Kapan dan Kenapa Legalitas Bisnis Usaha Harus ada

·
4 menit
Kenapa Legalitas Bisnis Usaha Harus ada

Legalitas bisnis usaha adalah pokok dari identitas perusahaan dimana dalam seluruh komponennya sudah memiliki izin hukum yang sah agar melanjutkan kelangsungan usaha yang aman.

Konsumen maupun pihak ketiga yang ingin bekerjasama selalu membutuhkan bukti kelegalan usaha.

Pentingnya Legalitas Usaha

(1). Identitas usaha: sama seperti perkenalan sesama manusia bisnis pun memerlukan identitas yang jelas dalam perkenalannya.

(2). Pengakuan dan perlindungan hukum: kamu bisa mengiklankan produk, branding, ataupun melakukan hak paten yang sudah memiliki pengakuan hukum.

(3). Kemudahan fasilitas pembayaran: kelengkapan izin usaha, NPWP dalam bisnis bisa membantu dalam peminjaman di lembaga keuangan.

(4). Kemudahan dalam penyebaran pemasaran: ekspansi ke luar Negara lain syarat utamanya legalitas bisnis usaha, jika tidak ada maka ditolak oleh Negara lain.

Jenis Legalitas Usaha

Hal yang harus dimiliki dan ketahui dalam melakukan usaha yaitu :

(1). Sektor KBLI (Klasifikasi Baku  Lapangan Usaha Indonesia).

(2). Skala usaha, dimana minimal dalam usaha mikro memiliki kekayaan bersih 500 juta dan hasil usaha 2,5 M bertujuan mengetahui kemampuan dan kerugian dalam usaha.

(3). Badan usaha terbagi menjadi dua yaitu berbadan hukum seperti koperasi dan PT dengan ketentuan bahwa aset pribadi dan perusahaan adalah hal yang berbeda. Non hukum yaitu Firma dan CV ketika ada masalah ataupun kerugian dalam bisnis maka pendiri ikut menjadi penanggung jawab.

Contoh Legalitas Dalam Bisnis Usaha

Kamu pasti tidak asing lagi dengan MCD, apa saja legalitas yang ada didalamnya? Pertama ada Merk legalitas oleh HAKI, apabila inovasi mesin ice cream berawal dari MCD maka bisa dijadikan legalitas paten, resep ciri khas dari ayam juga bisa loh jadi legalitas bisnis usaha rahasia dagangnya. Bahkan lagu jingle juga termasuk dalam legalitas bisnis.

Jenis Perjanjian Dalam Melakukan Legalitas Bisnis Usaha

Dalam perjanjian ada yang dilakukan secara lisan, tertulis, menggunakan notaris dan otentik notaris.

Jika usaha yang kamu lakukan termasuk besar dan bahaya, apabila salah dalam pengambilan langkah, saran yang bagus untuk itu adalah perjanjian secara otentik notaris karena sudah pasti dan tidak bisa dibantah dalam proses legalitas bisnis usaha.

Tiga jenis perjanjian bisnis usaha dengan pihak lain

(1) Dengan sesama founder biasa disebut dengan founder agreement
(2) Dengan karyawan sebagai perjanjian kerja yang sudah disepakati sesuai dengan kontrak. (3) Perjanjian mitra bisnis yang menyangkut jual beli. Sewa maupun hutang piutang.

Kadang banyak orang yang menyalah artikan antara MOU dan perjanjian. MOU sendiri sebenarnya awal dari sebuah perjanjian atau kesepakatan yang tidak mengikat para pihak, tidak ada detail komersial dan juga tidak wajib.

Dan perjanjian sifatnya sangat tegas, wajib, harus ada kejelasan dalam kesepakatan dua pihak atau lebih ditulis secara resmi dalam pengesahannya.

Keuntungan Melegalkan Bisnis

Ada beberapa pengusaha seperti startup yang masih menjalankan bisnis tanpa legalitas. Dalam perkembangan awal mungkin tidak begitu berpengaruh namun, akan fatal akibatnya nanti ketika sudah menjadi bisnis yang mulai di kenal oleh banyak orang.

Beberapa hal yang mungkin terjadi kedepannya yaitu adanya penjualan saham yang pastinya membutuhkan kejelasan legalitas bisnis usaha. Dengan legalitas akan membantu perkembangan bisnis menjadi lebih cepat.

Dengan legalitas menunjukkan kepatuhan dalam hukum. Mungkin memang terlalu besar biaya yang akan dikeluarkan dalam mengurusnya tapi pencegahan yang baik selalu dilakukan diawal untuk antisipasi dan juga pertahanan.

