pihak juga harus mendapat hal yang adil.

Saat kamu berada di posisi yang sulit serta sebelumnya belum pernah kamu hadapi, kamu harus netral serta tetap open minded. 

Etika menjalankan bisnis di atas bukan hanya harus diperhatikan dengan baik, tetapi harus dijalankan sehingga bisnis dapat berjalan sesuai dengan aturan dan norma.


Lihat berbagai strategi tepat dan efisien untuk bisnis tutor online kamu.

Bank digital khusus UKM pertama di Indonesia hadir untuk bantu segala keperluan bisnis dan keuangan kamu.

Kemudahan berbagai layanan seperti bebas biaya transfer antar bank dan pinjaman modal tanpa agunan untuk bisnis kamu hanya dengan KoinWorks NEO!

[E-Book GRATIS] Dapatkan konten ekslusif seputar strategi bisnis di sini
DAFTAR SEKARANG!
Pilih E-book untuk kamu download.
Dalam Ebook ini mengulas:Cara mudah untuk pebisnis melakukan iklan Google Display Network berupa banner atau visual yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.
Dalam Ebook ini mengulas:Membantu pebisnis mengetahui lebih banyak tentang performa promosi yang dilakukan di dunia digital terutamanya platform Facebook untuk menentukan audiens.
Dalam Ebook ini mengulas:Penggunaan Business Metrics/KPI yang tepat untuk melacak sejauh mana bisnis kita sudah berjalan dan seberapa banyak target dari usaha kita yang sudah tercapai.
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.
Etika Dalam Menjalankan Bisnis Tutor Online

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​