5 Strategi Jitu untuk Membangun Bisnis Warteg yang Modern

Apa saja strategi tepat yang bisa kamu terapkan dalam membangun sebuah bisnis warteg?

Bisnis warteg merupakan bisnis yang cukup menjanjikan, selama kamu memiliki strategi dalam membangun bisnis yang tepat.

Alih-alih membuat warteg biasa yang sudah banyak tersedia di lingkungan masyarakat, kamu bisa membuat terobosan baru dengan merintis bisnis warteg modern.

Tidak perlu mengubah keseluruhan konsep dari warteg secara umum, namun apabila tertarik untuk merintis warteg modern, kamu hanya perlu meng-upgrade beberapa aspek dari konsep warteg yang tersebar di lingkungan sekitar, agar bisa membuat lebih banyak orang tertarik dengan bisnis warteg yang kamu kembangkan.

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai beberapa strategi yang bisa kamu aplikasikan untuk bisa membangun bisnis warteg modern.

Namun sebelum itu, kenali konsep warteg secara umum terlebih dahulu pada poin pembahasan berikut.


Konsep Warteg

Warteg atau warung tegal merupakan sebuah warung makan dengan ciri umum berupa menyediakan makanan jenis rumahan, serta pemilik usahanya yang berasal dari kota Tegal.

Namun seiring berjalannya waktu, banyak usaha warteg yang muncul dengan pemiliknya yang bukan berasal dari daerah sesuai dengan nama usaha ini.

Warteg biasa kamu temukan dengan desain warungnya yang sederhana.

Dengan penawaran harga terjangkau dari masing-masing menunya membuat target pasar dari warteg ini memiliki cakupan yang lebih luas; mulai dari tukang bangunan, mahasiswa, hingga pekerja kantoran.


5 Strategi Jitu untuk Membangun Bisnis Warteg yang Modern

Seperti penjelasan sebelumnya, untuk bisa merintis bisnis warteg modern, kamu perlu melakukan perubahan pada sedikit konsep dari warteg secara umum.

Berikut ini terdapat beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan bisnis warteg modern.

Yuk, disimak!


1. Pemilihan lokasi

Supaya bisa menarik banyak pelanggan, warteg modern perlu memiliki lokasi usaha yang strategis.

Tidak harus di pusat keramaian, namun kamu perlu memilih lokasi yang paling sesuai dengan target pasar yang kamu inginkan. 

Biasa terletak di kawasan perkampungan, opsi lain yang bisa kamu pertimbangkan untuk bisa mengembangkan bisnis warteg modern yaitu lokasi yang berdekatan dengan area sekolah maupun kampus, hingga di sekitar kawasan perkantoran.

Lokasi-lokasi tersebut sesuai karena banyak orang yang memang beraktivitas di area tersebut, untuk mengunjungi dan menjadi pelanggan di warteg modern yang kamu rintis tersebut.


2. Mengubah desain tampilan warung

Ketika ingin merintis usaha bisnis warteg modern, salah satu strategi dalam membangun bisnis yang bisa kamu ubah dan kembangkan dari konsep warteg secara umum yaitu dari desain tampilannya. 

Tidak perlu mengubahnya menjadi mewah dan elegan, kamu hanya perlu menyediakan suasana warung makan yang nyaman untuk orang kunjungi.

Supaya ciri khas dari warteg itu sendiri tidak benar-benar hilang, kamu bisa memanfaatkan interior baik untuk meja maupun kursi yang terbuat dari kayu. 

Kemudian, selain menyediakan set kursi dan meja makan tersendiri, kamu juga bisa mempertahankan meja di dekat etalase menu yang biasa melingkarinya.

Namun, supaya terlihat modern, kamu bisa membuat desain dari meja tersebut seperti desain meja pantry di kantor, hingga mini bar kitchen.

Berhubungan dengan desain tampilan, supaya warteg modern ini bisa terus berkembang, kamu juga perlu mendukungnya dengan ketersediaan beberapa fasilitas.

Apabila memiliki budget memadai, kamu bisa mempertimbangkan pemasangan AC, hingga Wi-Fi. 

Opsi berikutnya yang bisa kamu tambahkan yaitu selain menyediakan metode pembayaran secara tunai, kamu juga perlu menyediakan metode pembayaran dengan metode digital.


3. Meningkatkan kualitas menu

Selanjutnya, strategi dalam perintisan bisnis warteg modern yaitu dari kualitas menunya.

Warteg memiliki ciri khas menyediakan menu berupa masakan rumahan seperti tempe goreng, sayur asem, telur dadar dan masih banyak menu-menu lainnya.

Hindari menghilangkan menu-menu rumahan tersebut dengan menggantinya menjadi menu olahan kafe.

Kamu hanya perlu meningkatkan kualitas dari masakannya saja, atau apabila menginginkan suatu yang beda, kamu hanya perlu belajar plating atau cara penyajian makanan, agar terlihat lebih menarik.


4. Menentukan harga yang kompetitif

Identik dengan harga menunya yang terjangkau, kamu juga perlu memasang harga menu yang kompetitif agar tidak terlalu melambung.

Meskipun dengan peningkatan kualitas dan fasilitas, untuk tetap bisa mendapatkan pelanggan dari berbagai jenis kalangan masyarakat, kamu perlu memasang harga yang relatif terjangkau.

Tentukanlah harga yang sesuai, jangan patok terlalu tinggi.

Seandainya kamu memasang harga yang relatif rendah, pastikan kamu tetap mendapatkan keuntungan dan sebisa mungkin menghindari kerugian.


5. Menggencarkan marketing

Kemudian strategi bisnis yang tentu saja tidak boleh kamu lupakan dalam membuka bisnis warteg modern ini yaitu dari segi marketing.

Untuk bisa mendapatkan banyak pelanggan, kamu perlu menyebarkan informasi terkait bisnis warteg modern yang kamu rintis.

Kamu bisa menyebarkan informasi bisnismu menggunakan pamflet atau brosur yang kamu pasang di tempat-tempat strategis. Kamu juga bisa memberikannya secara langsung kepada orang.

Tidak hanya itu saja, saat ini telah banyak aplikasi yang mendukung marketing bisnis kuliner. Kamu bisa bekerja sama dengan aplikasi penyedia jasa layanan pesan antar, agar bisa menjangkau pelanggan lebih banyak.


Yuk, Terapkan Strategi Jitu dalam Membangun Bisnismu!

Beberapa poin di atas telah menjelaskan tentang strategi dalam membangun bisnis warteg modern.

Selain menerapkan strategi di atas, kamu juga perlu membuat perencanaan bisnis, agar target yang kamu inginkan bisa tercapai dengan mudah.

Semoga bermanfaat!

. . .

Kalau kamu termasuk salah satu pelaku usaha kecil, online sellers, atau freelancers, KoinWorks punya satu solusi nih untuk semua kebutuhan keuangan kamu.

Mulai dari transfer antar bank tanpa biaya admin, pembuatan invoice & laporan keuangan, hingga ke akses yang fleksibel untuk mendapatkan pinjaman– semua ini khusus untuk mendukung usaha & bisnis kamu, dan bisa kamu dapatkan di KoinWorks NEO.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang KoinWorks NEO di sini!


KoinWorks NEO Lead Gen Form
Kelola Bisnis Lebih Cepat dan Mudah.
Yuk, Daftar Menjadi Bagian dari KoinWorks NEO Sekarang!
Apakah Bentuk Usahamu Saat Ini?

Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Panduan Bisnis untuk Usahamu
[Download Ebook] 7 Tanda Bisnis Kamu Butuh Pinjaman Usaha
Strategi Bisnis Untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
[Download Ebook] Strategi Bisnis untuk Raih Untung Maksimal di Ramadan 2022
Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial ebook cover
[Download Ebook] Kiat Cerdas Mencapai Kebebasan Finansial
Berlangganan
E-Book Gratis

Bacaan pilihan untuk kamu, para pejuang mimpi