Kerugian Ketika Bisnis Tanpa Legalitas

  1. Merk produk dapat digunakan pihak lain tanpa izin, betapa ruginya jika bisnis yang kamu jalankan sejak awal merintis dengan susah payah dan sangat tidak diinginkannya ada pihak yang meniru merk produk kamu.
    Apabila sejak awal kamu sudah mengantisipasi dengan melegalkan merk kamu sendiri maka bisa dibantu oleh hukum dengan denda yang sudah ada dalam ketentuan perjanjian legalitas bisnis usaha.
  2. Susah dalam memperluas jaringan bisnis, keutamaan dalam bisnis adalah mampu bersaing dengan pihak lain, tapi apakah mungkin akan ada persaingan bisnis jika produk kamu saja banyak yang tidak mengetahuinya?
    Memperkenalkan suatu brand yang sudah legal memudahkan dalam promosi dan dari promosi bisa memperkuat jaringan bisnis kamu.
    Misalnya produk kecantikan yang kamu promosikan kepada selebgram akan menimbulkan banyak pertanyaan bahkan orderan, jika sudah terdaftar secara sah kamu tidak perlu takut untuk menjawab segala jenis pertanyaan calon konsumenmu.
  3. Kurangnya profesionalitas dalam bisnis, sebuah bisnis pasti tidak jauh dari kata kerjasama entah dalam bentuk perorangan maupun kelompok.
    Sebelum melakukan kerjasama semua orang selalu menginginkan mitra yang jelas tanpa kecurigaan apapun tujuannya agar mengurangi resiko kerugian yang lebih besar nantinya.
    Jika bisnis yang kamu jalankan masih belum memenuhi syarat yang dicantumkan maka calon mitra akan berpikir bahwa kamu tidak serius dalam menjalankan bisnis, apalagi jika bekerjasama? bukankah akan menimbulkan banyak masalah dan kerugian nantinya?.

Melakukan Legalitas Bisnis Usaha Sejak Dini Demi Masa Depan Bisnis Yang Baik

Memulai sebuah bisnis sama halnya dengan membuka lowongan pekerjaan, menjalankan kegiatan jual beli barang atau jasa, bertemu dengan orang baru dan memahami kondisi perkembangan sektor bisnis yang kamu dalami.

Dengan bisnis sama halnya kamu membantu orang lain untuk mendapatkan pekerjaan dan kriteria sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Perlunya gaji, upah bahkan bonus untuk mempertahankan karyawan sebagai hak dan kewajibannya.

Produk atau jasa selalu saja berubah setiap bulan dan tahunnya, ide kreatif sangat dibutuhkan dalam perkembangan bisnis, mental yang kuat dan sehat juga perlu ikut didalamnya.

Kamu tidak bisa menangani semuanya dalam satu waktu, prosesnya pun tidak akan mudah untuk dijalani. Legalitas bisnis usaha sejak dini diibaratkan sebuah investasi jangka panjang.

Apabila suatu saat kamu dan para karyawan sedang pada masa jaya dalam berbisnis tiba-tiba ada isu yang kurang enak didengar yang mungkin dilakukan oleh oknum pesaingmu.

Apa yang akan kamu lakukan? Memberi balasan yang sama? Dalam bentuk apa? Jika saat itu bisnismu sudah legal proses yang kamu tempuh untuk menyelesaikan masalah akan lebih mudah karena adanya bukti nyata keamanan dalam hukum.

Namun, jika belum legalitas? Apakah itu akan mudah untuk mengembalikan brand image bisnis kamu? Tentunya kamu bisa mencernanya dengan bijak.

Lakukan prinsip ini agar kamu lebih mantap untuk melakukan legalitas bisnis usaha kamu. Yaitu dengan menjadikan bisnismu sebagai bisnis yang jelas dan profesional dalam segala aspek.

Mulai dari perekrutan karyawan, tempat usaha, produk yang dihasilkan dari bisnis, ketentuan SDM yang kamu butuhkan harus sesuai dengan SOP dan ketentuan target dari bisnis kamu.

Jangan tergiur dengan awal yang mudah namun tidak memikirkan dampak yang besar kedepannya. Sehingga kamu seharusnya sudah memahami kenapa bisnismu harus memiliki legalitas usaha.

Kamu bisa memikirkan dengan matang terlebih dahulu jika modal usaha yang kamu miliki sudah bisa digunakan seperti bisnis impianmu atau paling tidak modal itu cukup untuk membiayai legalitas bisnis usaha kamu.

Seandainya kamu memiliki kendala pendanaan untuk mengurus legalitas bisnismu, KoinWorks siap membantu.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Miko
Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih